DPRD Kota Tegal
Share this on:

Dangkal, Tiga Sungai Harus Dikeruk

  • Dangkal, Tiga Sungai Harus Dikeruk
  • Dangkal, Tiga Sungai Harus Dikeruk

SUNGAI KEMIRI — Seorang siswa melintas di atas jembatan Sungai Kemiri, Senin (8/10) lalu. (k. anam syahmadani/radar tegal)

TEGAL - Komisi III Dewan DPRD Kota Tegal meminta Pemkot Tegal melakukan persiapan-persiapan dalam menghadapi musim hujan. Persiapan tersebut antara lain mengupayakan pengerukan tiga sungai besar yang melintas di tengah kota.

Ketiga sungai itu yakni, Sungai Kemiri, Sungai Sibelis, dan Sungai Kaligung. Sungai-dungai tersebut perlu dikeruk, karena sudah dipenuhi lumpur, sehingga rawan menimbulkan luapan.

"Mengingat sungai tersebut sudah menjadi kewenangan Provinsi, Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang (DPUPR) Kota Tegal harus segera berkoordinasi dengan Provinsi," kata Sekretaris Komisi III Rofii Ali, Senin (8/10).

Rofii menegaskan, selain pengerukan tiga sungai besar, komisinta mendorong Pemkot Tegal memperbaiki tanggul-tanggul maupun bantaran sungai yang rusak atau terkikis, menertibkan bangunan yang berdiri di atas bantaran sungai, membersihkan sungai dari enceng gondok, dan memperbaiki pintu-pintu air yang menghubungkan sungai dengan saluran lingkungan.

Kemudian, menormalisasi saluran-saluran drainase, dan menggiatkan kerja bakti pembersihan sampah di setiap RT dan RW. Itu saran yang mungkin bisa dilaksanakan dalam waktu yang pendek, karena ini sudah memasuki bulan kesepuluh.

"Sehingga, tidak memungkinkan diadakan kegiatan fisik yang bersifat membangun," jelas Rofii.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, musim hujan di Kota Tegal akan dimulai akhir November. Saat ini, masih musim kemarau karena hujan yang sempat terjadi pada September lalu terukur 0,2 milimeter dan 7 milimeter, belum menyentuh 50 milimeter dan diikuti dasarian berikutnya. (nam/ela/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Butuh Blueprint, Ketua DPRD: PKL Harus Dimartabatkan

Butuh Blueprint, Ketua DPRD: PKL Harus Dimartabatkan

Anggota Komisi I DPRD Kota Tegal Rachmat Rahardjo mengapresiasi komitmen penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal.


Pembangunan Pasar Kraton Mundur, Pemkot Tegal Harus Reevaluasi

Pembangunan Pasar Kraton Mundur, Pemkot Tegal Harus Reevaluasi

Pembangunan Pasar Cinde atau Pasar Kraton dipastikan tidak bisa dilakukan tahun ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!