Apes! Ingin Lulus TNI Sampai Nangis-nangis, Malah Kena Tipu Rp130 Juta

GOWA - Sudah jatuh tertimpa tangga. Nampaknya begitulah yang terjadi pada Usman, warga Desa Bontoloe Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa, Sulsel.

Dia harus menanggung kerugian besar karena keinginannya menjadi anggota TNI.

Bukan hanya air mata yang sudah terbuang sia-sia. Uang senilai Rp130 juta juga habis digondol penipu.

Pelakunya seorang lelaki bernama Nursyam Huda. Usman dijanjikan lulus menjadi anggota TNI oleh Nursyam. Namun sayang. Janji itu hanya tinggal janji. Semua omongan Nursyam adalah omong kosong.

“Lelaki Nursyam ini telah menipu korban yang ingin lulus TNI. Pelaku ini minta uang Rp130 juta kepada korban,” kata Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan, Kamis (27/5) dikutip dari Fajar.

Penipuan ini terungkap pada hari pengumuman seleksi TNI, korban pada Maret 2021 lalu dan dinyatakan gagal. Hingga akhirnya mereka melaporkan kejadian ini.

Selang beberapa lama, polisi pun melakukan penyelidikan dan berhasil menemukan keberadaan pelaku penipuan dengan modus menjadi calo itu.

Pelaku pun ditangkap tanpa perlawanan oleh kepolisian di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, pada Jumat (21/5) pukul 20.00 WITA.

Di sana, polisi tidak menemukan barang bukti hasil kejahatan pelaku. Namun ternyata, semuanya berada di Kabupaten Sidrap.

“Polisi melakukan penggeledahan di tempat kos pelaku dan ditemukan barang bukti berupa buku rekening,” terang perwira polisi tiga balok ini.

Saat ini pelaku dan barang bukti berupa tiga buku tabungan dan tiga kartu ATM dari berbagai bank, diamankan di Mapolsek Somba Opu Kabupaten Gowa. (ishak/fajar/ima)

Baca Juga:

  • Setelah Mati Tertembak, Empat Tubuh Pencuri Digantung di Alun-alun oleh Taliban.
  • TNI Dituding Disusupi Komunis oleh Gatot Nurmantyo, Panglima TNI: Saya Tidak Mau Berpolemik.

Berita Terkait

Berita Terbaru