Ekonomi
Share this on:

Acuan Nilai Tukar Rp15 Ribu

  • Acuan Nilai Tukar Rp15 Ribu
  • Acuan Nilai Tukar Rp15 Ribu

JAKARTA - Setelah melalui pembahasan panjang, APBN 2019 akhirnya disepakati dalam rapat paripurna di DPR kemarin (31/10). Dari sejumlah indikator makro dalam APBN 2019, ada dua asumsi yang mengalami perubahan.

Antara lain, nilai tukar rupiah menjadi Rp15 ribu dari sebelumnya Rp14.400 per USD. Selain itu, target lifting minyak bumi naik menjadi 775 ribu barel per hari dari sebelumnya yang direncanakan dalam RAPBN 750 ribu barel per hari.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati menuturkan, perubahan asumsi kurs didasarkan pada perkembangan perekonomian terkini serta memperhatikan usulan Bank Indonesia (BI). BI memprediksi rupiah tahun depan bergerak pada Rp14.800 hingga Rp15.200 per dolar AS. Perubahan asumsi tersebut dominan dipengaruhi perkembangan ekonomi AS dengan normalisasi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal ekspansif.

’’Kemudian, ditambah faktor risiko ketidakpastian global. Hal-hal tersebut akan mendorong pergerakan arus modal kembali ke negara maju,’’ kata Sri Mulyani di Gedung Ditjen Pajak kemarin.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menjelaskan, kondisi ketidakpastian global tersebut turut berdampak pada kinerja perekonomian domestik, khususnya nilai tukar rupiah. ’’Kalau kita lihat dari fundamental, faktor yang memengaruhi rupiah dari supply dan demand. Kita melihat dari sisi neraca pembayaran memang ada potensi terjadi capital flow yang tidak sebesar 2 tahun belakangan,’’ tuturnya.

Dia menekankan, dari segi real exchange rate, kondisi rupiah saat ini masih dalam posisi undervalued. Artinya, sekalipun tekanan terhadap rupiah menimbulkan sentimen negatif, masih ada potensi untuk stabilisasi.

Namun, dia tidak memungkiri penguatan dolar terhadap mata uang negara-negara berkembang membuat bank sentral melakukan adjusment terhadap suku bunga acuannya. Tidak terkecuali BI untuk menjaga nilai tukarnya.

’’Tapi, yang jelas, pemerintah bersama BI akan terus melakukan kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah secara terukur, sesuai fundamental ekonomi untuk memperkuat cadangan devisa,’’ jelasnya.

Perubahan asumsi kurs tersebut berdampak pada perubahan beberapa target dalam APBN 2019. Target pendapatan negara yang semula dipatok Rp2.142,5 triliun diubah menjadi Rp2.165,1 triliun. Dari target tersebut, ditetapkan target penerimaan perpajakan Rp1.786,4 triliun dengan tax ratio 12,2 persen terhadap PDB. Sementara itu, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) ditargetkan Rp378,3 triliun.

Belanja negara juga mengalami penyesuaian. Yakni, dari yang semula direncanakan Rp2.439,7 triliun menjadi Rp2.461,1 triliun. Dengan angka belanja dan pendapatan negara tersebut, defisit APBN 2019 disepakati 1,84 persen terhadap PDB sejumlah Rp296,0 triliun. Angka defisit itu lebih rendah daripada outlook defisit APBN tahun ini yang 2,12 persen terhadap PDB. Untuk menutup defisit, salah satu caranya melalui pembiayaan utang Rp 359,3 miliar.

Dari sejumlah paparan APBN 2019 tersebut, yang menjadi sorotan anggota dewan adalah perihal utang. Anggota dewan dari Fraksi Gerindra, Bambang Haryo, meminta pemerintah berkonsentrasi penuh menguatkan mata uang rupiah.

’’Semua kehidupan kita menggunakan kurs mata uang asing. Semuanya impor. Ini sangat membebani,’’ timpalnya. (nis/ken/c20/oki/jpg)

Berita Sebelumnya

Dongkrak Ekonomi Masyarakat
Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Jumat, Nilai Tukar Rupiah Menguat

Jumat, Nilai Tukar Rupiah Menguat

Nilai tukar (kurs) rupiah pada Jumat (15/11) pagi kembali menguat setelah sempat terkoreksi sehari sebelumnya.


Harga Emas Antam Anjlok Hari Ini! Jadi Berapa?

Harga Emas Antam Anjlok Hari Ini! Jadi Berapa?

Saat ini harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk pada Rabu (6/11) tercatat Rp750 ribu per gram


Capaian Positif, Investasi Hulu Migas Naik 11 Persen

Capaian Positif, Investasi Hulu Migas Naik 11 Persen

Hingga September 2019, nilai investasi hulu migas telah mencapai US$8,4 miliar.


Awal Pekan, Rupiah Ditutup Melemah Dua Poin

Awal Pekan, Rupiah Ditutup Melemah Dua Poin

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore akhirnya ditutup melemah tipis setelah sempat menguat hampir sepanjang hari.


Menteri Keuangan Nilai Teror Tak Pengaruhi Ekonomi Indonesia

Menteri Keuangan Nilai Teror Tak Pengaruhi Ekonomi Indonesia

Sejumlah ekonom sebagian besar menyebutkan insiden penusukan terhadap Menko Polhukam, Wiranto, bakal memengaruhi perekonomian di Indonesia.Sejumlah ekonom sebag


Bergejolak, Rupiah Kian Melemah

Bergejolak, Rupiah Kian Melemah

Situasi politik dan keamanan yang tidak menentu memantik reaksi pasar, yang berimplikasi pada nilai tukar (kurs) rupiah


Aturan Tax Refund Belum Kerek Wisman

Aturan Tax Refund Belum Kerek Wisman

Pemerintah memberikan kelonggaran skema pengembalian Pajak Pertambahan Nilai atau tax refund bagi wisatawan mancanegara.


Suku Bunga Acuan Turun Jadi 5,25 Persen

Suku Bunga Acuan Turun Jadi 5,25 Persen

Bank Indonesia (BI), kembali menurunkan suku bunga acuan BI 7 Daya Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,25 persen.


Pemerintah Tak Perlu Intervensi Soal Harga Cabai

Pemerintah Tak Perlu Intervensi Soal Harga Cabai

Sejak tiga bulan lalu sampai saat ini harga cabai masih tetap tinggi. Bahkan saat ini tembus mencapai Rp100 ribu per kilogram (kg).


Iuran BPJS Kesehatan Naik Mulai Rp16,5 Ribu Hingga Rp40 Ribu

Iuran BPJS Kesehatan Naik Mulai Rp16,5 Ribu Hingga Rp40 Ribu

Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), kenaikan iuran BPJS Kesehatan mulai dari Rp16,5 ribu hingga Rp40 ribu.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!