Angka Covid-19 Kabupaten Tegal Kembali Bertambah, Dua Keluarga di Desa Kaligayam dan Semboja Positif

SLAWI - Dua keluarga di wilayah Kabupaten Tegal dinyatakan positif terkena Covid-19. Kedua keluarga itu berdomisili di Desa Kaligayam Kecamatan Talang dan Desa Semboja Kecamatan Pagerbarang.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal Joko Wantoro, Sabtu (19/9) mengatakan, anggota keluarga yang terpapar Covid-19 di Desa Kaligayam Kecamatan Talang yakni, seorang perempuan berinisial SS (45), seorang laki-laki berinisial BNH (21) dan seorang laki-laki berinisial DH (21).

Ketiganya terpapar dari ARH (50) yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 dan sekarang sudah sembuh.

"Ketiga pasien itu tinggal satu rumah dengan ARH. Saat ini, ketiganya sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya," katanya.

Untuk keluarga kedua, tambah Joko Wantoro,
berdomisili di Desa Semboja yakni seorang perempuan berinisial J (40) dan seorang perempuan berinisial SH (17). Keduanya merupakan kontak erat pasien Covid-19 yang berinisial W.

Mereka tinggal satu rumah, tetapi pasien W saat ini sudah sembuh. W sempat dirawat di RSI Harapan Anda Kota Tegal sejak Senin (31/8). Sedangkan pasien J dan SH sekarang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Pasien W memiliki riwayat perjalanan pulang dari Jakarta pada hari Minggu (30/8) lalu," tambahnya.

Penularan lokal, lanjut Joko Wantoro, menjadi klaster keluarga itu turut memicu penambahan kasus di Kabupaten Tegal. Anggota keluarga yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan berisiko menularkan virus corona kepada anggota keluarga lainnya.

Joko mencontohkan, klaster keluarga sebelumnya juga ditemukan di Desa Dukuhbenda Kecamatan Bumijawa. Penularan di lingkungan keluarga cepat terjadi karena sejumlah hal. Salah satunya, jumlah penghuni dalam satu rumah yang cukup banyak sehingga interaksi antaranggota keluarga menjadi tidak berjarak. (guh/ima)

Baca Juga:

  • Kerap Lontarkan Narasi Tendensius, Sekjen PBNU: Gus Nur Gak Kapok Hina NU.
  • Tak Diajak Bahas UU Ciptaker, Presiden Jokowi Singkirkan NU? Said Aqil Bilang Begini.

Berita Terkait

Berita Terbaru