Traveling
Share this on:

Disesaki Wisatawan, Hutan Mangrove Padansari Dipenuhi Sampah

  • Disesaki Wisatawan, Hutan Mangrove Padansari Dipenuhi Sampah
  • Disesaki Wisatawan, Hutan Mangrove Padansari Dipenuhi Sampah

MEMBERSIHKAN- Warga Pandansari Brebes turut memunguti sampah di kawasan wisata Hutan Mangrove. (eko fidiyanto/radar brebes)

BREBES - Tumpukan sampah yang berserakan banyak ditemui di kawasan obyek wisata. Salah satunya di wisata Hutan Mangrove Pandansari, Brebes yang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten ini, Minggu (2/7).

Pengelola wisata sebelumnya sudah mengantisipasi dan selalu mengingatkan kepada wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Namun banyak wisatawan yang tak menggubrisnya. Mereka masih tetap membuang botol bekas minuman serta sampah lainnya.

Kondisi ini terjadi saat membludaknya wisatawan yang hingga Minggu (2/7) kemarin, sudah tembus 25.000 wisatawan yang berkunjung ke wisata pesisir ini. Pengelola Wisata Mangrove Pandansari, Mashadi (47) mengatakan pengelola wisata pun sudah melakukan tindakan preventif.

Selain menyediakan tempat sampah di setiap pojokan kawasan wisata, juga melakukan pengumuman, dan sekaligus sosialisasi lewat pengeras suara.

Bahkan sudah menugaskan personel kebersihan guna memungut sampah di obyek wisata. Namun karena terbatasnya petugas, pengelola wisata pun kewalahan.

"Banyak pengunjung yang membuang sampah bekas botol minuman dan makanan sembarangan. Padahal pihak pengelola sudah menyediakan banyak tong sampah di setiap sudut kawasan," ungkapnya.

Pengelola sudah mewanti-wanti lewat imbauan atau terjun langsung menangani sampah. Namun membludaknya pengunjung dan keterbatasan personel membuat persoalan sampah tidak tertangani secara maksimal.

Untuk mengatasi hal tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk penanganan sampah. Melihat kekurangsadaran wisatawan ini Pengurus Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Kabupaten Brebes Masrukhi Harun menyayangkan sikap pengunjung.

Banyaknya botol bekas minuman yang mengapung di perairan sekitar hutan mangrove selain merusak keindahan juga membuat pantai kotor. "Kawasan Hutan Mangrove Pandansari adalah lahan konservasi yang seharusnya bebas sampah. Namun kami menemukan banyak sampah botol minuman dan makanan berserakan yang ditinggalkan pengunjung," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes Amin Budiraharjo mengatakan pihaknya sudah berupaya membina, mengarahkan dan mengkoordinasikan dengan para pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) untuk meneraprapkan Sapta Pesona jauh hari sebelum event lebaran.

"Kami sudah melakukan langkah-langkah dalam menyambut event lebaran, termasuk terkait masalah sampah, namun hasilnya dirasakan belum optimal, karena peran dari para wisatawan juga sangat besar pengaruhnya. Untuk itu hal ini jadi evaluasi bagi kami untuk event selanjutnya," ungkapnya.

Terkait dengan animo masyarakat mengunjungi obyek wisata mangrove ini, pihaknya mengapresiasi kepada pihak pengelola yang sudah menerapkan sistem buka tutup dan membatasi pengunjung untuk memberi kenyamanan dan keamanan wisatawan. Hal itu dilakukan juga untuk memberi keleluasaan pengunjung untuk menikmati wahana yang ada.

"Keputusan ini diambil untuk memberi kenyamanan dan keamanan wisatawan. Juga untuk mengurangi penumpukan pengunjung di kawasan dermaga dan tracking mangrove yang mengakibatkan penurunan pondasi dermaga dan tracking," pungkasnya. (fid/har/zul)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Ingin Selfie dengan Spot Eksotis Laut Jawa, ke Jembatan Asmara Saja

Ingin Selfie dengan Spot Eksotis Laut Jawa, ke Jembatan Asmara Saja

Jembatan Asmara yang baru selesai dibangun beberapa waktu lalu di kawasan Ekowisata Hutan Mangrove Pandansari Brebes.


Begini Pesona Eksotisme Hutan Mangrove Brebes

Begini Pesona Eksotisme Hutan Mangrove Brebes

Pesona wisata di Kabupaten Brebes semakin hari semakin memanjakan wisatawan yang senang dengan petualangan atau rekreasi.


Nikmatnya Menginap di Hutan Pinus, tapi Pelayanan Seperti Hotel

Nikmatnya Menginap di Hutan Pinus, tapi Pelayanan Seperti Hotel

Bagi kalangan menengah ke atas, menginap di hotel berbintang mungkin sudah hal biasa.


Ekowisata Mangrove, Berwisata sambil Peduli Lingkungan

Ekowisata Mangrove, Berwisata sambil Peduli Lingkungan

Warga Kota Kupang benar-benar memanfaatkan waktu liburan, berkenaan dengan perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah.


Mau Selfie Romantis? Ke Tamcir Aja

Mau Selfie Romantis? Ke Tamcir Aja

Mencari tempat romantis dan dipenuhi bunga aneka warna, tak perlu jauh-jauh. Cukup datang ke Taman Kota dan Taman Cirendang dijamin betah berlama-lama.


Susuri Hutan Cari Destinasi Baru

Susuri Hutan Cari Destinasi Baru

Masyarakat sadar wisata di Kab. Pekalongan terus berupaya mengembangkan potensi-potensi wisata di daerahnya. Beberapa objek wisata baru seperti Curug Bidadari.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!