155 Balon Kades di Brebes Siap Bertarung di Pilakdes Serentak Gelombang III

BREBES - Tahun ini, sedikitnya ada 43 desa dari 292 desa di Kabupaten Brebes yang bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gelombang Tahap III.

Dari 43 tersebut, ada ratusan bakal calon (balon) kepala desa (kades) yang mendaftar di panitia pilkades di masing-masing desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes Subagyo mengatakan, hingga penutupan pendaftaran balon kades beberapa hari yang lalu, ada 155 pendaftar yang bakal memperebutkan 43 jabatan kades.

"Dari data terakhir yang diterima, balon kades yang mendaftar di masing-masing panitia pilkades totalnya mencapai 155 desa," ujarnya, Senin (21/3).

Dijelaskannya, dari 43 desa yang membuka pendaftaran ada enam desa yang jumlah pendaftarnya melebihi dari lima pendaftar.

Yakni, Desa Bantarwaru enam pendaftar, Linggapura, Kecamatan Tonjong enam pendaftar, Desa Janegara enam pendaftar, Desa Pamulihan, Kecamatan Larangan enam pendaftar, Desa Rengas Pendawa, Kecamatan Larangan enam pendaftar dan Desa Slatri Kecamatan Larangan enam pelamar.

"Karena jumlahnya melebihi batas pendaftaran yakni lima orang, jadi 38 pelamar di enam desa tersebut bakal ikut ujian tertulis," jelasnya.

Sementara itu, dari 43 desa di atas ada satu desa yang junlah pelamarnya hanya satu orang. Yakni, Desa Igirklanceng Kecamatan Sirampog.

"Khusus untuk Desa Igirklanceng jadwal pendaftarannya akan kita perpanjang. Jika dalam masa perpanjangan masih tetap tidak ada penambahan pelamar, maka pilkades akan kita tunda dan panitia pilkades akan kita bubarkan," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Terus Bertambah, Polisi yang Diamankan terkait Kasus Brigadir J di Tempat Khusus Jadi 19 Orang, Terperiksanya 63 Personel.
  • Diduga Menyimpang, Inspektorat Temukan Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes.

Berita Terkait

Berita Terbaru