AFC Tunda Piala Futsal Asia 2021 Mendatang

JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kembali menunda kejuaraan Piala Asia Futsal 2020 (AFC Futsal Championship Kuwait 2020) yang semula akan digelar pada 2-13 Desember ditangguhkan hingga 2021.

Dikutip dalam laman resmi AFC, Sabtu (17/10/2020), keputusan itu diambil mengingat angka penularan COVID-19 di sebagian wilayah Asia masih tinggi, termasuk adanya peningkatan kasus penularan di Kuwait.

"AFC setelah berdiskusi dengan Asosiasi Sepakbola Kuwait dan semua pihak terkait, telah memutuskan untuk menunda lebih lanjut turnamen dan sekarang akan diadakan pada tahun 2021," tulis pernyataan AFC.

Penundaan Piala Asia Futsal ini menjadi yang ketiga kalinya. Pertama saat akan berlangsung di Turkmenistan pada 26 Februari-8 Maret, kemudian diundur pada 6-18 Agustus karena Turkmenistan mengundurkan diri dan memaksa AFC memindahkan ke Kuwait.

AFC belum bisa memberikan informasi tambahan perihal kapan dan di mana Piala Asia Futsal akan digelar.

"Keputusan itu dikonfirmasi setelah mempertimbangkan keselamatan dan kesejahteraan semua tim yang berpartisipasi. Tanggal baru untuk ajang ini dan hal serta informasi terkait lainnya akan diinformasikan lebih lanjut," tulis AFC.

Keputusan itu menjadi kabar buruk bagi Timnas Indonesia futsal justru sudah memulai menggelar training center (TC) di Surabaya sebagai persiapan untuk mengikuti turnamen bergengsi tersebut.

"Semua kondisi yang ada sekarang tidak menyurutkan persiapan. Sekarang FFI mempercayakan penuh kepada pelatih dan pelatih percaya kepada pemain. Begitu pula sebaliknya, semua saling percaya dan bekerja keras," kata Sekjen Federasi Futsal Indonesia (FFI) Edhie Prasetyo dalam keterangannya.

Dengan digelarnya pemusatan latihan ini, para pemain tim nasional futsal diharapkan bisa mengembalikan kebugaran dengan cepat setelah beberapa waktu vakum latihan lantaran situasi pandemi COVID-19.

"Jadi sebelum ini kami mencari tahu kondisi pemain dan mengontrol, sehingga pada saat mulai TC kondisinya siap dan tidak buruk. Ternyata para pemain bisa mengikuti latihan dengan baik," kata pelatih Timnas Indonesia futsal, Kensuke Takahashi.

Di Piala Asia Futsal atau AFC Futsal Championship 2020 yang pelaksanaannya telah resmi ditunda, Indonesia tergabung di Grup C bersama Uzbekistan, Bahrain, dan Cina. Lima besar di kejuaraan ini nantinya berhak tampil di Piala Dunia Futsal 2021 yang akan dihelat di Lithuania.

"Semoga kita tetap fokus, enggak ada yang lain-lain. Semua harus punya keyakinan bisa ikut meloloskan Indonesia ke Piala Dunia 2021 Lithuania," kata manajer Timnas Indonesia futsal, Dimas Agung.

Berikut daftar 19 pemain yang ikut TC Timnas Futsal:

Kiper:

Muhammad Nizar Nayaruddin (Vamos Mataram), Muhammad Iksan Rahadian (Cosmo FC), Muhammad Al Bagir (Black Steel)

Pemain:

Sunny Rizky Suhendra (Bintang Timur Surabaya), Mochammad Iqbal Rahmatullah (Bintang Timur Surabaya), Andri Kustiawan (Bintang Timur Surabaya), Muhammad Subhan Faidasa (Bintang Timur Surabaya), Marvin Alexa Wossiry (Vamos Mataram), Bambang Bayu Saptaji (Halus FC), Rio Pangestu Putra (SKN FC).

Ardiansyah Nur (Black Steel), Syauqi Saud (Bintang Timur Surabaya), Guntur Sulistyo Ariwibowo (SKN FC), Ardiansyah Runtuboy (Bintang Timur Surabaya), Holypaul Septinus N. Soumilena (Black Steel), Samuel Eko Putra Tampubolon (SKN FC), Muhammad Rizky Xavier (Cosmo FC), Iqbal Aliefian (Vamos Mataram), Firman Ardiansyah (IPC Pelindo II). (der/fin)

Baca Juga:

  • Disebut Otaknya Berisi Sampah, Musni Umar Balas Balik Ngabalin: itu Kalau Kepalanya Hanya Berpikir Menjilat.
  • Karikatur Nabi Diributkan, Denny Siregar: Mereka Bahkan Tidak Membaca Kisahnya.

Berita Terbaru