Ekonomi
Share this on:

Integrasi Produk Elektronik dengan Internet

  • Integrasi Produk Elektronik dengan Internet
  • Integrasi Produk Elektronik dengan Internet

SURABAYA - Inovasi menjadi strategi untuk menggenjot penjualan produk elektronik. Contohnya, Samsung Electronics Indonesia yang menghadirkan internet of things (IoT) yang dapat diaplikasikan ke perabotan elektronik seperti televisi, mesin cuci, hingga vacuum cleaner.

Head of Consumer Electronics Retail Marketing Samsung Electronics Indonesia Rozalis Affan Sandang menuturkan, langkah tersebut berkaca dari pengalaman keluarga modern di perkotaan yang selalu terhubung dengan teknologi untuk memudahkan pekerjaan rumah. Berdasar data APJII tahun lalu, 72,41 persen pengguna internet di Indonesia tinggal di area perkotaan. Artinya, sebagian masyarakat urban terbiasa dengan penggunaan internet dan teknologi.

’’Latar belakang itulah yang mendorong kami membuat produk elektronik yang terintegrasi dengan internet sebagai wujud untuk menciptakan peluang bagi konsumen agar bisa melakukan lebih banyak hal,’’ ujar Rozalis. Misalnya, mencuci baju bisa disambi mengurus anak. ’’Karena adanya IoT ini bisa dikontrol melalui smartphone,’’ lanjutnya.

Produk-produk Samsung terbaru yang menggunakan IoT, antara lain, QLED TV, mesin cuci AddWash, dan vacuum cleaner POWERbot. Inovasi tersebut sebenarnya telah diterapkan sekitar lima tahun. Namun, commercial session baru berjalan selama dua tahun terakhir.

Selain inovasi IoT yang diaplikasikan ke perabotan elektronik, Samsung menghadirkan Samsung Super Store (SSS) di sejumlah area perkotaan. Sebab, menurut Rozalis, minat masyarakat membeli perabotan elektronik sangat berbeda dengan smartphone. ’’Untuk perabotan elektronik, masyarakat cenderung ingin mencoba secara langsung sehingga dominan di offline store,’’ jelasnya.

Hingga kini, sudah ada 46 SSS yang tersebar di Indonesia. Mulai Aceh, Jogja, Jakarta, Surabaya, hingga Ambon. ’’Di Surabaya, sudah ada empat store. Kemudian, di Jogja ada tiga. Kami tidak ada target khusus akan menambah berapa SSS lagi di Surabaya,’’ ungkapnya.

Presiden Direktur Hartono Roy Suprapto menyatakan, penjualan Samsung di Hartono, terutama untuk televisi dan smartphone, menjadi best seller. ’’SSS sangat membantu kami sebagai retailer dalam menampilkan semua produk unggulan Samsung,’’ tuturnya. (car/c14/fal/jpg)

Berita Sebelumnya

Garuda Bayar Obligasi Rp2 Triliun
Garuda Bayar Obligasi Rp2 Triliun

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Elektronika Minta Industri Pendukung

Elektronika Minta Industri Pendukung

Industri elektronik masih optimistis Indonesia merupakan market potensial.


Jaring Turis via Kakao Terbaik Dunia

Jaring Turis via Kakao Terbaik Dunia

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII memaksimalkan hilirisasi produk dengan membangun pabrik cokelat.


Industri Tekstil Dapat Insentif

Industri Tekstil Dapat Insentif

Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) akan diidentifikasi untuk meningkatkan kapasitas produksi.


Produsen Roda Empat Tahan Harga

Produsen Roda Empat Tahan Harga

Penjualan otomotif tahun ini diperkirakan stagnan atau sama dengan 2018 yang mencapai 1.151.413 unit.


Maspion Perluas Pemasaran Produk

Maspion Perluas Pemasaran Produk

Maspion Group terus memperluas pemasaran produk ke berbagai negara seiring dengan masih terbukanya pasar ekspor.


“Doxou Version” Aerox 155 VVA S dan MX King 150 Resmi Diluncurkan

“Doxou Version” Aerox 155 VVA S dan MX King 150 Resmi Diluncurkan

Yamaha tak henti-hentinya berinovasi dalam melahirkan produk yang menarik bagi konsumen.


Optimistis Bersaing di Pasar LMPV

Optimistis Bersaing di Pasar LMPV

Persaingan pasar kendaraan low multi purpose vehicle (LMPV) kian ketat pasca peluncuran dua produk andalan Toyota dan Daihatsu, yakni Avanza dan Xenia.


Fasilitasi UMKM untuk Berjualan

Fasilitasi UMKM untuk Berjualan

Pelaku UMKM sebaiknya difasilitasi untuk memasarkan produk di ritel modern. Sayangnya, tidak semua pelaku usaha mendapat kesempatan yang sama.


Pajak E-Commerce Masih Moderat

Pajak E-Commerce Masih Moderat

Keluarnya PMK Nomor 210/PMK.010/2018 tentang Perlakuan Perpajakan atas Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik diharapkan memberikan kepastian bagi pela


Terdorong Permintaan Pasar Domestik

Terdorong Permintaan Pasar Domestik

Kinerja sektor industri agro diproyeksi terdongkrak karena lonjakan permintaan domestik seperti produk makanan dan minuman pada momen pemilihan umum (pemilu).



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!