Sport
Share this on:

Wusssss... Marquez Makin Cepat

  • Wusssss... Marquez Makin Cepat
  • Wusssss... Marquez Makin Cepat

PHILLIP ISLAND - Uji coba pra musim kedua MotoGP 2017 bergulir mulai kemarin (15/2) di Phillip Island, Australia. Pada hari pertama, juara bertahan Marc Marquez tak hanya menjadi yang tercepat tapi juga paling konsisten secara race pace.

Pda uji coba pra musim pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia, legenda hidup MotoGP Valentino Rossi mengatakan jika Marquez kemungkinan masih menutupi performa terbaiknya. Untuk mengetahui potensi sebenarnya, kata dia, fan MotoGP harus menunggu hingga uji coba dilakukan di sirkuit yang berbeda, yakni di Australia saat ini.

Komentar Rossi itu memang beralasan. Karena Sirkuit Sepang dan Phillip Island punya karakter berbeda. Jika ada rider yang konsisten di dua sirkuit tersebut, hampir bisa disimpulkan performanya di atas motor akan tangguh. Dan Rossi mengakuinya kemarin.

''Secara pace dia (Marquez) selalu konstan dan mereka (Honda) bekerja sangat keras untuk race pace menggunakan ban bekas. Jadi aku rasa dialah kandidat juara yang harus dikalahkan (musim ini),'' ujar Rossi.

Pembalap Italia itu menyebut bahwa rekan setim barunya Maverick Vinales terlihat sangat kuat di uji coba Valencia, November tahun lalu dan juga di Sepang. Tapi jika dilihat catatan waktu lebih detail, Marquez lebih cepat di Valencia, Malaysia, dan juga di Australia.

''Aku rasa dia (Marquez) adalah referensinya,'' tandasnya.

Rossi juga mengamini pertanyaan media tentang komentar Marquez di Sepang yang terkesan melemahkan performanya. Misalnya dengan berkomentar belum puas dengan motornya atau bermasalah dengan elektronik.

''Ya, seorang rider selalu mengatakan masih kurang atau berkomentar negatif karena dia ingin membuat kejutan di Qatar (seri pertama). Tapi serius, aku sudah tahu dialah yang tercepat,'' ulas Rossi sebagaimana dilansir Motorsport.

Dalam cuaca yang cerah di wilayah Victoria, Marquez seperti tampil tanpa masalah seperti beberapa kali diungkapkannya di Malaysia. Dia mencatat waktu tercepat 1 menit 29,497 detik. Lebih cepat 0,003 detik dari fastest lap sirkuit Phillip Island. Marquez tampak memegang kontrol penuh atas RC213V tunggangannya.

Bukan hanya membukukan waktu lap tercepat, tapi juga konsisten di long run. Marquez menggunakan mesin dengan konfigurasi baru yang dipilihnya setelah uji coba Sepang. Pada hari pertama kemarin, juara MotoGP tiga kali itu menghabiskan waktunya mengitari sirkuit Phillip Island 68 kali dan mencatat waktu terbaiknya pada lap ke 53.

Yang mengesankan adalah ketika Marquez mampu mencatatkan waktu lap yang konsisten di angka 1 menit 30 detik-an sekitar 20 lap beruntun. Catatan inilah yang tak bisa dikalahkan oleh rider manapun di Australia kemarin. Data itu pula yang membuat Rossi menyebut bahwa Marquez adalah kandidat kuat juara dunia musim ini.

''Aku memang cepat, tapi seperti di Malaysia, kami ingin mengetahui bagaimana itu bisa terjadi. Kami juga bekerja pada set-up mesin dan secara umum hari ini (kemarin) adalah positif,'' ucap Marquez dikutip situs resmi MotoGP.

Marquez mengaku waktunya di sesi pagi harus banyak dihabiskan di dalam garasi karena timnya harus bekerja menyesuaikan sistem elektronik standar MotoGP dengan mesin barunya.

Marquez baru keluar setelah makan siang dan mencatat waktu terbaiknya sekitar pukul dua siang. Dia mencatat selisih waktu hingga setengah detik lebih cepat dari seluruh rider di yang turun uji coba. Sebelum di akhir sesi sore selisih itu dikepras oleh Rossi hingga 0,186 detik.

Lalu bagaimana Jorge Lorenzo dengan Ducati-nya? Dia berada di posisi 11 daftar rider tercepat. Jaraknya dengan rekan setimnya Andrea Dovizioso, yang berada di urutan delapan, adalah 0,1 detik. Hasil tersebut tidak mengejutkan lantaran Ducati selalu kesulitan, ketika datang ke Phillip Island.

Masalahnya adalah angin kencang selalu berhembus di sirkuit yang berada di pinggir pantai ini. Angin kencang itu membuat motor-motor MotoGP sulit berbelok di tikungan atau ketika motor harus diajak berubah-ubah arah.

Lorenzo mengklaim bahwa di sesi pagi, dia memulai uji coba jauh lebih baik dibandingkan dengan hari pertama tes Sepang, Malaysia. Namun ketika tim-tim lain mengalami kemajuan, timnya justru cenderung stagnan. (cak/nur/jpg)

Berita Sebelumnya

Ayo Indonesia, Amankan Juara Grup Dulu
Ayo Indonesia, Amankan Juara Grup Dulu

Berita Berikutnya

Tim MotoGP Kompak Pakai Sayap Internal
Tim MotoGP Kompak Pakai Sayap Internal

Berita Sejenis

The Next Marquez Ke Suzuki

The Next Marquez Ke Suzuki

Sejak kembali ke MotoGP 2015 lalu, Suzuki belum pernah salah memilih talenta muda untuk dipupuk menjadi seorang bintang besar.


Sukses di Jerman, Tim Soft Tenis Indonesia Makin Pede

Sukses di Jerman, Tim Soft Tenis Indonesia Makin Pede

Tim soft tenis Indonesia punya track record medali di Asian Games terdahulu, Incheon 2014.


Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Makin Cepat, tapi Belum Saatnya Berpikir Juara

Finis di podium ketiga di GP Italia, Minggu (3/6) mendongkrak posisi bintang Movistar Yamaha Valentino Rossi ke posisi kedua klasemen sementara.


Makin Siap Tatap Prancis Terbuka

Makin Siap Tatap Prancis Terbuka

Rafael Nadal kembali mengambil alih ranking satu dunia pekan ini.


Yamaha Harus Bergerak Cepat

Yamaha Harus Bergerak Cepat

GP Spanyol semakin menelanjangi kelemahan Yamaha di MotoGP 2018.


Marquez Tak Terkejar, Kecelakaan Besar Rugikan Ducati

Marquez Tak Terkejar, Kecelakaan Besar Rugikan Ducati

Strategi ’’melarikan diri’’ yang dipraktikkan juara bertahan MotoGP Marc Marquez sejak MotoGP Amerika Serikat tetap jitu dipakai di Sirkuit Jerez.


Menanti Duel Vinales-Marquez

Menanti Duel Vinales-Marquez

Tiga seri pembuka MotoGP terlewati dan tiga pembalap berbeda keluar sebagai pemenang.


Alvin Janji Lebih Garang di Seri-3

Alvin Janji Lebih Garang di Seri-3

Pembalap andalan tim Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar makin bergairah paska meraih posisi kedua di kelas Kejurnas Indonesia Touring Car (1600 Max.


Honda Cari Pengganti Pedrosa

Honda Cari Pengganti Pedrosa

Honda sedang serius mencari calon rekan satu tim Marc Marquez untuk musim depan.


Rossi Ogah Bertemu Marquez

Rossi Ogah Bertemu Marquez

Pembahasan soal Termas Clash sama sekali tak reda meski nyaris dua pekan berlalu.



Populer

fikri lebaran

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!