3.019 Warga Brebes Masuk Risiko Tertular Covid-19, Didominasi Penderita TB

BREBES - Sebanyak 3.019 masyarakat di Kabupaten Brebes masuk dalam kategori Orang Dalam Risiko (ODR). Jumlah tersebut didominasi orang yang menderita tuberkulosis (TB).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Brebes dr. Sartono membenarkan, di Brebes sebanyak 3.019 warganya mengidap penyakit TB. Penyakit tersebut sangat rentan jika terkena virus corona (Covid-19).

"Perlu ada perhatian khusus agar penderita TB ini tidak terinfeksi virus corona," ujarnya, Selasa (30/6).

Karenanya, mulai hari ini pihaknya bekerjasama dengan TNI-Polri mendatangi satu persatu penderita TB. Dalam pendataan tersebut, pihaknya juga melakukan rapid test terhadap penderita TB.

"Hari ini sedikitnya ada 20 penderita TB yang kita lakukan rapid test. Dan hasilnya nonreaktif semua," ungkapnya.

Jika dalam rapid test itu hasilnya reaktif, lanjutnya, pihaknya akan menindaklanjuti ke penanganan yang lebih lanjut. Namun, jika hasilnya nonreaktif, pihaknya akan tetap memantau kesehatan para penderita TB tersebut.

"Selain melakukan rapid test, nantinya kita juga akan memberikan vitamin C untuk daya tahan tubuh mereka," ucapnya.

Karenanya, dirinya berharap ada sinergitas antara masyarakat dengan penderita TB. Dengan mengedepankan protokol kesehatan, diharapkan penderita TB mendapatkan perhatian.

"Selain mendatangi pasien TB yang masuk ODR, kita juga memantau warga yang memiliki risiko lainnya. Seperti penyakit diabetes miletus (DM), jantung, stroke dan lainnya. Ini agar orang yang masuk ODR bisa mendapatkan perhatian, sehingga tidak terinfeksi virus corona," pungkasnya.(ded/ima)

Baca Juga:

  • Usulan RUU HIP Diganti PIP, Munarman FPI: Enggak Usah Pura-pura (Bersikap) Pancasila.
  • Dua Hari Diperiksa, Pacar Editor Metro TV Ditanyai Polisi soal Hubungannya dengan Korban.

Berita Terkait

Berita Terbaru