Ekonomi
Share this on:

Inalum Siap Lunasi Divestasi Freeport

  • Inalum Siap Lunasi Divestasi Freeport
  • Inalum Siap Lunasi Divestasi Freeport

JAKARTA - Proses divestasi saham PT Freeport Indonesia (PTFI) telah memasuki tahap akhir. PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) siap membayar divestasi tersebut melalui penerbitan obligasi global di bursa Singapura.

Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya siap melakukan pembayaran setelah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan IUPK (izin usaha pertambangan khusus) permanen kepada PT Freeport Indonesia.

’’Freeport dan ESDM perlu diskusi untuk menyelesaikan urusan antarmereka. Kalau sudah selesai, kita bayar,’’ ujarnya kemarin (16/11). Adanya global bond pun otomatis menggugurkan niat Inalum guna memperoleh pendanaan divestasi dari sindikasi perbankan asing.

Inalum memperoleh pendanaan dari penerbitan obligasi global senilai USD 4 miliar. Angka itu melebihi kebutuhan perseroan untuk akuisisi saham perusahaan tambang terbesar kedua di dunia tersebut senilai USD 3,85 miliar.

’’Permintaannya oversubscribe. Bagusnya bond itu kan bunganya fix. Kalau perbankan, bunganya tergantung LIBOR,’’ ungkapnya. Saat ini tren LIBOR (London Interbank Offered Rate) naik.

Selain itu, global bond lebih bagus bagi arus kas perusahaan. Sebab, pinjaman perbankan mewajibkan cicilan pokok setiap enam bulan atau setiap tahun. Jika dalam bentuk obligasi, pokoknya dibayar di akhir.

’’Ini bond terbesar di Indonesia. Di dunia nomor 6 untuk tambang dalam 10 tahun terakhir,’’ kata Budi.

Inalum memperkirakan laba perseroan tahun ini bisa menembus Rp10 triliun. Selama semester pertama, perseroan berhasil mendapat laba Rp5,4 triliun. Dia menyatakan, pinjaman tersebut juga menambah aset Inalum.

’’Aset kami awalnya Rp100 triliun, tetapi kemarin malam bertambah jadi Rp160 triliun karena utangnya dihitung masuk,’’ imbuhnya.

Juru Bicara PTFI Riza Pratama mengatakan, saat ini pembahasan mengenai persoalan lingkungan antara PTFI dan pemerintah terus berlangsung. ’’Proses negosiasi dengan pemerintah seperti yang saya infokan sebelumnya. Terdiri atas lima pokok, divestasi, smelter, peningkatan penerimaan negara, stabilitas investasi, kelangsungan operasi sampai 2041. Semuanya diselesaikan dalam satu transaksi,’’ imbuhnya.

Sebelumnya, Inalum menandatangani perjanjian SPA (sales purchase agreement) dengan Freeport McMoran guna menuntaskan proses akuisisi 51 persen saham PTFI. Perjanjian itu juga merupakan perjanjian terakhir yang dilakukan kedua pihak guna menyelesaikan proses divestasi.

Selain itu, awal November lalu PTFI mendapat perpanjangan IUPK sementara dari Kementerian ESDM. Perpanjangan itu merupakan kali kedelapan lantaran belum selesainya masalah lingkungan yang menjerat Freeport. Yakni, penanganan limbah harus diselesaikan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Limbah tersebut merupakan akibat aktivitas produksi tembaga Freeport di Papua. (vir/c19/oki/jpg)

Berita Sebelumnya

Impor Migas Dominasi Defisit
Impor Migas Dominasi Defisit

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Permudah Izin Usaha, Pemerintah Siap Revisi Perda

Permudah Izin Usaha, Pemerintah Siap Revisi Perda

Sejak awal tahun kemarin Presiden Joko Widodo (Joko Widodo) sudah meminta kepada pejabat daerah agar mempermudah proses izin usaha.


Tiga Maskapai Asing Siap Bersaing di Indonesia

Tiga Maskapai Asing Siap Bersaing di Indonesia

Tidak lama pemerintah mengeluarkan wacana mengundang maskapai asing untuk masuk ke Indonesia, ternyata sudah ada tiga maskapai asing yang siap bersaing.


BEI Siap Putuskan Kejanggalan Laporan Keuangan Garuda

BEI Siap Putuskan Kejanggalan Laporan Keuangan Garuda

Sejumlah pihak melakukan penelusaran terkait ketidakberesan laporan keuangan Garuda Indonesia.


Diprotes, Menhub Budi Siap Evaluasi Tarif Ojek Online

Diprotes, Menhub Budi Siap Evaluasi Tarif Ojek Online

Diprotes pengguna ojek online, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berjanji akan melakukan evaluasi tarif ojek daring.


Pemerintah Siap Benahi Persoalan Tarif Pesawat

Pemerintah Siap Benahi Persoalan Tarif Pesawat

Kementerian Perhubungan seperti tidak mampu membereskan masalah mahalnya tiket pesawat.



88 Persen Jamaah Lunasi Biaya Haji 2019 Sudah

88 Persen Jamaah Lunasi Biaya Haji 2019 Sudah

Proses pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1440 H/2019 M saya akan selesai pada 15 April mendatang.


Sudah 153 Ribu Calon Jamaah Haji Lunasi BPIH

Sudah 153 Ribu Calon Jamaah Haji Lunasi BPIH

Pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) reguler 2019 ditutup sekitar sepuluh hari lagi.


Gaji PNS Naik 5% Siap Dicairkan

Gaji PNS Naik 5% Siap Dicairkan

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) siap mencairkan gaji pokok baru dan rapel sejak Januari 2019.


Baru 52,85 Persen Jamaah Haji yang Lunasi Biaya Haji 2019

Baru 52,85 Persen Jamaah Haji yang Lunasi Biaya Haji 2019

Setelah sepekan pelayanan pelunasan BPIH untuk jamaah haji reguler, tercatat lebih dari 107.818 dari 204.000 jamaah haji yang sudah melakukan pelunasan.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!