Ekonomi
Share this on:

Harga Gabah Merosot Tajam

  • Harga Gabah Merosot Tajam
  • Harga Gabah Merosot Tajam

JAKARTA - Beberapa hari terakhir terjadi gejolak harga gabah. Saat musim panen di sejumlah daerah, harga gabah kering panen malah anjlok menjadi Rp2.500 per kg. Padahal, harga pemberian pemerintah (HPP) adalah Rp4.000 per kg.

Kasus anjloknya harga gabah, antara lain, terjadi di Jember, Jawa Timur. Sejumlah petani bahkan sempat demo dengan membakar gabah kering. Kasus serupa juga terjadi di Jombang.

Merosotnya harga gabah tersebut disinggung Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla (JK) dalam silaturahmi kebangsaan di Kota Makassar kemarin (31/3). Acara tersebut diselenggarakan oleh Jenggala Center Sulawesi Selatan.

Setelah menyampaikan pidato sekitar 20 menit, JK membuka sesi dialog. Seorang undangan mengeluhkan harga kebutuhan pokok. Termasuk di antaranya harga beras.

Menjawab keluhan tersebut, Wapres JK menuturkan bahwa komoditas beras berbeda dengan cokelat. Sebab, cokelat itu diimpor dan kalau harganya naik, pendapatan masyarakat ikut naik.

Sedangkan harga beras tidak demikian. Jika ada kenaikan harga, maka berpengaruh pada biaya hidup. "Ya 60 persen (pengeluaran, red) untuk makan. Maka ongkos hidupnya akan naik," jelasnya.

Sebaliknya, harga beras atau gabah tidak bisa begitu saja diturunkan. Sebab, jika harga beras atau gabah diturunkan, akan menimbulkan masalah di kalangan petani. "Maka di situlah fungsi Bulog (Badan Urusan Logistik)," kata JK.

Dia menegaskan bahwa tugas Bulog adalah membuat harga gabah atau beras menjadi stabil. JK mengingatkan, jika harga beras atau gabah di tingkat petani turun, maka Bulog membeli dari petani sesuai harga yang ditetapkan pemerintah.

Sebaliknya, ketika harga beras naik, Bulog melakukan operasi pasar. Caranya dengan menjual stok yang dimiliki Bulog ke masyarakat sesuai dengan harga acuan. "Saya pernah kepala Bulog. Meskipun enam bulan," tuturnya.

Meskipun begitu untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, pemerintah sudah memberikan sejumlah bantuan. Seperti beras murah dan program beras sejahtera (rastra). Selain itu juga masih ada sejumlah program bantuan sosial (bansos).

Terpisah Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Gatut Sumbogodjati mengaku pihaknya terus melakukan pemantauan atas kondisi yang ada.

"Kami datang ke sejumlah daerah memantau hasil panen. Salah satunya di Jember beberapa hari lalu. Kami juga mengecek bantuan pemerintah yang diberikan kepada petani apakah dimanfaatkan secara optimal atau tidak," terangnya.

Kementan turun ke lapangan bukan khusus untuk merespons aksi demonstrasi para petani Jember, namun untuk mengecek langsung bahwa di sejumlah daerah, termasuk di Kabupaten Jember sudah panen. Kemudian memantau harga gabah di tingkat petani, bantuan pemerintah dimanfaatkan dengan baik, agar penghasilan petani bisa meningkat dan sejahtera.

"Tahun ini, Kementan akan memberikan bantuan kepada petani sebanyak 1.000 unit pengering dan alat tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal saat panen dengan kondisi musim hujan seperti saat ini di Jember, sehingga petani bisa menjual gabah ke Bulog dalam bentuk gabah kering giling (GKG) yang harganya lebih tinggi dan dapat memutus rantai distribusi," katanya.

Sementara Kepala Pusat Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Andriko Noto Susanto mengatakan ada pesan dari Menteri Pertanian, bahwa harga gabah di tingkat petani diharapkan tidak boleh rendah dari Rp4.070 per kilogram karena dapat merugikan petani.

"Kasihan petani, sudah menanam capek-capek, namun hasilnya tidak sesuai dengan BEP. Pak Menteri juga sudah memberikan instruksi agar Bulog menyerap gabah petani dan hari ini kami menyaksikan transaksi pembelian gabah petani oleh Bulog Jember, serta Perpadi Jember juga siap menyerap gabah petani," katanya.

Andriko juga minta petani meningkatkan kualitas padinya, agar gabah yang dijualnya bisa dihargai lebih tinggi oleh Bulog dan mitranya karena jenis padi apapun akan dibeli oleh Bulog dengan harga sesuai ketentuan minimal Rp3.700 per kilogram, bahkan Perpadi Jember siap membeli harga gabah hingga Rp4.100 per kilogram

Sebelumnya menyikapi anjloknya harga gabah, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyerukan larangan transaksi gabah yang tidak sesuai Keputusan Presiden. Menurut Asman di regulasi tersebut, harga terendah gabah adalah Rp4.070 per kg. (rls/ful/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Naik MRT Dapat Potongan 50 Persen
Naik MRT Dapat Potongan 50 Persen

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kerek Harga Cabai, Pemerintah Harus Bangun Rumah Plastik

Kerek Harga Cabai, Pemerintah Harus Bangun Rumah Plastik

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan sejumlah upaya untuk menstabilkan harga cabai yang melonjak tinggi


Agustus, Harga Cabai Dipastikan Stabil

Agustus, Harga Cabai Dipastikan Stabil

Kenaikan harga cabai sejak tiga bulan lalu membuat masyarakat resah.


Kurs Rupiah Tinggi, Listrik Batal Naik Tahun Depan

Kurs Rupiah Tinggi, Listrik Batal Naik Tahun Depan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memperkirakan jika kurs rupiah terus menguat dan harga minyak tidak menurun


Lagi, Data Kementerian Tak Sinkron, Impor Garam Berlebih

Lagi, Data Kementerian Tak Sinkron, Impor Garam Berlebih

Setelah persoalan harga ayam telah selesai, kini muncul masalah baru yakni harga garam yang anjlok di tingkat petani.


Tarif Ojol Tak Boleh Jor-joran Beri Promo

Tarif Ojol Tak Boleh Jor-joran Beri Promo

Pemerintah mengimbau perusahaan aplikasi penyedia layanan transportasi untuk tidak jor-joran memberi harga promo atau diskon kepada konsumen.


Desak Ritel Beli Ayam Peternak

Desak Ritel Beli Ayam Peternak

Lebih dari sepekan, jawaban atas anjloknya harga ayam ras potong di pasaran belum mendapat respon serius dari pemerintah.


Inflasi Diprediksi Melonjak, Jika Harga BBM Subsidi Naik

Inflasi Diprediksi Melonjak, Jika Harga BBM Subsidi Naik

Pemerintah tengah was-was inflasi lebih tinggi dari proyeksi pemerintah tahun ini sebesar Rp3,5 persen.


Hari Ini, Tiket LCC Domestik Turun

Hari Ini, Tiket LCC Domestik Turun

Maskapai penerbangan berbiaya murah atau Low-Cost Carrier (LCC) diimbau segera menurunkan harga tiket domestik.


Pemerintah Dinilai Tak Paham Persoalan Maskapai

Pemerintah Dinilai Tak Paham Persoalan Maskapai

Keputusan pemerintah menurunkan harga tarif pesawat untuk kategori maskapai berbiaya rendah atau Low Cost Carrier (LCC) domestik, menuai kritikan.


Kementan Janji Stabilkan Harga Ayam

Kementan Janji Stabilkan Harga Ayam

Anjloknya harga ayam broiler di sejumlah wilayah di Pulau Jawa saat ini terparah dibandingkan terjadi belum lama ini.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!