Ekonomi
Share this on:

Genjot Daya Saing Milenial

  • Genjot Daya Saing Milenial
  • Genjot Daya Saing Milenial

** JAKARTA** - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno membuka program magang mahasiswa bersertifikat di Plaza Mandiri, Jakarta. Itu dilakukan untuk meningkatan produktivitas dan daya saing generasi muda.

Program di bawah Forum Human Capital Indonesia (FHCI) itu berkomitmen meningkatkan daya saing SDM untuk bersaing di pasar global. ”Program itu merupakan sinergi saling menguntungkan sekaligus menjadi alternatif sumber rekrutmen BUMN,” tutur Rini, belum lama ini.

Institusi pendidikan bilang Rini terlibat dalam program tersebut akan mendapat sejumlah manfaat. Yaitu peningkatan wawasan, pengetahuan dan keterampilan. Itu untuk semakin menyiapkan lulusan mahasiswa guna memasuki dunia kerja.

”Saya berharap program ini menghasilkan generasi penerus bangsa berdaya saing siap membangun bangsa dan negara,” harapnya.

Pihaknya sebut Rini akan terus mendorong sejumlah BUMN tidak sekadar melaksanakan tugas sebagai agen pembangunan. Namun, juga harus berperan dalam mendorong generasi muda berdaya saing tinggi. Dan, tetap menjadi tenaga pilihan terutama menghadapi era global.

”Pemerintah akan terus menambah jumlah BUMN terlibat sehingga semakin banyak mahasiswa berpartisipasi. Saya bangga ada 68 BUMN terlibat,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum FHCI Herdy Herman mengatakan, program itu dihelat dengan tujuan sebagai pengayaan wawasan. Sekaligus keterampilan memersiapkan mahasiswa masuk dunia kerja dalam menghadapi persaingan global berbekal sertifikat kompetensi.

Program magang gelombang pertama tahun ini telah terdaftar 2.732 mahasiswa dari 25 universitas negeri dan swasta. Peserta magang akan terdistribusi pada 68 perusahaan BUMN. ”Jumlah peserta terserap tahap pertama 2 ribu dari 2.732 permintaan. Hingga 2020 mendatang ditarget 20 ribu mahasiwa bergabung dalam program tersebut,” harapnya. (dai/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kejar Kenaikan Konsumsi

Kejar Kenaikan Konsumsi

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengejar kenaikan konsumsi listrik per kapita nasional menjadi 1.200 kilowatt hours (kWh) pada 2019.


Lebih Responsif Genjot Pasar Ekspor

Lebih Responsif Genjot Pasar Ekspor

Indonesia harus lebih responsif menyikapi perang dagang Amerika Serikat dengan Tiongkok.


Sambung Gratis, Tambah Subsidi Rp1,2 Triliun

Sambung Gratis, Tambah Subsidi Rp1,2 Triliun

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulkan tambahan subsidi listrik dalam RAPBN 2019 sebesar Rp 1,21 triliun.


Serap Tenaga Kerja, Dorong Daya Beli

Serap Tenaga Kerja, Dorong Daya Beli

Tidak hanya menyerap tenaga kerja, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga mendongkrak daya beli masyarakat.


Maksimalkan Dana Desa untuk Peningkatan SDM

Maksimalkan Dana Desa untuk Peningkatan SDM

Alokasi dana desa bakal lebih diarahkan pada peningkatan sumber daya manusia (SDM). Pemerintah pun siap menggelontorkan anggaran yang lebih besar.


Tak Naik, Tarif Listrik RI Kompetitif di ASEAN

Tak Naik, Tarif Listrik RI Kompetitif di ASEAN

Untuk menjaga daya beli masyarakat, Kementerian ESDM memastikan tidak ada kenaikan tarif listrik bagi pelanggan bersubsidi hingga 2019.


Genjot Transaksi Nontunai

Genjot Transaksi Nontunai

Bank Mandiri meluncurkan kartu e-money edisi Energy of Asia dan membuka ticket store untuk meramaikan perhelatan Asian Games.


RUU Pengairan Tak Prioritaskan Industri

RUU Pengairan Tak Prioritaskan Industri

Pelaku usaha masih berkeberatan mengenai sejumlah regulasi dalam RUU Sumber Daya Air (SDA) sebagai revisi UU Pengairan Tahun 1974.


Peritel Mulai Genjot Penjualan

Peritel Mulai Genjot Penjualan

Untuk menggenjot minat berbelanja, peritel agresif menggelar program undian.


Era Shifting, Jangan Salahkan Daya Beli

Era Shifting, Jangan Salahkan Daya Beli

Teknologi digital memantik gelombang disrupsi yang mengguncang banyak sektor industri.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!