Anggaran Pilkada 2024 Kota Tegal Diusulkan Rp32 Miliar

KOTA TEGAL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal untuk bisa menganggarkan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dalam APBD tahun depan. Sehingga, tahapan yang akan dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

Ketua DPRD Kusnendro, Rabu (22/6) di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya baru saja menerima audiensi ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tegal.

Mereka sebelumnya telah mengusulkan anggaran penyelenggaraan Pilkada 2024 sebesar Rp32 miliar.

"Anggaran itu, terbagi dalam APBD 2023 dan 2024. Serta tidak menutup kemungkinan sampai dengan 2025 pasca pemilu," katanya.

Karenanya, kata Kusnendro, pihaknya mendorong agar pemkot bisa menganggarkan mulai 2023 mendatang. Sehingga, tahapannya berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Tegal Elvy Yuniarni mengungkapkan untuk penyelenggaraan Pilkada 2024, pihaknya mengusulkan total Rp32 miliar. Dengan alokasi, untuk tahap I di APBD 2023 sebesar Rp10 miliar dan di 2024 Rp22 miliar.

"Namun, saat dalam pembahasan dengan DPRD dan pemkot untuk usulan anggaran Rp10 miliar, disepakati Rp2,9 miliar. Kemudian, setelah diverifikasi Badan Kesbangpol, menjadi Rp3,5 miliar," ungkap Elvy.

Tetapi, ujar Elvy, itu masih berproses sehingga belum final. Karena, nantinya akan diajukan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk dibahas lagi bersama DPRD.

"Setelah diverifikasi Badan Kesbangpol, maka akan diajukan ke TAPD untuk kemudian dibahas dengan DPRD. Jadi ini masih berproses," tandasnya. (muj/ima)

Baca Juga:

  • Pistol Glock 17 untuk Tembak Mati Brigadir J Bukan Milik Bharada E, Tapi Milik Ajudan Istri Ferdy Sambo.
  • Sentil Kapolri, Mantan Jubir Gus Dur: Drama Kepolisian Sesi 1 The End, Tinggal Sesi 2 Bongkar Motif.

Berita Terbaru