60 Ribu Buruh Akan Ikuti May Day Fiesta Hari Ini, 5.260 Personel Gabungan Disiagakan di Sekitar GBK

JAKARTA - Aksi buruh yang dilabeli May Day Fiesta, Sabtu (14/5) hari ini, akan diikuti massa dalam jumlah yang besar. Polri pun mengerahkan 5.260 personel gabungan untuk mengamankannya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan pasukan gabungan tersebut terdiri atas anggota Polri-TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. May Day Fiesta sendiri akan digelar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

"Untuk kegiatan pengamanan sendiri Polda Metro Jaya akan menurunkan kekuatan 5.260 personel pengamanan termasuk juga ada bantuan dari instansi terkait termasuk dari TNI juga," katanya, Jumat (13/5).

Zulpan mengatakan pihak kepolisian telah menerima surat pemberitahuan terkait digelarnya aksi tersebut dan menurut surat tersebut kegiatan May Day Fiesta diperkirakan akan melibatkan sekitar 60.000 orang.

Para peserta aksi adalah massa dari elemen buruh yang datang dari berbagai wilayah di Jabodetabek hingga Jawa Barat dan diperkirakan akan datang menggunakan 20.000 bus.

Kegiatan tersebut diperkirakan akan berlanjut, Sabtu (14/5), sekitar pukul 09.00-15.00 WIB, sehingga masyarakat yang akan beraktivitas di sekitar lokasi aksi diharap bisa memaklumi jika terjadi kepadatan arus lalu lintas.

"Sekiranya bisa menghindari kawasan GBK karena dikhawatirkan nanti karena banyaknya kegiatan di situ, kemudian banyaknya kendaraan yang disiapkan oleh peserta, nanti masyarakat kita harapkan untuk menghindari," ujarnya.

Pihak kepolisian memastikan tidak menutup kawasan tersebut untuk umum, meski telah mengeluarkan imbauan untuk menghindari kawasan GBK pada Sabtu.

Kawasan lainnya yang ikut terdampak aksi May Day Fiesta, yakni Jalan Jenderal Gatot Subroto mulai dari Simpang Semanggi hingga depan Gedung DPR/MPR RI, kemudian kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Gerbang Pemuda, Jalan Asia Afrika, Jalan Jenderal Sudirman mulai dari Bundaran Senayan hingga Simpang Semanggi.

Baca Juga:

  • Menikah dengan Sahabat Ibunya, Juwita Bahar Buka-bukaan Urusan Ranjang.
  • Pemerintah Sediakan Lagi Minyak Goreng Seliter Rp14 Ribu, Begini Cara Mendapatkannya.

Berita Terbaru