Kajian Islam
Share this on:

Berbahagialah Wahai Mukmin

Berbahagialah Wahai MukminBerbahagialah Wahai Mukmin

Apa yang engkau rasakan, jika kelak di Padang Mahsyar saat semua manusia dan jin menanti

Sahabatku,

Apa yang engkau rasakan, jika kelak di Padang Mahsyar saat semua manusia dan jin menanti ‘Pengadilan Tertinggi’, kemudian Allah ‘Sang Pencipta’ menyerukan janjiNya kepada kita sebagai berikut, “Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya..”

Sungguh, aku yakin siapapun kita akan merasakan hilangnya ketakutan, kecemasan, keletihan yang sangat, saat mendengar seruan Allah tersebut. Oleh karenanya, izinkan aku menyapa semua sahabat dengan kalimatNya,”Berbahagialah engkau Wahai Mukmin!”

Sahabatku,

Seruan Allah di atas semakin kuat saat kita mengulang-ulang janjiNya tentang mulianya kedudukan seorang mukmin, laki-laki dan perempuan.

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatan, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak mengingat Allah, Allah telah menyediakan bagi mereka ampunan dan pahala yang besar”

Sahabatku,

Setiap sesuatu pasti memiliki tanda. Lalu, bagaimana tanda mukmin yang pantas mendapat kabar gembira itu. Simaklah kelanjutan janjiNya di ayat lain, “Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam surga Adn. Itulah keberuntungan yang besar. Dan (ada lagi) karunia yang lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman” (QS As Shaff : 10 – 13)

Sifat-sifat yang Allah sebutkan di atas menjadi tanda agar kita layak mendapat firmanNya, “...Bergembiralah wahai Mukmin...”, yaitu pertama yakin dengan imannya kepada Allah SwT melalui ketaatan kepada setiap perintah dan laranganNya. Meyakini Allah satu-satunya Sang Pencipta, Pemberi rizqi, Pemelihara, dan Pengatur hidup kita. Meyakini bahwa Allah-lah satu-satunya tujuan dalam setiap aktivitas. Meyakini bahwa Allah satu-satunya yang berhak mengarahkan hidup kita, sehingga kita menjadi makhlukNya yang mampu merespon perintahNya dengan tepat dan cepat.

Sahabatku,

Tanda ke dua adalah yakin dengan mengimani RasulNya SaW dengan menjadikan Rasulullah sebagai teladan dalam keseharian. Perhatikan pesan Allah SWT kepada kita, “Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Ali Imran : 31). Kemudian diperkuat melalui firmanNya yang lain, “...Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah...” (QS Al Hasyr : 7). Tanda ke dua ini akan membina kita menjadi manusia yang komitmen mengamalkan amalan sunnah sebagaimana dicontohkan NabiNya.

Tanda yang ke tiga adalah berjihad dengan bersungguh-sungguh terlibat mengoptimalkan semua potensi dalam memuliakan dan meninggikan agamaNya. Menjadi mukmin yang layak mendapat kabar gembira dari Allah dengan surgaNya, harus memiliki kontribusi nyata dalam mengoptimalkan semua potensi yang Allah berikan kepada kita untuk kejayaan agamaNya.

Sahabatku,

Jika kita terus-menerus melakukan proses pembinaan terhadap diri dengan mengacu pada tiga indikator tersebut, maka tidak salah jika kita berhak mengharap agar Allah SwT menyeru kepada kita di Yawmul Mahsyar (Hari Pengumpulan), “Wahai Mukmin yang beramal shalih, bergembiralah dengan surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai...”



Kolom Sejenis

Berbahagialah Wahai Mukmin

Berbahagialah Wahai Mukmin

Apa yang engkau rasakan, jika kelak di Padang Mahsyar saat semua manusia dan jin menanti



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!