Barcelona vs Espanyol, Jika Seri Lagi Barca Dalam Bahaya

BARCELONA - Barcelona akan menjamu saudara sekotanya, Espanyol di Camp Nou, dini hari nanti. Dua kepentingan berbeda akan membuat derbi Barceloni edisi ke-300 ini lebih panas dari biasanya.

BAIK Barcelona maupun Espanyol sama-sama wajib memenangkan pertandingan ini. Tuan rumah mesti menang jika ingin menjaga kans mengejar Real Madrid dalam perburuan gelar. Sebaliknya, Espanyol harus mencuri tiga poin kalau masih mau berada di La Liga musim depan.

Kalau tidak bisa menaklukkan Raksasa Catalan, julukan Barca, Espanyol dipastikan terdegradasi ke Segunda Division. Pasalnya, Espanyol yang menjadi juru kunci dengan poin 24 tidak mungkin lagi mengejar Alaves, Eibar, dan Celta Vigo yang berada di zona aman terakhir dengan poin 35.

Namun, kalau pun bukan misi mustahil, mencuri tiga angka dari Camp Nou akan amat sangat berat bagi Espanyol. Sekali lagi, Lionel Messi dan kawan-kawan juga membutuhkan kemenangan dan mereka tidak akan memberi ampun pada tamunya untuk misi itu.

Untuk menggebuk Espanyol, Pelatih Barcelona, Quique Setien diprediksi akan kembali memainkan Antoine Griezmann dan Luis Suarez sebagai pendamping Lionel Messi. Griezmann mencetak gol indah dalam kemenangan 4-1 di markas Villareal, dan itu cukup untuk membuat si bocah ajaib, Ansu Fati mengantre di bench.

Setien juga sepertinya tidak akan berani berjudi dan kembali mengacak-acak formasinya di empat laga terakhir. Kalau pada akhirnya memang gagal mengejar Madrid, mereka setidaknya bisa menghibur penggemar dengan penampilan ciamik dari trisula Messi, Suarez, dan Griezmann (MSG).

"(MSG) terhubung dengan sangat baik dan kami membahayakan bek tengah dan gelandang bertahan mereka. Kami mampu membuat kemajuan pada sayap ketika menarik orang ke dalam. Mereka melakukannya dengan baik, mereka memiliki banyak kualitas,” kata Setien di MARCA.

Menurut Setien, anak asuhnya bermain luar biasa di markas Villareal. Mereka mampu menata serangan dengan baik dari belakang lalu mencetak gol cepat. “Saya ingin selesai seperti itu di setiap pertandingan, tetapi itu bukan ilmu pasti," jelas eks pelatih Real Betis tersebut.

Gerard Pique yang bersikeras Barcelona tidak akan menyerah dalam mengejar gelar La Liga Santander setuju timnya harus mempertahankan performa bagus ini. Dengan sistem yang mereka mainkan di Villareal, penyerang kata Pique memiliki lebih banyak peluang mencetak gol.

“Tiga penyerang kami lebih dekat ke area penalti dan gawang. Tapi saya yakin lawan kami akan menonton (pertandingan) di video dan mereka akan siap. Kami sudah bermain dengan sistem yang sama untuk sementara waktu dan bos sedang mencari hal-hal baru,” ujar Pique.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu yang puas melihat penampilan Blaugrana memang mengharapkan tontonan bagus itu di Camp Nou. "Tim benar-benar menikmati penampilan mereka dan ini adalah cara kami seharusnya melanjutkan musim," tegas Bartomeu dikutip dari Daily Sabah.

Lalu, bagaimana dengan Espanyol? Pelatih Francisco Rufete memastikan derbi ini akan menjadi arena perang anak asuhnya. Meski peluang mereka sangat kecil dan Barca sudah tidak akan berkompromi, ia menegaskan timnya siap memberi perlawanan.

Rufete yang baru ditunjuk dua pekan lalu mengatakan, kewaspadaan mereka tidak akan mengendur sedikit pun meski peluang mereka lolos dari degradasi sangat kecil. "Saya telah memberi tahu para pemain bahwa kami harus terus berjuang," ujar Rufete di Daily Sabah.

Espanyol tanpa strikernya, Jonathan Calleri di laga ini. Calleri absen karena mendapat kartu merah ketika mereka karena kalah 0-1 dari Leganes. Sementara Barca dipastikan masih kehilangan Ousmane Dembele dan Frenkie de Jong. Samuel Umtiti dan Junior Firpo juga diragukan bisa bermain karena alasan kebugaran. (amr/zul)

Baca Juga:

  • Viral Video Djoko Tjandra Tidak Diborgol, Mabes Polri Akui Hal Ini.
  • Sindir Din Syamsudin Cs, Denny Siregar Sebut Gerakannya sebagai Koalisi Sakit Hati.

Berita Terkait

Berita Terbaru