Ekonomi
Share this on:

Gas Bumi PGN Bantu UKM Berhemat

  • Gas Bumi PGN Bantu UKM Berhemat
  • Gas Bumi PGN Bantu UKM Berhemat

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Persero) (PGN) terus berkomitmen memperluas jaringan dan pemanfaatan gas bumi ke berbagai segmen usaha dan masyarakat di berbagai daerah. Tak hanya ke sektor rumah tangga, usaha komersial, industri dan pembangkit listrik, gas bumi PGN juga dinikmati Usaha Kecil Menengah (UKM) seperti usaha laundry.

Seperti yang dilakukan JJ Laundry yang beralamat di Kampung Utama II Blok C No 1-2, Batam, Kepulauan Riau. Usaha laundry ini memanfaatkan gas bumi sebagai heater (pemanas), dryer (pengering), dan uap.

"Sebelumnya, operasional kami menggunakan LPG dan listrik. Tapi setelah dapat informasi kalau gas bumi bisa dimanfaatkan untuk mesin heater, dryer dan uap kami. Dan ternyata setelah kami hitung, penggunaan gas bumi lebih hemat 40-50 persen," ungkap pemilik JJ Laundry Jimmy, kemarin.

Jimmy mengatakan, para pelaku usaha seperti dirinya sangat beruntung dapat memanfaatkan gas bumi. Hal ini bisa terealisasi karena PGN mengembangkan infrastruktur gas bumi di daerah Nagoya, Batam.

"Selain hemat, kami juga tidak khawatir untuk selalu menyiapkan stok dan ruang penyimpanan LPG, karena menggunakan gas PGN hanya tinggal buka-tutup kran. Kami juga berharap dengan menggunakan gas bumi PGN dapat lebih memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan. Dengan kualitas yang lebih baik dan pelayanan yang lebih cepat," ujar Jimmy.

Sales Area Head PGN Batam Amin Hidayat mengungkapkan, di Batam, PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 4.670 rumah tangga, 28 pelanggan komersil seperti hotel, mal dan restoran, serta 55 industri dan pembangkit listrik.

Sedangkan Vice President Corporate Comunication PGN Irwan Andri Atmanto menambahkan, PGN merupakan bahan usaha gas bumi yang paling lengkap menyalurkan gas bumi seluruh pengguna gas, mulai dari rumah tangga, UKM, hotel, mal (pusat belanja), industri hingga pembangkit listrik dan transportasi.

Secara nasional, hingga saat ini PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 200.000 rumah tangga. Selain itu ke 1.929 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.630 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

"Pipa gas bumi yang dimiliki dan dioperasikan PGN saat ini sepanjang lebih dari 7.200 km atau sekitar 78 persen pipa gas bumi hilir nasional," tutup Irwan. (fol/jpg)

Berita Sebelumnya

Waspadai Pasokan Tinggi Properti
Waspadai Pasokan Tinggi Properti

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pengguna Gas Bumi Merosot

Pengguna Gas Bumi Merosot

Banyaknya industri yang menurunkan produksi membuat penggunaan gas bumi merosot pada masa Lebaran.


Pertamina Antisipasi Kelangkaan Elpiji dan BBM saat Lebaran

Pertamina Antisipasi Kelangkaan Elpiji dan BBM saat Lebaran

Jelang Ramadan dan Lebaran tahun ini, Pertamina akan menambah pasokan liqufied petroleum gas elpiji 15 persen.


2022 Blok Sakakemang Ditarget Rampung

2022 Blok Sakakemang Ditarget Rampung

Produksi pertama minyak dan gas di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan ditargetkan rampung kurang tiga tahun ke depan.


Sektor Mikro Serap KUR Paling Banyak

Sektor Mikro Serap KUR Paling Banyak

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) mencatat terbanyak realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di sektor usaha mikro.


Livina Ramaikan Pasar LMPV

Livina Ramaikan Pasar LMPV

Setelah beberapa tahun terakhir tertinggal dalam kompetisi bisnis otomotif, awal 2019 Nissan Indonesia langsung tancap gas.


Target Kapasitas PLTP Terpasang 1.057 Mw

Target Kapasitas PLTP Terpasang 1.057 Mw

Kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di Indonesia bakal ditingkatkan.


Incar Kerja Sama Migas di Timteng

Incar Kerja Sama Migas di Timteng

Pemerintah berupaya meningkatkan investasi subsektor minyak dan gas bumi (migas).


UKM Didorong Lebih Manfaatkan Teknologi Digital

UKM Didorong Lebih Manfaatkan Teknologi Digital

Perkembangan dunia digital memungkinkan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk tumbuh. Tidak terkecuali usaha yang dijalankan dari rumah oleh para perempuan.


Pelaku UKM Harus Melek Digital

Pelaku UKM Harus Melek Digital

Pelaku usaha, kecil, dan menengah (UKM) didorong untuk beradaptasi dengan teknologi.


Maksimalkan Energi Baru Terbarukan

Maksimalkan Energi Baru Terbarukan

Indonesia harus meningkatkan produksi energi baru dan terbarukan. Yaitu memanfaatkan cadangan dalam negeri untuk mengurangi impor minyak dan gas.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!