Anggota Dewan Provinsi Bakal Kawal Usulan Bupati Tegal soal Normalisasi

SLAWI - Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Marhaenis Manto berjanji bakal mengawal usulan bupati soal normalisasi sungai ke gubernur. Hal ini mengingat puluhan desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Tegal terendam banjir yang diduga akibat luapan air sungai yang tidak tertampung.

Marhaenis Manto saat dihubungi via telepon, Kamis (25/11) mengatakan, dirinya akan menggandeng anggota dewan dari daerah pemilihan 12 yang meliputi Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Brebes untuk mendukung usulan bupati soal normalisasi sungai yang ada di Kabupaten Tegal.

"Saya akan kawal usulan bupati ini. Karena menyaksikan sendiri beberapa wilayah di Kabupaten Tegal terkena banjir," katanya.

Dirinya mengakui, meski nanti tidak semua sungai di Kabupaten Tegal dimormalisasi, paling tidak, secara bertahap harus ada normalisasi sungai yang ada di Kabupaten Tegal. Supaya pada musim penghujan berikutnya, kejadian bencana banjir dapat terkurangi.

"Saya sebagai kepanjangan tangan dari masyarakat akan berjuang memampunya. Agar usulan bupati soal normalisasi bisa terealisasi secara bertahap," tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Tegal Umi Azizah mengusulkan normalisasi sungai ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Usulan itu disampaikan saat berkomunikasi dengan orang nomor satu di Jawa Tengah usai meninjau lokasi banjir di Desa Sidakaton dan Desa Sidapurna Kecamatan Dukuhturi.

Menurut Umi, banjir yang terjadi di sejumlah titik di Kabupaten Tegal ini disebabkan intensitas hujan yang tinggi pada Senin (21/11) malam. Volume limpasan air hujan tidak tertampung oleh saluran primer seperti sungai di bagian hilir, sehingga limpasan air hujan tidak bisa masuk ke sungai karena penuh dan meluap. (guh/ima)

Baca Juga:

  • Heboh Penemuan Potongan Tubuh Berserakan di Jembatan Perbatasan Karawang-Bekasi, Pelaku Diduga Tiga Orang.
  • Korban Dituding Tukang Hina dan Cabuli Istri Kedua Pelaku Menjadi Motif Mutilasi di Bekasi.

Berita Terkait

Berita Terbaru