Ekonomi
Share this on:

Industri Digital Tumbuh 11 persen

  • Industri Digital Tumbuh 11 persen
  • Industri Digital Tumbuh 11 persen

JAKARTA - Kementrian Perindustrian (Kemenperin) memproyeksi industri digital tumbuh di atas 11 persen per tahun. Proyeksi itu mulai terjadi edisi tahun depan. Pemicunya, seluruh nusantara akan terhubung jaringan internet.

Sejak enam tahun terakhir, industri digital tumbuh 9,98-10,7 persen per tahun. Kondisi itu dua kali lipat dibanding pertumbuhan ekonomi nasional. Sejumlah perusahaan startup e-commerce dirintis generasi milenial.

”Generasi milenial perlu didorong supaya secara bisnis bisa bertahan lama,” tutur Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto belum lama ini.

Merujuk riset terbaru Google dan Temasek, nilai investasi masuk startup mencapai USD 12 miliar sepanjang 2016 hingga kuartal III tahun 2017. Dari total dana itu, 34 persen atau USD 4,08 miliar masuk Indonesia.

Diperkirakan, nilai investasi semakin besar, setelah kuartal III 2017 sudah ada dana USD 7 miliar mengalir Asia Tenggara. Mayoritas investasi masuk startup menyandang status Unicorn atau memiliki valuasi lebih dari USD 1 miliar. Keempat Unicorn Indonesia itu adalah Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.

Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) mencatat, terdapat 305 perusahaan jasa industri digital domestik dengan beragam jenis core business. Jenis industri digital meliputi industri perbankan, advertising, trading, dailydeals, directory, infrastruktur digital, sistem operasi, mesin pencarian, konsultan IT, marketplace, online retail, payment gateway, dan travel.

Pemerintah tenagh berusaha menarik lebih banyak minat investor. Beragam cara dilakukan mulai pembangunan infrastruktur hingga fasilitas perizinan. Pelaku industri kecil dan menengah (IKM) juga dirangkul untuk mengembangkan era digital macam kemajuan teknologi artificial intelligent, robotic, dan 3D printing.

”Kami sudah menyiapkan pembangunan Nongsa Digital Park (NDP) di Batam, sebagai basis pelaku industri kreatif di bidang digital,” imbuhnya.

Sejauh ini, Kemenperin telah mengimplementasi ekonomi digital, antara lain melakukan pemilihan sektor industri menuju sistem Industri 4.0. Sektor itu meliputi industri makanan dan minuman (mamin), elektronik, dan otomotif. Kemudian telah mencanangkan program e-Smart IKM supaya tidak tertinggal.

Program itu memanfaatkan platform digital melalui fasilitasi kerja sama antara IKM dengan perusahaan start-up khususnya bergerak di bidang e-commerce dan perusahaan ekspedisi. ”Kami optimistis populasi besar menjadi modal berharga era ekonomi digital,” ungkapnya. (far/jpg)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pemulihan Komoditas Dorong Properti

Pemulihan Komoditas Dorong Properti

Kredit properti pada Januari–November 2017 mencapai 10,28 persen.


Swasta Tak Bisa Beli Saham Freeport

Swasta Tak Bisa Beli Saham Freeport

PT Freeport Indonesia, akan bekerja sama dengan BUMD pemerintah Provinsi Papua, yakni PT Papua Divestasi Mandiri, pengambilan saham 10 persen porsi daerah.


BPR Transformasi ke Ekonomi Digital

BPR Transformasi ke Ekonomi Digital

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) melakukan transformasi dengan meningkatkan layanan berbasis digital.


Penerimaan Pajak Meningkat berkat Tax Amnesty

Penerimaan Pajak Meningkat berkat Tax Amnesty

Realisasi penerimaan pajak hingga 31 Desember 2017 mencapai Rp1.151 triliun atau 89,7 persen dari target dalam APBNP 2017 sebesar Rp1.283,6 triliun.


Perekonomian 2018 Akan Lebih Baik

Perekonomian 2018 Akan Lebih Baik

Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Benny Pasaribu optimistis prospek ekonomi Indonesia tahun 2018 akan lebih baik dari pada tahun 2017.


Gas Bumi Masih Jadi Andalan

Gas Bumi Masih Jadi Andalan

Tantangan utama pemerintah saat ini dalam mempercepat pembangunan dan menggairahkan sektoe industri adalah menjamin ketersediaan energi.


Tarif LRT Disubsidi 50 Persen

Tarif LRT Disubsidi 50 Persen

Tarif Kereta Api Ringan/Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) bakal mendapat subsidi dari pemerintah.


Kebutuhan Gula Industri Diprediksi 3,6 Juta Ton

Kebutuhan Gula Industri Diprediksi 3,6 Juta Ton

Pemerintah memperkirakan konsumsi gula mentah untuk kebutuhan industri meningkat pada 2018. Yakni mencapai 3,6 juta ton.


Laba Bank Syariah Masih Tumbuh

Laba Bank Syariah Masih Tumbuh

Pendapatan industri perbankan syariah lesu. Pada kuartal III 2016, perbankan syariah mencatat pendapatan Rp23,56 triliun.


Subsidi Tambah Rp1 Triliun, Konsumsi Elpiji 3 Kg Bengkak

Subsidi Tambah Rp1 Triliun, Konsumsi Elpiji 3 Kg Bengkak

Penyaluran elpiji tabung 3 kg bersubsidi hingga akhir tahun diperkirakan membengkak 1,6 persen dari kuota yang ditetapkan.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!