Akses Jalan Diperbaiki, Warga Sigempol-Randusanga Kulon Tasyakuran

BREBES - Warga Dukuh Sigempol Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes menggelar tasyakuran atas perbaikan infrastruktur jalan di wilayahnya, Jumat (1/7) malam.

Syukuran atas perbaikan jalan sepanjang 1,6 kilometer (KM) tersebut dihadiri oleh Bupati Brebes Idza Priyanti.

Diketahui, perbaikan ruas jalan tersebut dengan ready mix beton oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes. Anggaran yang digunakan dalam perbaikan ruas jalan teraebut mencapai Rp4,5 miliar bersumber dari DAK tahun 2022.

Salah seorang warga RT 04 RW 04 Dukuh Sigempol Desa Randusanga Kulon, Imam (56) mengatakan, acara ini sangat wajar dilakukan oleh masyarakat setempat. Pasalnya, warga telah menanti puluhan tahun untuk perbaikan jalan ini.

"Kami warga Dukuh Sigempol mengucapkan terima kasih atas perbaikan ruas jalan ini. Dengan jalan yang dibeton, kami tidak susah saat melakukan aktivitas sehari-hari," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Desa Randusanga Kulon Afan Setiyono. Menurutnya, sangat wajar apa yang dilakukan oleh warganya.

Dalam acara tadi malam, setiap RT turun dengan menampilkan berbagai kesenian dari mulai kesenian burok, menggelar musik dangdut, organ tunggal dan lain sebagainya.

"Sangat wajar warga kami menggelar syukuran ini. Sebab, masyarakat sudah menunggu puluhan tahun mendambakan jalan yang bagus," ucpanya.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengapresiasi gelaran tasyakuran yang diadakan oleh warga di Dusun Sigempol. Dengan perbaikan jalan ini diharapkan pertumbuhan ekonomi di desa ini bisa lebih meningkat.

"Apalagi tadi di sepanjang jalan warga mengucapkan rasa syukurnya karena jalannya sudah bagus. Harapan kami ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan anak-anak sekolah tidak lagi susah saat akan menuju ke sekolahnya," harapnya.

Bupati Brebes menambahkan, jika perbaikan jalan untuk tahun ini, tidak hanya dilaksanakan di ruas Jalan Desa Sigempol menuju Pedukuhan Kalikamal Desa Kedunguter.

Melainkan ada perbaikan jalan lainnya dengan cara betonisasi yang nantinya bisa memperlancar akses perekonomian warga.

"Kami Pemerintah Kabupaten Brebes juga melakukan perbaikan jalan lainnya, di ruas Jalan Limbangan-Randusanga Kulon dengan anggaran kurang lebih Rp9 miliar dari anggaran perubahan APBD tahun 2021 lalu. Kemudian dilanjutkan Jalan Limbangan-Randusanga Kulon di tahun 2022 ini dengan dengan anggaran kurang lebih Rp3 miliar. Sementara untuk perbaikan ruas Jalan Sigambir-Kalikamal pada tahun ini, anggarannya mencapai kurang lebih Rp4,5 miliar dan ruas Jalan Kedunguter-kalikamal anggarannya mencapai kurang lebih Rp10 miliar," imbuhnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes Sutaryono yang didampingi Sekdin Abdul Majid menjelaskan, jika perbaikan jalan dengan ready mix beton di Pedukuhan Sigempol sepanjang 1.699 meter yang anggarannya mencapai Rp4,5 miliar ini bersumber dari DAK tahun 2022.

Meski perbaikan jalan ini belum selesai seratus persen karena masih ada pekerjaan berem jalan, akan tetapi beber secara keseluruhan pekerjaan yang dilakukan pihak pelaksana proyek sudah sangat memenuhi persyaratan yang ditentukan.

"Kami justru mengapreasiasi masyarakat yang sejak awal pekerjaan dimulai sangat antusias dari mulai menyediakan konsumsi buat pekerja proyek, hingga selesainya pekerjaan yang sudah 90 persen ini. Bahkan mereka menggelar tasyakuran dengan biaya sendiri. Ini perlu dicontoh masyarakat lain dan kita sebagai pelayan ikut bangga karena perbaikan jalan yang dilakukan menjadi kebanggaan masyarakat," pungkasnya.(ded/ima)

Baca Juga:

  • Brigadir Joshua 2 Kali Bertengkar dengan Bripka RR di Magelang dan Jakarta, Sebelum Akhirnya Ditembak Mati.
  • Pistol Glock 17 untuk Tembak Mati Brigadir J Bukan Milik Bharada E, Tapi Milik Ajudan Istri Ferdy Sambo.

Berita Terbaru