Traveling
Share this on:

Jaring Wisatawan, Garuda Kembali Jajaki Pasar AS

  • Jaring Wisatawan, Garuda Kembali Jajaki Pasar AS
  • Jaring Wisatawan, Garuda Kembali Jajaki Pasar AS

Maskapai plat merah, Garuda Indonesia mempertibangkan untuk membuka kembali penerbangan ke Amerika Serikat pada 2017 nanti.

JAKARTA - Maskapai plat merah, Garuda Indonesia mempertibangkan untuk membuka kembali penerbangan ke Amerika Serikat pada 2017 nanti. Itu jika Indonesia dinyatakan lolos standar keselamatan dan keamanan penerbangan dari otoritas penerbangan Amerika Serikat (Federal Aviation Administration/FAA) Kategori 1.

”Tahun depan kita akan coba karena ini sudah masuk rencana lima tahunan, kalau bisa lebih cepat,” tutur Direktur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo di Jakarta kemarin.

Dia menyebutkan, potensi pasar penerbangan dari AS ke Indonesia mencapai 400 ribu penumpang per tahun. Kota tujuan yang sangat berpotensi, yakni Los Angeles dan New York. Long Angeles sendiri potensinya sebanyak 120 ribu penumpang dan New York, kata Arif, potensinya jauh lebih besar.

Nah, nantinya penerbangan tersebut akan transit di Narita, Jepang, dengan mengoperasikan dua pesawat berbadan lebar (wide body) Boeing 777. ”Kita maunya direct (langsung), tapi belum memungkinkan, jadi opsinya melewati Narita, Jepang,” terang dia.

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub Mohammad Alwi menyatakan, pihaknya telah melengkapi tujuh dokumen terkahir terkait inspektur penerbangan untuk dilaporkan kepada auditor FAA secara off site (online). ”Semua telah accepted (diterima), Insya Allah Juli ini kita mendapatkan kabar baik hadiah Ramadan dan Lebaran,” ujarnya.

Sementara itu, Garuda Indonesia juga telah meresmikan pengoperasian kembali layanan penerbangan Medan-Singapura. Layanan penerbangan ini sebagai upaya memperluas jaringan penerbangan rute internasional, sekaligus mendorong pertumbuhan pariwisata lokal serta memenuhi kebutuhan para pengguna jasa bisnis, khususnya di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya.

”Melalui penerbangan Medan-Singapura ini, kami berupaya untuk semakin meningkatkan posisi Garuda Indonesia bagi pasar Singapura, terlebih mengingat arti penting dari hubungan kedua negara yang telah terjalin cukup lama. Di samping itu, dengan berbagai potensi yang dimiliki kota Medan khususnya potensi pariwisata, rute strategis ini diharapkan juga akan terus mendorong peningkatan pariwisata daerah,” ucap Arif.

Pembukaan rute tersebut juga terkait dengan berlakunya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada tahun ini, pembukaan kembali rute ini (sebelumnya terakhir dilayani Garuda pada 2002)–dan rute-rute internasional strategis lainnya dapat menunjang potensi pariwisata Indonesia dalam menghadapi gelombang kompetisi, di mana didukung oleh potensi pariwisata Indonesia yang memiliki daya tarik besar bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Penerbangan Medan-Singapura dilayani setiap hari dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800 NG yang berkapasitas 162 penumpang, yakni 150 kelas ekonomi dan 12 kelas eksekutif/bisnis.

Penerbangan Medan-Singapura pp diharapkan dapat menjadi solusi terhadap para pengguna jasa yang berasal dari kota-kota di Sumatera, seperti Palembang, Padang, Banda Aceh, dan Lampung yang ingin melakukan penerbangan ke Singapura tanpa harus transit di kota lain seperti Jakarta dan Surabaya, sehingga lebih menghemat waktu dan biaya. (lum/zul/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Wisatawan Melonjak, Bintang Lima Prospektif

Wisatawan Melonjak, Bintang Lima Prospektif

Potensi pasar hotel bintang lima di Surabaya Barat masih terbuka. Buktinya, Tanly Hospitality mengembangkan Vasa Hotel Surabaya di Jalan HR Muhammad.


Paket Wisata Bahari Mulai Dikenalkan

Paket Wisata Bahari Mulai Dikenalkan

PT Pelni (Persero) kembali meluncurkan Paket Wisata Bahari.


Indahnya Keberagaman di Atas Hamparan Nasi Liwet

Indahnya Keberagaman di Atas Hamparan Nasi Liwet

Vihara Dhanagun kembali menunjukkan fakta bahwa keberagaman bisa bersanding dengan indah di Kota Hujan.


Yes, Langit Eropa Kembali Terbuka

Yes, Langit Eropa Kembali Terbuka

Langit Eropa kembali terbuka untuk maskapai Indonesia. European Commission menghapus Lion Air Group, Batik Air, dan Citilink dari daftar hitam (EU Banned).


Yuk ke Pasar Malem Tjap Toendjoengan 2016

Yuk ke Pasar Malem Tjap Toendjoengan 2016

Ribuan kembang api mewarnai langit East Coast Center setelah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membuka Pasar Malem Tjap Toendjoengan 2016 kemarin (3/5).


Pacu Pariwisata Butuh Pembangunan Infrastruktur

Pacu Pariwisata Butuh Pembangunan Infrastruktur

Menteri BUMN Rini Soemarno menunjuk PT Pertamina melalui anak usahanya, PT Patra Jasa, dan PT Garuda Indonesia sebagai leader program BUMN mengabdi untuk negeri


Ratusan Warga Serbu Tiket Garuda Murah

Ratusan Warga Serbu Tiket Garuda Murah

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Jumat (29/4) kemarin melakukan launching program Garuda Indonesia Travel Fair 2016.


Maskapai Bidik 150 Ribu Pengunjung

Maskapai Bidik 150 Ribu Pengunjung

PT Garuda Indonesia kembali menggelar Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2016 pada 29 April hingga 1 Mei di Hall A & B Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan.


Singapura Jaring Turis Indonesia

Singapura Jaring Turis Indonesia

Singapore Tourism Board (STB) mencatat, pada Januari–Maret 2016 jumlah kunjungan wisatawan dari Indonesia meningkat 11 persen ketimbang tahun lalu.


Sugeng Enjing, Ini Semarang Meneer

Sugeng Enjing, Ini Semarang Meneer

Pelabuhan Terminal Penumpang Tanjung Mas, Semarang, kembali kedatangan tamu wisatawan mancanegara (wisman).



Kolom

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!