Traveling
Share this on:

Miangas, Pulau Terutara Indonesia yang Eksotis nan Menawan

  • Miangas, Pulau Terutara Indonesia yang Eksotis nan Menawan
  • Miangas, Pulau Terutara Indonesia yang Eksotis nan Menawan

Sungguh asyiknya berwisata di pulau terluar Indonesia. Seperti di Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud.

TALAUD - Sungguh asyiknya berwisata di pulau terluar Indonesia. Seperti di Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud. Pantainya jernih, air lautnya bening dan dihiasi pemandangan ikan beraneka ragam. Tak lupa, masyarakat yang tetap mengawetkan kebudayaan Pulau Miangas dari masa ke masa.

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, nama Miangas mungkin masih terdengar asing. Sebab, tempatnya jauh dari Pulau Sulawesi. Letaknya berada di Ujung Utara Provinsi Sulawesi Utara dan terpisah jauh dari Ibukota Kabupaten Talaud, Melonguane.

Tantangan tersebut menjadikan tempat ini sangat menantang untuk didatangi. Apalagi, wilayah ini lebih dekat dengan Negara Tetangga, Filipina.

Tapi sekarang, untuk berwisata ke Pulau Miangas tak akan sulit lagi. Pasalnya, pulau tersebut telah memiliki bandar udara yang mulai beroperasi pada Januari 2017.

Selain memiliki pemandangan pantai yang indah, Pulau Miangas terkenal dengan makam keramatnya. Itu merupakan satu-satunya situs sisa perjuangan masyarakat Miangas, saat mempertahankan diri dari serangan suku Moro Filipina.

Jangan kaget bila berkunjung ke pulau kecil ini. Sebab para wisatawan akan disambut seluruh masyarakat Pulau Miangas.

Bila ada kapal maupun pesawat yang datang, masyarakat berbondong-bondong ke Pelabuhan dan Bandara. Bila ada tamu penting, akan disambut dengan tarian dan bahasa adat wilayah setempat.

Tak hanya itu, desiran ombak yang besar memungkinkan Pantai Miangas dijadikan tempat berselancar. Pun begitu, pulau ini masih asri, rimbun dengan hutan kelapa yang menjadi sumber mata pecaharian masyarakat. Tentunya setelah profesi melaut.

Untuk mengelilingi Pulau Miangas hanya dibutuhkan waktu dua jam saja. Disarankan menggunakan sepeda motor. Berada di Pulau Miangas serasa berada di surganya wisata bahari. Wisatawan dengan leluasa bisa bermain pasir putih di beberapa pantai.

Namun untuk berenang, wisatawan harus bertanya kepada warga sekitar terlebih dulu. Sebab, ada beberapa titik yang dilarang untuk melakukan aktivitas renang. Tak hanya menikmati keindahan pasir putihnya dengan view Pulau Mindanao Philipina, wisatawan juga bisa berjalan kaki mengelilingi pulau. Menyusuri indahnya barisan pasir putih, batu-batu karang, bahkan bukit-bukit karang dengan deburan ombak nan menawan.

"Tak perlu bayar untuk menikmati indahnya Pantai Miangas. Menginap saja kami kasih gratis. Makan pun dikasih gratis," ujar Camat Miangas Steven Maarisit, kemarin. (fikantri kaesang)


Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!