Ekonomi
Share this on:

Gencar Garap Pasar Ekspor

  • Gencar Garap Pasar Ekspor
  • Gencar Garap Pasar Ekspor

SURABAYA - Semen Indonesia (SMGR) aktif menggarap pasar luar negeri untuk meningkatkan penjualan. Hal itu sekaligus bentuk dukungan SMGR sebagai perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) untuk menggiatkan investasi dan ekspor.

Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso menyatakan, langkah tersebut merupakan bentuk pengembangan usaha di tengah persaingan pasar semen yang ketat di regional. Juga untuk memacu utilisasi pabrik dalam negeri.

’’Hingga akhir 2018, kami menargetkan penjualan ekspor 3,2 juta ton,’’ jelasnya.

Sepanjang Januari–Agustus 2018, Semen Indonesia mencatatkan penjualan ekspor 1,99 juta ton. Tumbuh 42,7 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 1,39 juta ton.

’’Pencapaian itu membuktikan bahwa kualitas produk yang kami hasilkan telah diakui serta memiliki daya saing tinggi,’’ ujar Hendi.

Pihaknya berkomitmen kuat untuk menjaga kelestarian lingkungan dalam setiap kegiatan operasional. Hendi menyebut negara tujuan ekspor yang semakin luas.

Di antaranya, Srilanka, Tahiti, Timor Leste, Tonga, Uni Emirat Arab, Yaman, Filipina, dan Tiongkok. SMGR juga mengirim produk ke Australia, Austria, Maladewa, India, serta Bangladesh.

Untuk lebih meningkatkan penjualan di pasar mancanegara, lanjut dia, Semen Indonesia terus memperkuat jaringan ekspor di negara-negara tujuan dan menjajaki berbagai negara lain. Selain itu, ikut aktif dalam kegiatan misi dagang.

Sementara itu, untuk lebih memperkuat pasar, SMGR juga gencar memperkenalkan berbagai inovasi. Salah satunya, Semen Indonesia Total Solution (SITOS). SITOS merupakan layanan terintegrasi dari hulu ke hilir yang meliputi produk semen, nonsemen, hingga jasa melalui jaringan operating company, anak perusahaan, dan afiliasinya.

’’Inovasi tersebut dapat membuat kami ikut berperan sebagai agen pembangunan,’’ ungkapnya. (car/c22/fal)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pacu Ekspor lewat Kawasan Berikat

Pacu Ekspor lewat Kawasan Berikat

Berbagai kemudahan diberikan kepada para pelaku usaha untuk memacu ekspor. Yang terbaru, pemerintah menerbitkan aturan anyar tentang Kawasan Berikat.


Ekspor Sawit Tak Dipungut Biaya

Ekspor Sawit Tak Dipungut Biaya

Pemerintah akan menyesuaikan pungutan ekspor oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) terhadap crude palm oil (CPO) dan produk turunannya.


Akses Pasar Eropa Makin Terbuka

Akses Pasar Eropa Makin Terbuka

Kerja sama perdagangan Indonesia dengan negara-negara Eropa bakal semakin kuat.


Pacu Ekspor, Perkuat Daya Saing

Pacu Ekspor, Perkuat Daya Saing

Sektor perikanan dan kelautan disebut-sebut sebagai salah satu pilar ekonomi. Menambah devisa dan mensejahterakan masyarakat.


Semen Indonesia Kuasai Pasar ASEAN

Semen Indonesia Kuasai Pasar ASEAN

Langkah PT Semen Indonesia (SMGR) mengakuisisi PT Holcim Indonesia (SMCB) akan menciptakan duopoli pemain besar.


Butuh Dorongan Investasi-Ekspor, Pemerintah Godok Aturan Baru

Butuh Dorongan Investasi-Ekspor, Pemerintah Godok Aturan Baru

Pertumbuhan investasi dan ekspor sedang melambat. Hal itu terlihat dari investasi pada kuartal III 2018 yang realisasinya Rp173,8 triliun.


Kinerja Ekspor Hambat Pertumbuhan Kuartal IV

Kinerja Ekspor Hambat Pertumbuhan Kuartal IV

Kinerja ekspor yang diperkirakan masih lebih rendah daripada impor bakal menjadi salah satu penghambat pertumbuhan pada kuartal terakhir tahun ini.


Ekspor Sepeda Motor Ditarget Tumbuh 10 Persen

Ekspor Sepeda Motor Ditarget Tumbuh 10 Persen

Iklim pasar roda dua di Indonesia dipacu. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meminta produsen sepeda motor atau agen pemegang merek (APM) bisa meningkatkan


Ekspor Kendaraan Terus Melaju

Ekspor Kendaraan Terus Melaju

Indonesia kini menjadi basis produksi otomotif global. Kali ini giliran PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang mengekspor produknya ke mancanegara.


Investigasi Internal, Lippo Group Mangkir

Investigasi Internal, Lippo Group Mangkir

Manajemen PT Lippo Cikarang (LPCK) tidak memenuhi panggilan otoritas pasar modal Indonesia.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!