Ekonomi
Share this on:

Inovasi Dorong Pertumbuhan Properti

  • Inovasi Dorong Pertumbuhan Properti
  • Inovasi Dorong Pertumbuhan Properti

Ilustrasi.

SIDOARJO - Sepanjang kuartal pertama 2018, Ciputra Group menunjukkan kinerja positif. Pertumbuhannya lebih tinggi hampir 40 persen daripada kuartal pertama 2017. Peluncuran beberapa proyek di grup Ciputra mendorong peningkatan tersebut.

Managing Director Ciputra Group Subholding II Harun Hajadi mengatakan, pertumbuhan itu tidak lepas dari inovasi dan kreativitas yang diusung pada setiap proyek. Tahun ini pihaknya optimistis meraih pertumbuhan 18 persen.

”Tahun lalu tumbuh 13 persen daripada 2016,” ujarnya saat launching flyover Citra Harmoni kemarin (25/5).

Optimisme tersebut didorong terobosan-terobosan baru. Baik dari jenis produk, harga, maupun promosi. Nilai pertumbuhannya diprediksi mencapai Rp8,5 triliun. Naik dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp7,45 triliun.

”Pertumbuhan tertinggi di segmen landed house yang mencapai 90 persen. Sebanyak 10 persennya apartemen,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, lokasi Surabaya dan sekitarnya berkontribusi cukup besar. Yakni, mencapai 30 persen. Selebihnya disumbang dari banyak proyek di berbagai daerah. Menurut Harun, pasar Surabaya dan sekitarnya cukup potensial.

Meski begitu, pasar properti memang tidak bisa diharapkan selalu booming. Adakalanya biasa-biasa saja atau normal. Karena itu, inovasi sangat diperlukan.

Tahun ini belanja modal (capex) sebesar Rp2 triliun. Sebagian besar dialokasikan untuk menyelesaikan proyek-proyek yang ada. Hanya 15 persen yang digunakan untuk membeli tanah. ”Untuk tanah, lebih join pada orang-orang yang punya tanah. Capex untuk membangun,” katanya.

Salah satu proyek yang membutuhkan alokasi dana cukup besar adalah CitraLand City Losari di Makassar. Nilainya hampir Rp 1 triliun. Terutama untuk reklamasi seluas 157 hektare. Selebihnya digunakan untuk proyek-proyek lain di berbagai daerah.

Sementara itu, terkait dengan launching flyover, General Manager Citra Harmoni Hartono Winarko mengatakan, sarana tersebut menjadi nilai tambah bagi Citra Harmoni. Flyover yang menghubungkan area komersial dengan area hunian serta berada di tepi Jalan Raya Surabaya–Krian itu menjadi ikon tersendiri.

Harapannya, nilai jual produk yang ditawarkan bisa terdongkrak. ”Pembangunannya selama delapan bulan. Investasi pembangunan flyover mencapai Rp14 miliar,” jelasnya. (puj/c11/fal/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Infrastruktur Optimalkan Pembiayaan Syariah

Infrastruktur Optimalkan Pembiayaan Syariah

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan inovasi dalam otomasi pengelolaan surat berharga syariah negara (SBSN).


Produk UKM Sulit Bersaing

Produk UKM Sulit Bersaing

Pertumbuhan e-commerce berkembang begitu pesat. Kondisi itu perlu diikuti regulasi jelas.


Kebut Pertumbuhan, Indonesia Perbaiki SDM

Kebut Pertumbuhan, Indonesia Perbaiki SDM

Human capital index (HCI) yang dirilis World Bank menempatkan Indonesia pada peringkat ke-87 dari 157 negara dengan nilai 0,53.


Butuh Dorongan Investasi-Ekspor, Pemerintah Godok Aturan Baru

Butuh Dorongan Investasi-Ekspor, Pemerintah Godok Aturan Baru

Pertumbuhan investasi dan ekspor sedang melambat. Hal itu terlihat dari investasi pada kuartal III 2018 yang realisasinya Rp173,8 triliun.


Perbankan Jadi Penopang

Perbankan Jadi Penopang

Perbankan menjadi salah satu sektor yang menopang pertumbuhan indeks secara umum.


Kinerja Ekspor Hambat Pertumbuhan Kuartal IV

Kinerja Ekspor Hambat Pertumbuhan Kuartal IV

Kinerja ekspor yang diperkirakan masih lebih rendah daripada impor bakal menjadi salah satu penghambat pertumbuhan pada kuartal terakhir tahun ini.


Dorong Anak Muda Jadi Pengusaha Properti

Dorong Anak Muda Jadi Pengusaha Properti

Selisih kebutuhan rumah dengan kapasitas pengembang masih cukup lebar.


Insentif Pajak Dorong Perekonomian Lebih Cepat

Insentif Pajak Dorong Perekonomian Lebih Cepat

Pemerintah kehilangan potensi penerimaan Rp298,3 triliun akibat pemberian insentif kepada wajib pajak (WP).


Implementasi Butuh Payung Hukum

Implementasi Butuh Payung Hukum

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital, pemerintah diharapkan dinamis dalam mengembangkan regulasi untuk memayungi implementasi teknologi.


Properti Perluas Target Market

Properti Perluas Target Market

Menyiasati kondisi pasar yang melambat, CitraLand GreenLake memperluas target market dengan melakukan penetrasi di berbagai wilayah di Surabaya.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!