Ekonomi
Share this on:

Indonesia Didesak Boikot Produk-produk Eropa

  • Indonesia Didesak Boikot Produk-produk Eropa
  • Indonesia Didesak Boikot Produk-produk Eropa

JAKARTA - Pertemuan Indonesia dengan Malaysia serta negara-negara lain terkait diskriminasi minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Salah satunya dari ekonom Institute for Development of Economics (Indef) Bhima Yudhistira yang menilai pertemuan dengan negara-negara gabungan penghasil CPO untuk memperjuangkan produk kelapa sawit dan turunannya akan diperhitungkan.

karena bukan hanya Indonesia saja, tapi ada Malaysia juga di situ yang kita ketahui Indonesia dengan Malaysia mungkin sekitar 80% lebih hasil ekspor sawit terbesar di dunia, kata Bhima kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Rabu (10/4).

Lanjut Bhima, dengan adanya komunikasi dan koordinasi yang baik antara Indonesia dengan negara-negara gabungan penghasil CPO, maka akan berdampak tekanan politis kepada Uni Eropa agar kembali merevisi kembali aturan tentang Renewable Energy Directive II, Delegated Act (RED II).

Hasil pertemuan, kata Bhima, harus segera direalisasikan, misalkan antara Indonesia dan Malaysia untuk menyepakati pemboikotan produk-produk asal Eropa, sehingga Uni Eropa akan berpikir kembali berhadapan dengan Indonesia dan Malaysia dalam konflik dagang.

"Karena pasar kedua negara ini kan juga cukup besar. Jadi kalau ada aksi yang bersama bisa juga nanti berujung pada mengangkat isu ini ke PBB maupun isu ini kepada forum ASEAN atau APEC," ujar Bhima.

"Sehingga daya tawar bisa meningkat, dan Indonesia dan Malaysia mungkin juga bisa melakukan somasi, yaitu dengan mengirim lawyer lawyer-nya atau tim ahli rundingnya yang difasilitasi oleh kedua negara melalui profesi ini jadi misinya Saya kira cukup bagus tinggal diteruskan, tambah Bhima.

Terkaitan pernyataan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan yang mengancam akan memboikot produk-produk Uni Eropa di dalam negeri, Bhima, minta jangan hanya menggertak saja, tapi segera dilakukan. "Saya kira Jangan hanya gertak sambal tapi harus ada tindakan. Padahal realisasi bisa saja langsung bisa kan produk-produk dari Eropa bukan hanya pesawat Airbus, tapi juga Wine dan sebagainya itu udah langsung dinaikkan aja bea masuknya. Jadi harus ada langkah-langkah aksi kongkrit, jangan hanya gertak sambal saja" ucap Bhima.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution memimpin delegasi Indonesia di Brussels, Belgia selama dua hari, 8 hingga 9 April kemarin. Tujuannya adalah menentang diskriminasi CPO. Rombongan Indonesia datang bersamaan delegasi Malaysia.

Mereka melakukan pertemuan dengan komisi, parlemen, Dewan Eropa, dan berbagai stakeholder yang terlibat dalam rantai pasok industri sawit di pasar Uni Eropa. Hasil pertemuan tersebut, Suplemen Resolusi petunjuk Tambahan 2018/2001 Uni Eropa mengenai Energi Terbarukan (Renewable Energy Directive II, Delegated Act).

Isi dari resolusi itu melarang penggunaan minyak sawit yang dipandang CPOPC aturan tersebut sebagai kompromi politik di Uni Eropa yang bertujuan mengisolasi dan mengecualikan minyak kelapa sawit dari sektor energi terbarukan.(ibl/din/zul/fin)


Berita Sejenis

Sharp Indonesia Persiapkan Lulusan Siap Kerja di Banjarmasin

Sharp Indonesia Persiapkan Lulusan Siap Kerja di Banjarmasin

Keterampilan dan kemandirian siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia masih memerlukan perhatian khusus


Rugikan Negara, Penjualan Kartu Perdana Operator Arab Saudi di RI

Rugikan Negara, Penjualan Kartu Perdana Operator Arab Saudi di RI

Para calon jamaah haji Indonesia sudah mulai diberangkatkan ke Tanah Suci.


UEA Sepakati Investasi Rp125,5 Triliun

UEA Sepakati Investasi Rp125,5 Triliun

Pemerintah dan kalangan dunia usaha Uni Emirat Arab (UEA) telah menyepakati komitmen investasi kepada pemerintah Indonesia.


Damai, Garuda Indonesia Cabut Laporan Kasus Menu Makanan

Damai, Garuda Indonesia Cabut Laporan Kasus Menu Makanan

Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara bersama Hotman Paris menjadi juru damai terkait kasus menu makanan yang diunggah Youtuber Rius Vernandes.


Umrah Online Didesak Dibatalkan

Umrah Online Didesak Dibatalkan

Penolakan travel umrah konvensional terkait rencana pemerintah menjembatani Tokopedia dan Traveloka untuk menggarap umrah digital didukung anggota DPR.


Akhirnya, Mazda3 Meluncur ke Pasaran

Akhirnya, Mazda3 Meluncur ke Pasaran

Setelah ditunggu-tunggu, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai agen pemegang merek Mazda di Indonesia memperkenalkan All-New Mazda3


Sharp Indonesia Tambah Lini Produksi Mesin Cuci Satu Tabung

Sharp Indonesia Tambah Lini Produksi Mesin Cuci Satu Tabung

Sukses menyita perhatian konsumen tanah air dengan jajaran produk elektronik yang diproduksi dalam negeri dengan menguasai lebih dari 25 persen.


Hari Ini, GIIAS Jakarta 2019 Dibuka

Hari Ini, GIIAS Jakarta 2019 Dibuka

Hari ini, Kamis (18/7) hingga 28 Juli mendatang, pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) resmi dibuka di Indonesia.


Pemerintah Siapkan 4 Jurus Tingkatkan Mutu Ekonomi

Pemerintah Siapkan 4 Jurus Tingkatkan Mutu Ekonomi

Untuk meningkatkan mutu ekonomi Indonesia, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menyiapkan empat jurus jitu yakni daya saing, produktivitas, inovasi dan riset.


Pengembalian Utang Kereta Cepat Makan Waktu 200 Tahun

Pengembalian Utang Kereta Cepat Makan Waktu 200 Tahun

Indonesia akan menjadi negara pertama di ASEAN yang memiliki kereta cepat seperti Jepang dengan Shinkansen-nya.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Digital Interaktif. GRATIS

Edisi 1 Januari 1970

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!