Ekonomi
Share this on:

Dukung Digital Port, Terapkan Gate Pass System

  • Dukung Digital Port, Terapkan Gate Pass System
  • Dukung Digital Port, Terapkan Gate Pass System

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II / IPC berkomitmen menerapkan digital port di wilayah kerjanya. Termasuk di gerbang pelabuhan. Perusahaan BUMN tersebut tengah melakukan uji coba penerapan e-pass atau pass elektronik dalam implementasi Gate Pass System di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Ini merupakan program IPC yang diterapkan secara bertahap di seluruh cabang pelabuhan yang dikelola IPC. Untuk tahap pertama, implementasi Gate Pass System dilaksanakan di Cabang Pelabuhan Tanjung Priok," jelas Direktur Operasi IPC Prasetyadi, akhir pekan lalu.

Adapun pass elektronik yang menggunakan “IPC Smart Card” itu merupakan kerja sama korporasi dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) (Persero) Tbk dan salah satu Anak Perusahaan IPC, PT Intregasi Logistik Cipta Solusi (ILCS). "Selain dapat digunakan untuk masuk Gate Pelabuhan, IPC Smart Card juga dapat difungsikan sebagai kartu elektronik di Gate Toll," jelas Prasetyadi.

Adapun ujicoba penerapan implementasi gate pass system diterapkan sejak 5 juli 2018, pukul 00.00 wib di Gate Pelayanan masuk Pos 1, Pos 8 dan Pos 9.

Direktur Operasi IPC Prasetyadi bersama Direktur Keuangan IPC, Iman Rachman didamping General Manager Cabang Pelabuhan Tanjung Priok Mulyadi dan tim dari BNI juga meninjau ujicoba tersebut.

"Kemarin kami sudah meninjau pelaksanaan trial Gate Pass System di Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok. Harapan kami peningkatan volume kendaraan yang masuk ke dalam wilayah pelabuhan saat ini dapat kami maksimalkan pelayanan operasionalnya dengan penggunaan pass elektronik tersebut,” ujar Prasetyadi.

Dia menambahkan, implementasi Gate Pass System itu bertujuan menciptakan keteraturan dan kenyamanan pengguna jasa di pelabuhan. "Juga untuk memastikan data statistik keluar masuk kendaraan dapat direkam secara akurat," pungkasnya. (dai/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

SDM IT Topang Ekonomi Digital

SDM IT Topang Ekonomi Digital

Pasar ekonomi digital di Indonesia diprediksi mampu tumbuh sampai angka USD 200 miliar dalam kurun 20 tahun mendatang.


Implementasi Butuh Payung Hukum

Implementasi Butuh Payung Hukum

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital, pemerintah diharapkan dinamis dalam mengembangkan regulasi untuk memayungi implementasi teknologi.


Digital Teknologi Dongkrak Ekonomi

Digital Teknologi Dongkrak Ekonomi

Teknologi berkembang dengan pesat. Nyaris tidak ada ruang bebas dari sentuhan teknologi terkini.


Porsi E-Commerce Makin Besar

Porsi E-Commerce Makin Besar

Pelaku usaha ritel masih optimistis bisnis offline bisa terus tumbuh menghadapi era disrupsi digital.


Dukung Pengembangan Usaha Wanita Muslimah

Dukung Pengembangan Usaha Wanita Muslimah

Keberadaan wanita Muslimah dalam dunia bisnis tidak lagi sekedar isu mengenai kesetaraan gender belaka. Isu itu telah berkembang juga ke dunia bisnis.


Bahas Ekonomi Digital hingga Urbanisasi

Bahas Ekonomi Digital hingga Urbanisasi

Persiapan pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-World Bank yang akan berlangsung pada 8–14 Oktober 2018 di Bali sudah hampir final.


Dukung UKM Perluas Akses Pemasaran

Dukung UKM Perluas Akses Pemasaran

Platform pembayaran digital, OVO, berupaya menerapkan sistem pembayaran nontunai di kalangan usaha kecil dan menengah (UKM).


Digitalisasi 5.518 SPBU untuk Tekan Kecurangan

Digitalisasi 5.518 SPBU untuk Tekan Kecurangan

PT Pertamina bekerja sama dengan PT Telkom membangun sistem digital pada 5.518 SPBU di seluruh Indonesia.


Transaksi Saham Kian Cepat

Transaksi Saham Kian Cepat

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) memperkenalkan The Central Depository and Book Entry Settlement System (C-BEST).


Investasi Digital Melonjak

Investasi Digital Melonjak

Ekonomi digital diprediksi menjadi penyokong investasi.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!