Ekonomi
Share this on:

Hari Ini, GIIAS Jakarta 2019 Dibuka

  • Hari Ini, GIIAS Jakarta 2019 Dibuka
  • Hari Ini, GIIAS Jakarta 2019 Dibuka

JAKARTA - Hari ini, Kamis (18/7) hingga 28 Juli mendatang, pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) resmi dibuka di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Informasi terakhir, pameran otomotif terbesar tanah air ini akan dibuka Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Tercatat, total ada 25 merek kendaraan penumpang dan komersial yang akan berpartisipasi di GIIAS 2019. Ke-25 merek itu terdiri dari merek-merek kendaraan penumpang seperti Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda dan Hyundai.

Ada juga Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling, serta merek-merek kendaraan komersial yaitu FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks.

Sedangkan untuk kategori sepeda motor, akan ada 11 merek yang turut serta, yakni Benelli, Harley-Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar. Selain itu, ada pula tiga perusahaan karoseri yang bergabung di GIIAS 2019, yaitu Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.

Di GIIAS tahun lalu, Suzuki sempat memamerkan prototipe Jimny yang kemudian menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta otomotif. Maklum, Jimny merupakan salah satu legenda keluaran Suzuki yang hingga kini masih menjadi buruan banyak orang.

Nah, di GIIAS tahun ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dikabarkan bakal menjual Jimny terbaru untuk pasar Indonesia. SUV ikonik Suzuki berpenggerak 4x4 itu rencananya diimpor langsung dari Jepang. Bahkan pemesannya pun dikabarkan sudah cukup banyak.

Sementara itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) akan menjadikan GIIAS Jakarta 2019 untuk mendongkrak penjualan. Di semester awal ini, HPM mencatat penjualan sebesar 59.087 unit di Indonesia dengan Honda Brio Satya sebagai tulang punggung penjualan.

"Kami yakin tren (penjualan) itu akan terus membaik pada paruh kedua tahun ini. Terutama didukung dengan penyegaran produk dan pameran otomotif seperti GIIAS yang akan digelar pada Juli," kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna-Jual PT HPM Jonfis Fandy, kemarin (17/7).

Optimisme Jonfis itu muncul menyusul angka penjualan kendaraan-kendaraan HPM masih positif meskipun pasar otomotif di Indonesia masih lesu dibanding periode yang sama pada 2018.

Pada periode Januari-Juni 2019, Honda Brio City yang masuk segmen Low Cost Green Car (LCGC) mencatatkan penjualan sebanyak 39 persen atau sekitar 23.338 unit dari total penjualan HPM. Sedangkan Brio RS mencatatkan penjualan 6.543 unit, sekaligus menjadi pemimpin pasar segmen city car dengan pangsa pasar 57 persen.

Tren positif penjualan juga diikuti model lain Honda seperti Honda Mobilio yang menyumbang penjualan sebanyak 8.243 unit atau 14 persen dari total penjualan Honda. Sedangkan Honda HR-V 1.5L yang terjual sebanyak 7.396 unit atau 13 persen dari total penjualan Honda.

Secara total, model Honda Brio mencatat penjualan sebesar 29.881 unit, menjadikan kendaraan ini berada di posisi ketiga mobil terlaris di Indonesia pada tahun ini.

Tahun ini, Astra Financial didukung enam lembaga jasa keuangan (LJK) kembali menjadi sponsor utama GIIAS 2019 yang digelar di tiga kota. Ketiga kota tersebut adalah Surabaya, Jakarta dan Medan. Astra Financial mendapat kontrak selama tiga tahun untuk menggelar GIIAS. Ke enam LJK itu adalah Permata Bank, Astra Credit Companies (ACC), FIFGROUP, Toyota Astra Financial Services (TAF), dan Astra Life.

Chief Astra Financial Adi Sepiarso mengatakan, pada tahun kedua sebagai sponsor utama GIIAS 2019, Astra Financial akan menawarkan berbagai program menarik sesuai dengan komitmen untuk memajukan industri otomotif nasional, khususnya yang berkaitan dengan layanan keuangan yang secara sinergis sesuai dengan kompetensi enam LJK dalam Astra Financial.

"Selain itu kehadiran kami juga untuk mewujudkan misi menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan Indonesia," kata Adi Sepiarso.

Seirama dengan tema GIIAS 2019 Future in Motion yang erat kaitannya dengan inovasi terbaru dan digitalisasi di industri otomotif, Astra Financial tahun ini mengangkat tema 'Inspiring Financial Solution' yang merupakan perwujudan dari value proposition Astra Financial yaitu Best Value, Integrated, dan Speed.

Saat ini, digitalisasi produk dan layanan, tidak hanya terjadi di industri otomotif, namun juga di industri keuangan, di era Industri 4.0, Astra Financial yang merupakan Divisi Jasa keuangan PT Astra International tbk, senantiasa melakukan digitalisasi produk dan layanan untuk menjadi mitra keuangan bagi para pelanggan.

Wujud digitalisasi ini terefleksi dalam enam booth Astra Financial yang menampilkan aplikasi digital yang menjadi solusi bagi pelanggan untuk mendapatkan layanan dari Lembaga Jasa Keuangan Astra Financial. (fin/ima)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Promo Gebyar Kemerdekaan 2019, Cara Mudah Tambah Daya Listrik

Promo Gebyar Kemerdekaan 2019, Cara Mudah Tambah Daya Listrik

Merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke-74, PLN memberikan kado istimewa bagi pelanggan dan calon pelanggan di seluruh Indonesia


Krisis Garam Industri, 180 Karyawan di-PHK

Krisis Garam Industri, 180 Karyawan di-PHK

Saat ini stok garam industri sebanyak 77 ribu ton. Angka ini akan habis pada September mendatang.


Pemerintah Targetkan Kepemilikan Utang Asing 20 Persen

Pemerintah Targetkan Kepemilikan Utang Asing 20 Persen

Saat ini kepemilikan utang asing dalam Surat Utang Negara (SUN) di Indonesia mencapai Rp1.005 triliun atau 38,49 persen.


Impor Naik 34,96 Persen di Juli 2019

Impor Naik 34,96 Persen di Juli 2019

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor sepanjang bulan Juli masih tinggi, yakni 34,96 persen menjadi 15,51 miliar dolar


Antisipasi Blackout, PLN Bakal Tanam Kabel Listrik Bawah Laut

Antisipasi Blackout, PLN Bakal Tanam Kabel Listrik Bawah Laut

Untuk antisipasi insiden blackout listrik yang terjadi separuh di Pulau Jawa dan se Jabodetabek pada 4-5 Agustus 2019 lalu, PT PLN (Persero)


Ribetnya Regulasi Bikin Hambat Investasi

Ribetnya Regulasi Bikin Hambat Investasi

Bank Indonesia (BI) menyebutkan investasi di kuartal II tahun ini bergerak tipis 5,01 persen atau lebih rendah


Idul Adha 1440 H, Telkomsel Jateng & DIY Bagikan 57 Hewan Kurban

Idul Adha 1440 H, Telkomsel Jateng & DIY Bagikan 57 Hewan Kurban

Pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H Tahun 2019, Telkomsel Regional Jawa Tengah dan DIY membagikan bantuan hewan kurban


Idul Kurban Sumbang Inflasi

Idul Kurban Sumbang Inflasi

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti menyebutkan Hari Raya Idul Adha menyumbang inflasi sepanjang bulan Agustus 2019.


Ini Lima Jurus Jitu Genjot Ekspor Pertanian

Ini Lima Jurus Jitu Genjot Ekspor Pertanian

Sesuai arahan Presiden Jokowi, Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian terus berupaya meningkatkan volume ekspor produk pertanian.


Defisit Transaksi Berjalan 3,04 Persen Masuk Bahaya

Defisit Transaksi Berjalan 3,04 Persen Masuk Bahaya

Bank Indonesia (BI) mencatat defisit neraca transaksi berjalan pada kuartal II 2019 sebesar 8,4 miliar dolar AS atau setara 3,04 persen



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!