Traveling
Share this on:

Begini Meriahnya Festival Kali Comal

  • Begini Meriahnya Festival Kali Comal
  • Begini Meriahnya Festival Kali Comal

Festival Kali Comal di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Sabtu malam (17/12) semarak.

ULUJAMI - Festival Kali Comal di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Sabtu malam (17/12) semarak. Hal itu terlihat pada puncak acara parade perahu hias. Kegiatan itu mampu menyedot ribuan warga untuk mengunjungi.

Meski baru pertama kali, Pageleran Festival Kali Comal di Kabupaten Pemalang benar-benar spektakuler. Bagaimana tidak, ide gila ini sangat menakjubkan karena ada parade perahu hias dengan kerlap-kerlip ornamen hiasan dan lampu mewarnai acara tersebut.

Sekda Pemalang Budi Raharjo mengatakan, acara festival ini hasil kreasi masyarkat, karena Pemkab Pemalang hanya memfasilitasi dan munculnya kreativitas ini dari para pemuda yang ada di wilayah Kali Comal. Dengan demikian, dalam acara tersebut, pemkab tidak terlalu dominan.

”Dari hasil evaluasi, kegiatan yang sudah dilaksanakan di empat kecamatan dan puncaknya pada malam hari ini, tingkat partisipasi masyarakat luar biasa. Sehingga sangat membanggakan acara itu dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

Menurut dia, dalam acara tersebut, pemkab hanya memberikan dana stimulan sebesar Rp80 juta. Meski demikian, hasilnya cukup mengembirakan dan sangat menbanggakan. Sebab, jika dihitung dengan kegiatan, ada di empat kecamatan dan kemungkinan dananya bisa mencapai Rp1 miliar lebih.

”Ini yang sangat membanggakan bagi kami. Harapannya di tahun depan, sedikit dukungaan pemkab dikurangi dan nantinya bisa dilepas,” ujarnya.

Sekda pun merasa gembira. Sebab, warga bisa mengeluarkan gagasannya sendiri dan melakukan kreativitas serta inovasi sendiri dengan Susur Kali Comal.

”Yang namanya wisata tidak hanya menjual potensi alam, tapi tentang keseniannya, makanannya, keramahannya dan respon masyarakatnya. Sehingga kita melaksanakan edukasi langsung secara praktik,” imbuhnya.(apt/zul)


Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!