Beri Semangat UKM di Tengah Pandemi, Ganjar Sengaja Datang, Borong dan Promosi

MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi perhatian serius pada Usaha Kecil Menengah (UKM). Selain gelontoran anggaran untuk membantu mereka, Ganjar juga dengan telaten mendatangi dan memberikan semangat kepada para pelaku UKM.

Dalam setiap aktivitasnya, Ganjar menyempatkan diri menengok para pelaku UKM itu. Seperti saat gowes ke Magelang, Sabtu (19/9), Ganjar mampir ke sejumlah UKM unggulan di kawasan Candi Borobudur.

Tidak hanya menengok, Ganjar juga selalu memborong produk UKM yang dihasilkan. Ia juga selalu ngevlog di setiap lokasi, untuk dipromosikan melalui sejumlah akun media sosialnya.

Setidaknya ada empat UKM yang dikunjungi Ganjar di Magelang, di antaranya Jerawood Craft, UKM Makanan Berkah Abadi, UKM Getuk Marem dan Oemah Mbudur. Di tempat-tempat itu, Ganjar tak pernah lelah memompa semangat mereka agar tetap survive, meskipun dalam kondisi sulit.

"Di tengah pandemi saat ini, penting untuk kita mendorong, memfasilitasi dan melihat para pelaku UKM agar mereka tetap semangat dan bisa bertahan. Meskipun belum bisa pulih, tapi setidaknya saya akan terus kasih semangat mereka semuanya, agar memiliki mental baja menghadapi pandemi dalam berbisnis," kata Ganjar.

Dari kunjungannya ke sejumlah UKM itu, Ganjar mengatakan bahwa ekonomi mereka perlahan mulai bangkit. Banyak di antara pelaku UKM yang mengoptimalkan media sosial dan berdampak cukup signifikan.

"Kondisi UKM kita mulai terasa bangkit, tapi kalau kembali seperti dulu, belum. Maka ayo kita bergerak, mereka yang mampu saya harap membantu industri kecil ini dengan cara membeli produknya, membantu memasarkan dan lainnya. Mari kita bantu mereka agar tetap survive," terangnya.

Secara khusus, Ganjar juga mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk peduli pada nasib pelaku UKM di Jawa Tengah. Mereka diminta membangun solidaritas dan mengamalkan Pancasila.

"Yang PNS bantu beli dong. Kita kan dapat rezeki tiap bulan, anggap saja kita membantu yang lain dengan cara membangun solidaritas. Mungkin banyak orang yang hafal Pancasila, tapi mengamalkan kemanusiaan yang adil dan beradab kan tidak mudah. Maka kita tunjukkan saat ini," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pelaku UKM yang dikunjungi Ganjar, Mega, sangat senang dan bangga mendapat suport langsung dari Ganjar. Ia mengatakan, pandemi memang membuat omset bisnis olahan makanan yang ia tekuni merosot tajam.

"Senang sekali, jadi tambah semangat. Saat ini memang mulai agak membaik, tapi belum pulih seperti sebelumnya. Harapannya, semoga pandemi segera berakhir," katanya.

Hal senada disampaikan Hartini, pelaku UKM Getuk Marem Magelang. Kepada Ganjar, Hartini mengatakan pandemi membuat usahanya sempat tidak beroperasi selama tiga bulan.

"Sekarang sudah membaik, mulai produksi lagi. Senang sekali dapat semangat dari Pak Ganjar, membuat semakin optimis," ucapnya. (*/ima)

Baca Juga:

  • Kerap Lontarkan Narasi Tendensius, Sekjen PBNU: Gus Nur Gak Kapok Hina NU.
  • Tak Diajak Bahas UU Ciptaker, Presiden Jokowi Singkirkan NU? Said Aqil Bilang Begini.

Berita Terkait

Berita Terbaru