Ekonomi
Share this on:

BBM satu Harga Ditargetkan Terealisasi 2019

  • BBM satu Harga Ditargetkan Terealisasi 2019
  • BBM satu Harga Ditargetkan Terealisasi 2019

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) optimistis mampu mencapai target BBM satu harga sesuai imbauan Presiden Jokowi sebelum 2019. Untuk menerapkan kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di 145 wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal itu Pertamina memperkirakan biaya yang dibutuhkan lebih dari Rp2 triliun per tahun.

?Target awal program itu sampai dengan 2019 baru bisa semua lokasi terpenuhi. Tapi kami akan mempercepat realisasi itu,? kata Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero) Toharso di Jakarta.

Senin (8/5). Menurut Toharso, kendala yang dihadapi Pertamina, khususnya bagian Pemasaran adalah kesulitan mencari pengusaha atau investor yang mau membangun SPBU di daerah terpencil. Umumnya, sarana untuk mencapai lokasi tidak melalui darat, melainkan harus melalui udara.

Toharso menjelaskan, untuk mengangkut BBM ke perbatasan Kalimantan misalnya, membutuhkan biaya Rp 38 ribu per liter. Ongkos itu untuk menyewa pesawat, membayar pilot yang tidak kecil. BBM sebanyak 4 ton atau 4.000 liter ini diangkut dari Tarakan ke perbatasan ke Kalimantan.

Namun, pemerintah meminta melalui prpogram BBM Satu Harga, maka Pertamina harus menyeragamkan harga BBM sama dengan harga BBM penugasan, yakni untuk solar Rp5.150 per liter dan premium Rp6.550 per liter.

Disebutkan, ongkos angkut BBM untuk program BBM satu harga murni dana Pertamina. ?Tidak ada efisiensi di proyek ini, tapi kami harus menjalankan program ini, karena ini amanah pemerintah. Rakyat punya hak yang sama sebagai warga negara Indonesia,? katanya.

Sementara itu, PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hulu migas, kembali meraih penghargaan the best CSR dalam ajang tahunan Indonesia Green Award (IGA) 2017 yang diadakan oleh La Tofi School of CSR. Penghargaan diserahkan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Imam Hendargo.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengapresiasi perusahaan yang telah menjalankan kegiatan CSR menuju terciptanya kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara.

?Menciptakan suatu inisiatif program yang berkelanjutan kami yakini akan membawa sebuah cerita perubahan yang nantinya dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat di negeri ini, hal ini sesuai dengan tema besar IGA 2017,? ujar Imam.

Dalam perhelatan ini, Pertamina EP menyabet seluruh kategori yang diadakan. Pertama, Kategori Penyelamatan Sumber Daya Air oleh Filed Rantau, Field Pangkalan Susu, Field Subang dan Field Lirik. Kedua, Kategori mempelopori pencegahan polusi diraih oleh Field Rantau, Field Lirik dan Field Subang.

Ketiga, Kategori mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu diraih oleh Field Rantau, Field Pangkalan Susu, Field Lirik, Field Jatibarang, Field Subang dan Field Adera.

Keempat, Kategori menghemat Energi dan penggunaan EBT diraih oleh Field Rantau, Field Lirik, Field Ramba, Field Subang dan Field Prabumulih. Kelima, Kategori mengembangkan keanekaragaman Hayati diraih oleh Field Subang, Field Lirik dan Pangkalan Susu. (ers/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tekan HPP Gula

Tekan HPP Gula

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III sedang merumuskan strategi khusus untuk menekan harga pokok produksi (HPP) gula.


Permintaan Pulih Lagi Jelang Tutup Tahun

Permintaan Pulih Lagi Jelang Tutup Tahun

Harga-harga bahan pangan di pasar tradisional cenderung turun. Pedagang pasar menyebutkan bahwa memang ada penurunan permintaan sampai 35 persen.


Harga Acuan Ayam-Telur Naik

Harga Acuan Ayam-Telur Naik

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyesuaikan batas bawah dan atas harga telur di level peternak menyusul banderolnya yang terus melandai.


Kejar Kenaikan Konsumsi

Kejar Kenaikan Konsumsi

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengejar kenaikan konsumsi listrik per kapita nasional menjadi 1.200 kilowatt hours (kWh) pada 2019.


RI Poros Ekonomi Kreatif pada 2030

RI Poros Ekonomi Kreatif pada 2030

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai salah satu poros ekonomi kreatif dunia pada 2030.


Aktif Gaet Investor Pemula

Aktif Gaet Investor Pemula

Bursa Efek Indonesia (BEI) berusaha menggaet lebih banyak investor pemula. Salah satu upayanya, menggandeng berbagai komunitas.


Stok Melimpah, Harga Beras Terkendali

Stok Melimpah, Harga Beras Terkendali

Bulog pekan lalu menggelontorkan stok cadangan beras pemerintah (CBP) melalui operasi pasar.


Sambung Gratis, Tambah Subsidi Rp1,2 Triliun

Sambung Gratis, Tambah Subsidi Rp1,2 Triliun

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulkan tambahan subsidi listrik dalam RAPBN 2019 sebesar Rp 1,21 triliun.


Bidik Peningkatan Load Factor

Bidik Peningkatan Load Factor

Jawa Timur, khususnya Surabaya, menjadi salah satu pasar utama bisnis penerbangan.


Target Pertumbuhan Lebih Rendah

Target Pertumbuhan Lebih Rendah

Pemerintah menegaskan bahwa target pertumbuhan ekonomi 5,3 persen dalam RAPBN 2019 masuk akal. Pertumbuhan tersebut akan bersumber dari konsumsi dan investasi.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!