Ada Fasilitas Baru, Jalan-jalan ke Candi Borobudur Bakal Makin Asyik

MAGELANG - Sudah kangen jalan-jalan? Sudah menyiapkan daftar tempat wisata yang akan dikunjungi? Kalau belum, mungkin kalian bisa memasukkan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Jateng) yang digadang-gadang bakal makin mengasyikkan.

Sebab, saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang membangun tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau Rest Area Gerbang Klangon untuk wisatawan.

Dikutip dari Genpi, pembangunan TIP tersebut merupakan upaya mendukung pengembangan Borobudur sebagai kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

Pembangunan dimulai pada 6 Maret 2020 dan dijadwalkan selesai pada 30 November 2020. Saat ini progress pembangunan sudah mencapai 22,7 persen.

Gerbang Klangon sendiri menjadi titik peristirahatan wisatawan yang memulai perjalanan dari Bandara Internasional Yogyakarta menuju Candi Borobudur.

Gerbang Klangon terletak di Jalan Nanggulan Mendut, Karang Reso, Kecamatan Kali Bawang Kabupaten Kulon Progo.

Pembangunan meliputi pusat informasi wisata dan sclupture Klangon, pusat kuliner, kios oleh-oleh, musala, deck view point, area parkir, tempat pembuangan sampah sementara (TPST), dan toilet.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenitas dan even, baru promosi besar-besaran,” kata dia, Sabtu (4/7) kemarin.

Dia menambahkan, wisatawan tidak akan mau kembali apabila infrastruktur tidak ditata dengan baik.

“Itu yang harus kita jaga betul," ujar alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

Dia menambahkan, mengubah wajah kawasan dilakukan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional. (ant/genpi/ima)

Baca Juga:

  • Terus Bertambah, Polisi yang Diamankan terkait Kasus Brigadir J di Tempat Khusus Jadi 19 Orang, Terperiksanya 63 Personel.
  • Diduga Menyimpang, Inspektorat Temukan Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes.

Berita Terkait

Berita Terbaru