Ekonomi
Share this on:

Jamkrindo-REI Wujudkan Sejuta Rumah

  • Jamkrindo-REI Wujudkan Sejuta Rumah
  • Jamkrindo-REI Wujudkan Sejuta Rumah

JAKARTA - Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) meneken nota kesepahaman (Memorandum Of Understanding/MoU) dengan Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (REI). MoU itu untuk mendapat solusi atas permasalahan dalam pembiayaan pembangunan perumahan bagi para pengembang REI berskala Usaha Kecil Menengah dan Mikro serta Koperasi (UMKM-K) di Indonesia.

''Seluruh anggota REI dapat mengakses sumber pembiayaan pada lembaga keuangan bank dan non-bank untuk proyek akan atau sedang dikerjakan melalui fasilitas penjaminan milik Perum Jamkrindo baik penjaminan cash loan dan non -cash loan,'' tutur Ketua Umum DPP Persatuan Perusahaan REI Soelaeman Soemawinata, di Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Dirut Perum Jamkrindo Randi Anto menyebut kerja sama itu merupakan salah satu solusi kongkrit membangun sinergi BUMN dengan swasta dalam mendukung program nasional sejuta rumah. Di mana, saat ini masih terdapat kendala dari para pengembang dalam mengakses sumber pembiayaan.

''Produk penjaminan Jamkrindo dapat memenuhi seluruh kebutuhan penjaminan dalam mengembangkan sektor properti bersubsidi dan non-subsidi,'' tukas Randi.

Nilai penjaminan diberikan kepada developer anggota REI bisa mencapai Rp 24 miliar. Dengan begitu, perbankan lebih mudah memberi kredit kepada pengembang untuk membangun rumah. Sudah ada garansi dari Jamkrindo. Pendeknya, Jamkrindo menjadi solusi anggota REI berskala UMKM-K untuk mengakses pembiayaan kepada perbankan.

''Kerja sama saling menguntungkan menghilangkan keraguaan para kreditur menyalurkan pembiayaan kepada anggota REI," imbuhnya.

Eman sapaan akrab Soelaeman Soemawinata menjelaskan, bunga kredit konstruksi masalah utama anggota asosiasi membangun rumah subsidi. Maklum, saat ini bunga konstruksi masih sangat tinggi dan kupon paling tinggi dikenakan pengembang rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa mencapai 13-14 persen. ''Padahal, rumah yang dijual harus murah,'' ucapnya.

Karena itu, REI menyambut baik kerja sama dengan Jamkrindo. Eman berharap lewat kerja sama itu, pengembang bisa mendapat kupon lebih murah dari lembaga pembiayaan dan gejolak timbul kalau terjadi tekanan di bisnis properti bisa diminimalisir.

REI mematok kredit konstruksi untuk program rumah subsidi bisa turun ke level 8,5-9 persen. Eman mengungkap upaya menyiapkan akses-akses pembiayaan kepada anggota REI khususnya UMKM membangun rumah bersubsidi di daerah merupakan salah satu program strategis kepengurusan REI. Pihaknya akan terus memikirkan terobosan-terobosan lain dalam mendukung pembiayaan modal kerja demi kemajuan usaha seluruh anggota REI.

Dengan jumlah anggota sebanyak 4.500 perusahaan, dan 3.500 perusahaan diantaranya merupakan pengembang rumah menengah bawah diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas penjaminan Jamkrindo. Dengan demikian, akses pembiayaan tidak menjadi masalah.

"Dan, proyeksi pembangunan 250 ribu rumah MBR tahun ini bisa tercapai," harap Eman.

Sementara Jamkrindo menyiapkan pembiayaan untuk properti tahun ini Rp10 triliun. Angka itu setara 7 ribu dari total kapasitas penjaminan pembiayaan yang dimiliki perusahaan saat ini. (dew/ers/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Sinergi BUMN untuk Penjaminan Kredit

Sinergi BUMN untuk Penjaminan Kredit

Perum Jamkrindo menandatangani nota kesepahaman dengan PT Pelabuhan Indonesia III kemarin (18/4).


Kredit Dorong Daya Beli

Kredit Dorong Daya Beli

BCA berupaya menyalurkan kredit berbunga murah lewat program kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB).


REI Target Bangun 250 Ribu Rumah Subsidi

REI Target Bangun 250 Ribu Rumah Subsidi

Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPP REI) menargetkan membangun 250 ribu rumah subsidi pada 2018.


BCA Tak Sasar Semua Segmen KPR

BCA Tak Sasar Semua Segmen KPR

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menargetkan pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) tumbuh 10–12 persen tahun ini.


Jargas PGN di Mojokerto Kelar

Jargas PGN di Mojokerto Kelar

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menuntaskan pembangunan jaringan gas (jargas) rumah tangga sebanyak 5.000 sambungan rumah (SR).


Wow, Gojek Dapat Subsidi Rumah

Wow, Gojek Dapat Subsidi Rumah

Para pengemudi ojek online, Gojek bisa mendapatkan rumah impiannya.


Begini Caranya supaya Dapat Rumah Gratis

Begini Caranya supaya Dapat Rumah Gratis

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang paling susah terpenuhi.


Salurkan Kredit di Atas Rp155 Triliun

Salurkan Kredit di Atas Rp155 Triliun

Sejak program Sejuta Rumah digulirkan pada tahun 2015, Bank BTN telah menyalurkan pembiayaan untuk 1,44 juta unit rumah.


BUMN-Swasta Sinergi Bangun Rumah

BUMN-Swasta Sinergi Bangun Rumah

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggandeng PT Lion Air dan PT Sarana Global Utama menghadirkan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR).


Ur-Farm Wujudkan Mimpi Petani

Ur-Farm Wujudkan Mimpi Petani

Nasib petani selalu terpinggirkan nyaris dalam segala lini. Bagaimana tidak, petani seakan ditakdirkan menjadi santapan para tengkulak.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!