Berebut Hadiah Total Rp27 Juta, Puluhan Peserta Ikut Ajang Krenova 2021

BREBES - Berebut hadiah total Rp27 juta, 55 orang peserta beradu kreativitas dalam ajang Lomba Kreativias dan Onovasi (Krenova), yang dilaksanakan Baperlitbangda Kabupaten Brebes, Kamis (18/3), di aula kantor setempat.

Para peserta berasal dari kalangan pelajar hingga masyarakat umum, yang mampu menciptakan karya baru dari hasil penelitian.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Baperlitbangda Kabupaten Brebes Nurul Hidayat mengatakan, lomba Krenova merupakan kegiatan tahunan yang diadakan Baperlitbangda Kabupaten Brebes.

Dalam lomba tersebut, pihaknya memperlombakan kreativitas dan inovasi masyarakat, dalam menciptakan karya terbarunya sebagai hasil penelitian yang telah dilakukan. Dari hasil temuan melalui proses penelitian itu, kemudian diwujudkan dalam bentuk sebuah karya kreatif dan inovatif.

"Nantinya setiap peserta harus menampilkan dan mempresentasikannya," ujarnya.

Dijelaskannya, di 2020 lalu pelaksanaan lomba untuk kategori pelajar dan umum digelar bersama. Namun karena adanya refocusing anggaran APBD untuk Covid-19, di tahun 2021 dibagi menjadi dua kategori. Yakni, tingkat pelajar dan umum.

Jumlah peserta pelajar pada giat kali ini sebanyak 15 orang. Sedangkan umum sebanyak 40 peserta. Dari peserta tersebut, selanjutnya akan dipilih lima pemenang untuk masing-masing kategori.

“Meski di tengah pandemi jumlah pendaftar sangat antusias. Bahkan, jika tidak dibatasi jumlah pendaftar akan terus bertambah," terangnya.

Sementara, Kepala Baperlitbangda Kabupaten Brebes Edy Kusmartono mengatakan, para pemenang lomba di tingkat kabupaten itu, nantinya akan dipilih kembali oleh dewan juri untuk mewakili lomba di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Selain disediakan hadiah, para pemenang juga akan mendapatkan beberapa fasilitas lain jika mereka menang di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Seperti pendampingan menuju Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), pelatihan Kekayaan Intelektual (KI), perekayasaan teknologi serta penyertaan pada beberapa pameran.

"Pada lomba Krenova tahun ini, kami menyediakan hadiah total sebesar Rp27 juta. Rinciannya, kategori umum juara I hadiah Rp5 juta, juara II Rp4 juta, juara III Rp3,5 jt, juara IV Rp3 jt dan juara V Rp2,5 juta. Sedangkan untuk kategori pelajar juara I Rp2,5 juta, juara II Rp2 juta, juara III Rp1,75 juta, juara IV Rp1,5 jt dan juara V Rp1,25 juta," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Terus Bertambah, Polisi yang Diamankan terkait Kasus Brigadir J di Tempat Khusus Jadi 19 Orang, Terperiksanya 63 Personel.
  • Diduga Menyimpang, Inspektorat Temukan Dugaan Penyelewengan Keuangan Desa di Kecamatan Ketanggungan Brebes.

Berita Terkait

Berita Terbaru