Ekonomi
Share this on:

Dorong Penyebaran Pasar Ekspor Produk Perikanan

  • Dorong Penyebaran Pasar Ekspor Produk Perikanan
  • Dorong Penyebaran Pasar Ekspor Produk Perikanan

SURABAYA - Persentase ekspor produk perikanan ke AS dinilai terlalu besar. Padahal, potensi di berbagai negara lain masih terbuka lebar. Ketua Asosiasi Pengusaha Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I) Budhi Wibowo mengatakan, ekspor ke AS mencapai 36 persen dari total ekspor produk perikanan.

”Sebenarnya kita boleh bangga karena AS terkenal cerewet. Tapi, secara struktur itu tidak sehat. Apalagi, AS akan menghapus GSP (generalized system of preferences). Kalau itu terjadi, bagaimana nasib yang 36 persen itu?” ujarnya di sela-sela seminar pengembangan pasar produk perikanan Indonesia kemarin (27/7).

Indonesia dinilai perlu mencontoh negara lain. Misalnya, Vietnam yang penyebaran ekspornya merata, contohnya ke AS 19 persen. Bahkan, juga tidak ada yang mendominasi ke negara-negara tujuan lain.

Dengan demikian, Indonesia harus serius memperbesar pasar di luar negara tujuan tradisional. Misalnya, Eropa Timur, Timur Tengah, Maroko, Rusia, Tiongkok, Mesir, Korea Selatan, Taiwan, dan Amerika Selatan.

”Negara yang potensial di Amerika Selatan seperti Brasil. Mereka bisa impor hingga 1,2 juta ton,” urainya.

Kendati mendorong ekspor, pelaku usaha jangan sampai melupakan pasar dalam negeri yang juga berkembang pesat. Tercatat, pertumbuhan konsumsi daging dan makanan laut (seafood) 18 persen tiap tahun. Salah satu jenis ikan dengan permintaan besar adalah pangasius alias patin.

Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, telah menutup impor ikan dori atau patin ilegal dari Vietnam. Akibatnya, suplai untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri tersendat. Bahkan, beberapa bulan ini harga ikan menjadi naik.

”Tapi, kami harap pengusaha tidak hanya melirik potensi lokal, tapi juga ada peluang ekspor,” jelasnya.

Kepala Pusat BKIPM Widodo Sumiyanto menambahkan, tren penolakan dari negara tujuan ekspor tiap tahun terus menurun. Salah satunya dengan menerapkan perbaikan-perbaikan. Bila diketahui ada persoalan, segera dicari akar permasalahan. Kemudian, dilakukan pembinaan.

”Tahun ini ada satu kasus, karena histamin. Sebenarnya itu bisa dihindari,” jelasnya. (res/c10/oki/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

PGN Perluas Penyebaran Gas Bumi

PGN Perluas Penyebaran Gas Bumi

PT Perusahaan Gas Negara Tbk pada pertengahan bulan ini, melalui anak perusahaannya PT Gagas Energi Indonesia, meluncurkan 32 unit Gaslink Truck.


Pacu Ekspor, Perkuat Daya Saing

Pacu Ekspor, Perkuat Daya Saing

Sektor perikanan dan kelautan disebut-sebut sebagai salah satu pilar ekonomi. Menambah devisa dan mensejahterakan masyarakat.


Produk UKM Sulit Bersaing

Produk UKM Sulit Bersaing

Pertumbuhan e-commerce berkembang begitu pesat. Kondisi itu perlu diikuti regulasi jelas.


Semen Indonesia Kuasai Pasar ASEAN

Semen Indonesia Kuasai Pasar ASEAN

Langkah PT Semen Indonesia (SMGR) mengakuisisi PT Holcim Indonesia (SMCB) akan menciptakan duopoli pemain besar.


Butuh Dorongan Investasi-Ekspor, Pemerintah Godok Aturan Baru

Butuh Dorongan Investasi-Ekspor, Pemerintah Godok Aturan Baru

Pertumbuhan investasi dan ekspor sedang melambat. Hal itu terlihat dari investasi pada kuartal III 2018 yang realisasinya Rp173,8 triliun.


Maksimalkan Produk Unggulan untuk Pemerataan Ekonomi

Maksimalkan Produk Unggulan untuk Pemerataan Ekonomi

Pemerintah berharap perhutanan sosial dimanfaatkan secara maksimal. Pemanfaatan lahan kawasan hutan negara itu bisa lebih produktif.


Akhir 2018 Industri Kreatif Rp1.000 Triliun

Akhir 2018 Industri Kreatif Rp1.000 Triliun

Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf) optimistis industri ekonomi kreatif dipengujung tahun ini berkontribusi pada produk domestik bruto (PDB) sebesar Rp1.000 triliun


Kinerja Ekspor Hambat Pertumbuhan Kuartal IV

Kinerja Ekspor Hambat Pertumbuhan Kuartal IV

Kinerja ekspor yang diperkirakan masih lebih rendah daripada impor bakal menjadi salah satu penghambat pertumbuhan pada kuartal terakhir tahun ini.


Ekspor Sepeda Motor Ditarget Tumbuh 10 Persen

Ekspor Sepeda Motor Ditarget Tumbuh 10 Persen

Iklim pasar roda dua di Indonesia dipacu. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meminta produsen sepeda motor atau agen pemegang merek (APM) bisa meningkatkan


Hemat Devisa, Perkuat Hilirisasi Tambang

Hemat Devisa, Perkuat Hilirisasi Tambang

Untuk menekan impor produk hasil tambang, PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) terus memacu sejumlah proyek hilirisasi.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!