Sport
Share this on:

Tunggal Puteri Tinggal Jaga Puncak Kondisi

  • Tunggal Puteri Tinggal Jaga Puncak Kondisi
  • Tunggal Puteri Tinggal Jaga Puncak Kondisi

Kekuatan tunggal putri Indonesia terus mendapat sorotan menjelang keberangkatannya ke Piala Sudirman 2017.

JAKARTA - Kekuatan tunggal putri Indonesia terus mendapat sorotan menjelang keberangkatannya ke Piala Sudirman 2017. Dianggap sebagai titik lemah, mereka justru memancang optimisme tinggi.

Berbagai hasil try out dan latihan keras selama ini menjadi modal bagus mereka untuk berkiprah di ajang tersebut. Bersama seluruh anggota skuad Indonesia, rencananya, mereka bakal berangkat ke Gold Coast, Australia pada hari ini.

Pelatih tunggal putri Indonesia Minarti Timur mengungkapkan, sisa waktu seminggu menuju laga perdana di Piala Sudirman akan digunakan untuk maintenance fisik dan sedikit latihan teknik. Sebab, dia merasa anak asuhnya sudah melakukan latihan secara maksimal.

“Semua sudah kami lakukan, hasil-hasil latihan juga sudah kami evaluasi. Ke depan, kami hanya tinggal jaga peak performance anak-anak saja,” ujarnya.

Namun, dia belum dapat memastikan susunan pemain yang bakal melakoni laga terlebih dulu. Fitriani, yang memiliki peringkat ke-23 BWF, belum tentu diturunkan mengsi slot tunggal putri pada laga perdana melawan India, 22 mei mendatang.

“Untuk itu, tidak bisa dipastikan sekarang. Kami harus melihat dulu pemain yang paling siap untuk bertanding di sana. Menurut ranking, Fitriani memang lebih tinggi. Tapi belum tentu ia dimainkan pertama,” ungkapnya.

Jika Fitriani tidak diturunkan pertama, Minarti telah mengantisipasinya dengan akan memasang Dinar Dyah Ayustine. Menurut Minarti, Dinar memiliki permainan yang satu tipe dengan Fitriani.

“Level permainan mereka setara lah. Tinggal bagaimana nanti kondisi akhir di Australia saja,” ujarnya.

Gregoria Mariska Tunjung pun juga dipersiapkan untuk menambah kekuatan sektor tunggal. Kegagalannya dalam ajang Victor Surabaya International Series 2017 lalu pun juga menjadi bahan evaluasi bagi Minarti.

Kelincahan dan akurasi Grego pun juga sudah diperbaiki. Kini, sektor tunggal putri hanya berharap agar tidak ada pemain yang cedera menjelang Sudirman Cup 2017. Sebab, kans mereka terhitung sulit karena akan menghadapi India dan Denmark di grup 1D.

“Saya harus eman-eman kondisi anak-anak. Jangan sampai mepet pertandingan malah cedera. Rasanya akan sia-sia,” pungkasnya.

Sementara itu, India mengonfirmasi tak akan diperkuat salah satu tunggal putri terbaiknya Saina Nehwal. Mantan ranking satu BWF itu menarik diri dari skuad negaranya dengan alasan pribadi. Berdasar laporan Times of India, Saina terpaksa memilih untuk menemani ayahnya yang menjalani operasi kelenjar prostat di negerinya.

Saina menjadi tunggal putri kedua yang didaftarkan India. India masih memiliki Pusarla Venkata Sindhu sebagai tunggal terbaiknya di sektor putri. Pelapis ketiga adalah Rituparna Das.

Situasi itu dinilai tak memengaruhi Indonesia. Makanya, Minarti pun tak ambil pusing. "Sindhu masih jadi pilihan pertama mereka. Jadi, saya rasa ketidakhadiran Saina tidak berpengaruh buat Indonesia," kata Minarti.

Menurut Minarti dengan peringkat yang dimiliki Sindhu India pun akan bertumpu kepadanya. "Sindhu itu di pertandingan terakhir dia bagus dan rankingnya pun paling tinggi dibandingkan Saina yang mengalami penurunan peringkat beberapa waktu terakhir," ungkapnya. (tif/ady/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Sip... Ezra Walian Bisa Tampil
Sip... Ezra Walian Bisa Tampil

Berita Sejenis

Tunggal Putri Tersisa Satu

Tunggal Putri Tersisa Satu

Persaingan di babak perempat final Victor Surabaya International Series 2017 di GOR Sudirman berlangsung secara sengit kemarin (12/5).


Lawan Denmark, Ganda dan Tunggal Putra Optimis

Lawan Denmark, Ganda dan Tunggal Putra Optimis

Tim Indonesia jelas berharap banyak pada duet Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya pada Piala Sudirman 2017.


Tiga Wakilnya Kalah, Tunggal Putri Kritis

Tiga Wakilnya Kalah, Tunggal Putri Kritis

Babak pertama Badminton Asia Championship (BAC) 2017 berlangsung, kemarin.


Marquez Kian Cepat, Rossi Jaga Momentum

Marquez Kian Cepat, Rossi Jaga Momentum

Di Texas, Marquez kembali menunjukkan kualitasnya sebagai juara.


Belum Kantongi Kitas, Essien dan Cole Terancam Deportasi

Belum Kantongi Kitas, Essien dan Cole Terancam Deportasi

Belum dikantonginya Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas), menyebabkan sejumlah pemain-pemain mahal terancam dipulangkan atau dideportasi.


Ganda Campuran Terpuruk, Richard Maksimalkan Pelapis

Ganda Campuran Terpuruk, Richard Maksimalkan Pelapis

Ganda campuran saat ini dalam kondisi terpuruk. Tahun lalu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memang bisa mendulang emas di Olimpiade Rio 2016.


Petenis Nomor Sati Dua Absen, Miami Open Kurang Greget

Petenis Nomor Sati Dua Absen, Miami Open Kurang Greget

Hambar. Persaingan sektor tunggal putra ATP Masters 1000 Miami Open yang mulai berlangsung kemarin terasa hambar.


Kualitas Tunggal Putra Kembali Diuji di Thailand

Kualitas Tunggal Putra Kembali Diuji di Thailand

Kegagalan Jonatan Christie di Malaysia Masters Grand Prix Gold 2017 dua pekan lalu menyisakan catatan besar buat dia.


Lima Lolos ke Semifinal, Tunggal Putri tanpa Wakil Lagi

Lima Lolos ke Semifinal, Tunggal Putri tanpa Wakil Lagi

Tugas baru para pelatih tunggal putri pelatnas Cipayung dalam sebulan awal di 2017 belum menunjukkan perkembangan besar.


Mantap! Tunggal Putra Mulus di Malaysia Masters

Mantap! Tunggal Putra Mulus di Malaysia Masters

Hari pertama turnamen bulu tangkis Malaysia Masters Grand Prix masih berpihak buat para tunggal putra pelatnas.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!