Ekonomi
Share this on:

Formulasikan Ulang SOP Dana Bergulir

  • Formulasikan Ulang SOP Dana Bergulir
  • Formulasikan Ulang SOP Dana Bergulir

JAKARTA - Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) mereformulasi standard operating procedure (SOP). Penyegaran itu seiring komitmen lembaga dalam menyalurkan dana bergulir kepada Koperasi dan UKM. Terpenting, para pejabat LPDB-KUMKM dapat bekerja dengan baik dan tidak perlu takut akan dampak hukum yang ditimbulkan.

”Kami tidak ingin mendengar kasus sama terulang di masa mendatang,” tutur Direktur Utama LPDB-KUMKM, Braman Setyo, kemarin.

Braman menyebut reformulasi SOP itu untuk mengatur tata cara penyaluran dana begulir kepada mitra. Nanti akan dikolaborasi dengan seluruh kepala divisi berperan sama.

Diharapkan langkah itu tidak ada pejabat atau pegawai LPDB-KUMKM bermain mata dengan pihak kedua. Dengan begitu, kasus hukum pernah menimpa mantan jajaran LPDB-KUMKM tidak terulang di kemudian hari.

”Seluruh petugas tidak perlu takut. Kuncinya, laksanakan sesuai SOP. Kalau bermain, pasti saya dorong penegakan hukum harus dilakukan,” ancam Braman.

Sejauh ini ada 6 orang jajaran LPDB-KUMKM terseret kasus hukum dengan pihak kejaksaan sebagai akibat ketidak kepatuhan pada penerapan SOP. Nah, reformulasi SOP itu tidak akan menghentikan kerja sama LPDB-KUMKM selama ini sudah terjalin.

Dengan kejaksaan, misalnya, diharap akan mengoptimalkan fungsi kejaksaan dalam bidang pencegahan, dengan cara melakukan sosialisasi bersama mengenai pemanfaatan dan pengembalian dana bergulir. ”Kerja sama dengan kejaksaan tetap berjalan dengan evaluasi,” tukasnya.

Pihaknya bilang Braman, tengah menjajaki kerja sama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Barat (Sulbar). Kerja sama itu, akan menitikberatkan pada aspek penegakan hukum, didahului upaya preventif guna meminimalisir terjadinya kerugian negara.

”Kami terbuka untuk kerja sama dengan siapa pun,” tegas Braman.

Untuk penyegaran, Braman melantik 38 pejabat tingkat Kepala Divisi (Kadiv) dan Kepala Bagian (Kabag) sebagai upaya penataan sumber daya manusia (SDM). Sebelumnya, rotasi pada tingkat direksi telah dilakukan pada Oktober lalu.

”Transformasi sangat penting untuk pengembangan SDM,” bebernya.

Dengan rotasi itu, diharap bisa mendorong dan meningkatkan kinerja baik secara organisasi maupun dalam melakukan tugas sebagai penyalur dana bergulir kepada koperasi dan UMKM. Pejabat terpilih kalau tidak optimal dalam menjalankan tugas akan dilakukan evaluasi secara berkala.

Selama 6 bulan ke depan dilakukan evaluasi. Kalau kinerja memusakan, bongkar pasang akan dilakukan. (far/jpnn)


Berita Sebelumnya

Produk UMKM Tertolong Media Sosial
Produk UMKM Tertolong Media Sosial

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tingkat Suku Bunga Rendah Dongkrak Dana Kelolaan

Tingkat Suku Bunga Rendah Dongkrak Dana Kelolaan

Ingin mengoptimalkan pengelolaan keuangan masyarakat di tengah rendahnya tingkat suku bunga, PT Bank HSBC Indonesia menghadirkan layanan Wealth Management.


Tata Ulang Konsep Mal

Tata Ulang Konsep Mal

Perubahan tren gaya hidup masyarakat membuat developer pusat perbelanjaan memperbarui konsepnya.


Bulan si Buah Hati di Toserba Yogya

Bulan si Buah Hati di Toserba Yogya

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-35, Toserba Yogya menggelar bazar dengan mengangkat tema 'Bulan Si Buah Hati' pada November ini.


Perkuat Usaha Entrepreneur

Perkuat Usaha Entrepreneur

Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM menjajaki kerja sama dengan Young on Top (YoT).


Ulang Tahun, Toserba Yogya Diskon Sampai 20 Persen

Ulang Tahun, Toserba Yogya Diskon Sampai 20 Persen

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-35 Toserba Yogya, digelar diskon hingga 20 persen untuk produk fashion pada 28-29 Oktober.


Bidik Dana IPO Rp2,3 Triliun

Bidik Dana IPO Rp2,3 Triliun

PT PP Presisi membidik dana initial public offering (IPO) sejumlah Rp1,82-2,33 triliun.


Dongkrak Dana Murah Perseroan

Dongkrak Dana Murah Perseroan

Ada cara unik bank BTN dalam menjaring nasabahnya.


Sekaranglah Saatnya KUMKM Naik Kelas

Sekaranglah Saatnya KUMKM Naik Kelas

Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) bakal menyiapkan dana Rp100 miliar.


Susu hingga Baja Diusulkan Bebas Bea Masuk

Susu hingga Baja Diusulkan Bebas Bea Masuk

Pembahasan kerja sama bilateral Indonesia dan Australia untuk pemberlakuan tarif bea masuk nol persen masih terus bergulir.


Kadin Minta Treshold USD 500

Kadin Minta Treshold USD 500

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) setuju untuk mengkaji ulang batas bawah (treshold) harga barang bawaan penumpang yang terkena bea masuk.



Kolom

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!