Ekonomi
Share this on:

Dwelling Time 3 Hari Harus Konsisten

  • Dwelling Time 3 Hari Harus Konsisten
  • Dwelling Time 3 Hari Harus Konsisten

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meminta dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok, benar-benar riil 3 hari. Menhub menginstruksikan jajarannya untuk bekerja lebih maksimal.

Hal itu supaya tidak ada lagi kontainer yang terlalu lama (long stay) berada di pelabuhan. Sistem Inaportnet yang saat ini sudah diterapkan di Pelabuhan Tanjung Priok, harus benar-benar dimanfaatkan. I

Inaportnet merupakan sistem informasi layanan tunggal secara elektronik berbasis internet untuk mengintegrasikan sistem informasi kepelabuhanan yang standar dalam melayani kapal dan barang dari seluruh Instansi terkait atau pemangku kepentingan di pelabuhan (termasuk sistem layanan Badan Usaha Pelabuhan).

”Aplikasi itu disatukan semua stakeholder. Menghemat waktu. Itu tanpa orang hadir di situ bisa. Seperti di Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu-Minggu saya menginstruksikan pegawai untuk masuk. Kita minta inventarisir apa yang harus dilakukan,” ujar Budi Karya, usai meresmikan sistem Inaportnet Pelabuhan Gresik, Sorong dan Banten, di Command Center Kementerian Perhubungan, kemarin.

”Dengan demikian, pelayanan di pelabuhan yang buka 24 jam dan 7 hari dalam seminggu dapat terjadi,” imbuhnya.

Pihaknya meminta semua pihak untuk konsisten dengan sistem yang telah diterapkan. Lebih lanjut Budi Karya mengatakan, saat ini sebanyak 16 pelabuhan yang ditargetkan go live Inaportnet hingga akhir tahun 2017 sudah tercapai.

Menurutnya, penerapan aplikasi Inaportnet di Pelabuhan Sorong, Menhub menyatakan, merupakan lompatan yang baik. Karena selama ini Pelabuhan Sorong tidak mendapatkan data-data yang akurat.

”Sekarang semua teman-teman di daerah bekerja dengan template yang sama dan saya harap ada kreatifitas sehingga selalu berkembang dan dapat sesuatu yang baru,” ujarnya.

Budi Karya menambahkan, dalam penerapan aplikasi Inaportnet yang harus dijunjung tinggi adalah komitmen. aitu bagaimana seluruh stakeholder yang terlibat dapat patuh terhadap standar operasional prosedur yang berlaku. Tanpa komitmen yang kuat dari seluruh pihak, maka aplikasi Inaportnet tidak akan bisa menjadi sistem yang menjadi rujukan utama untuk pelayanan kapal di pelabuhan.

”Harus ada analisis terhadap kecenderungan barang yang mengalami kenaikan dan penurunan serta apa yang harus dikembangkan,” ujarnya.

Adapun keenam belas pelabuhan yang telah mengaplikasikan Inaportnet tersebut adalah Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Palembang, Pelabuhan Teluk Bayur, Pelabuhan Panjang, Pelabuhan Pontianak, Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Bitung, Pelabuhan Ambon, Pelabuhan Banten, Pelabuhan Gresik, dan Pelabuhan Sorong. (dai/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Dorong UKM Bersinergi dengan Pariwisata

Dorong UKM Bersinergi dengan Pariwisata

Kekayaan ragam kain tradisional Indonesia harus dilestarikan.


Pertamax Naik Rp150 per Liter

Pertamax Naik Rp150 per Liter

Pengguna bahan bakar minyak nonsubsidi pertamax harus menambah pengeluaran mereka.


BUMN Pelabuhan Harus Kolaborasi

BUMN Pelabuhan Harus Kolaborasi

Pembentukan holding BUMN pelabuhan, terus dibicarakan berbagai pihak.


Holding Migas Belum Mendesak

Holding Migas Belum Mendesak

Rencana pembentukan Holding perusahaan BUMN, harus mendapat kajian lebih lanjut.


Bulan si Buah Hati di Toserba Yogya

Bulan si Buah Hati di Toserba Yogya

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-35, Toserba Yogya menggelar bazar dengan mengangkat tema 'Bulan Si Buah Hati' pada November ini.


Ulang Tahun, Toserba Yogya Diskon Sampai 20 Persen

Ulang Tahun, Toserba Yogya Diskon Sampai 20 Persen

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-35 Toserba Yogya, digelar diskon hingga 20 persen untuk produk fashion pada 28-29 Oktober.


Epson Off-road dan Camping di Kebumen

Epson Off-road dan Camping di Kebumen

Masih sekitar 1.300 kilometer lagi yang harus ditempuh team Epson Indonesia 17th Epson Roadshow.


SP JICT Konsisten Desak Pembatalan Kontrak

SP JICT Konsisten Desak Pembatalan Kontrak

Serikat Pekerja Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) mendesak pemerintah untuk membatalkan perpanjangan kontrak JICT.


Penerbitan Izin Uang Elektronik E-Commerce Maksimal 35 Hari

Penerbitan Izin Uang Elektronik E-Commerce Maksimal 35 Hari

Bank Indonesia (BI) tengah memproses izin penyelenggaraan uang elektronik dari e-commerce.


Harus Dibedakan Oleh-oleh dan Kulakan

Harus Dibedakan Oleh-oleh dan Kulakan

Aturan tentang bea masuk barang bawaan penumpang dari luar negeri masih menjadi perdebatan.



Kolom

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!