Ekonomi
Share this on:

Jargas PGN di Mojokerto Kelar

  • Jargas PGN di Mojokerto Kelar
  • Jargas PGN di Mojokerto Kelar

MOJOKERTO - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menuntaskan pembangunan jaringan gas (jargas) rumah tangga sebanyak 5.000 sambungan rumah (SR). Pembangunan jaringan gas pipa yang merupakan penugasan dari pemerintah ini diselesaikan PT PGAS Solution, anak usaha PGN, pada pertengahan November 2017 lalu.

Diharapkan, pada awal 2018 mendatang masyarakat dan usaha kecil menengah (UKM) di kawasan tersebut bisa menikmati gas bumi PGN yang murah dan aman. Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Jargas Mojokerto, Timbul Dufy, sambungan pipa gas yang telah selesai akan segera dialirkan gas.

”Jaringan pipa gas rumah tangga di Mojokerto ini telah melalui pemeriksaan akhir, sehingga telah memenuhi standar kelayakan teknis,” kata Timbul di Mojokerto, akhir pekan lalu.

Pengaliran gas ke sambungan pipa rumah tangga di Mojokerto rencananya akan dimulai pada awal tahun 2018. Gas tersebut bersumber dari Lapangan Gas Husky yang dioperatori oleh CNOOC dengan volume 0,2 mmscfd.

Untuk pengelolaan jaringan pipa gas, akan dilakukan PGN lewat Sales Area Sidoarjo-Mojokerto.

Dengan tuntasnya sambungan jargas di rumah-rumah tangga di Mojokerto, Timbul mengatakan, ke depan masyarakat akan semakin dimudahkan.

”Yang sebelumnya bergantung ke elpiji (LPG) eceran akan segera memiliki aliran gas alam yang terinstal di rumah-rumah mereka. Sekaligus pembayarannya sesuai volume gas yang digunakan,” ujarnya.

Jargas (City Gas) terus diperluas jangkauannya oleh Pemerintah dan PGN sebagai pelaksana tugas konsisten mengembangkan wilayah jangkauan jargas di Jawa Timur.

Setelah pada tahun-tahun sebelumnya PGN mengelola 27.700 sambungan Jargas di rumah-rumah dan rumah susun di Kota Surabaya maka saat ini adalah momentum bagi pemekaran wilayah ke kota-kota lain di sekitar Surabaya, yang dimulai dengan Kota Mojokerto.

Pengaliran gas bumi di Kota Mojokerto sebetulnya bukan hal baru. Kota Mojokerto sebelumnya telah teraliri gas dalam Program “Sayang Ibu” sebanyak 723 rumah di Kelurahan Wates dan di Perumahan Griya Permata Ijen, dengan pemakaian rata-rata 11.000m3 setiap bulannnya.

Program sayang Ibu adalah sambungan gas rumah tangga tanpa APBN, pembangunan infrastruktur pipa langsung melalui Korporasi dengan dikenakan biaya sambungan seperti halnya awal berlangganan listrik maupun air minum.

Sedangkan 5000 sambungan jargas yang baru ini, dilaksanakan dengan APBN dari Pemerintah dan tidak dikenakan biaya sambungan sama sekali.

Di Jawa Timur, saat ini, PGN telah memiliki pelanggan Rumah Tangga di Kota Surabaya (Jargas dan Sayang Ibu), Kabupaten Sidoarjo (Sayang Ibu), Mojokerto (Sayang Ibu), dan Pasuruan (Sayang Ibu). Pelanggan tersebut tersebar di sejumlah kota.

Di Surabaya, berupa pelanggan Jargas APBN sebanyak 24.000 pelanggan Jargas (proyek 2016) dan 2.719 pelanggan Jargas ex-BUMD Petro Jatim Utama yang pengoperasiannya dipindahtugaskan kepada PGN, ditambah 7000 pelanggan “PGN Sayang Ibu”.

Sedangkan di Kota Pasuruan, terdapat 364 pelanggan Sayang Ibu (Kabupaten Pasuruan 196 pelanggan, Kota Pasuruan 168 pelanggan), Sidoarjo sebanyak 5.920 pelanggan Rumah Tangga “Sayang Ibu”. (ydh/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Obligasi Rupiah Pertama di Dunia
Obligasi Rupiah Pertama di Dunia

Berita Sejenis

PGN Perluas Penyebaran Gas Bumi

PGN Perluas Penyebaran Gas Bumi

PT Perusahaan Gas Negara Tbk pada pertengahan bulan ini, melalui anak perusahaannya PT Gagas Energi Indonesia, meluncurkan 32 unit Gaslink Truck.


Tukar Data Keuangan Kelar Akhir Bulan

Tukar Data Keuangan Kelar Akhir Bulan

Proses pertukaran data dalam rangka automatic exchange of information (AEoI) akan berakhir pada Minggu (30/9).


Integrasi Bisnis PGN- Pertagas, Harga Gas Bisa Lebih Murah

Integrasi Bisnis PGN- Pertagas, Harga Gas Bisa Lebih Murah

Konsumen rumah tangga maupun industri bisa berharap harga jual gas semakin murah.


PGN Miliki Mayoritas Saham Pertagas

PGN Miliki Mayoritas Saham Pertagas

Proses pembentukan holding BUMN migas memasuki babak baru.


PGN Mulai Produksi Gas Tabung

PGN Mulai Produksi Gas Tabung

Kini, membeli gas untuk kebutuhan memasak tidak hanya kita dapatkan dari Pertamina.


Dorong Konsumsi Gas Bumi, PGN Incar Kawasan Industri

Dorong Konsumsi Gas Bumi, PGN Incar Kawasan Industri

Komitmen PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Persero) untuk menghadirkan layanan gas yang menyeluruh dan efisien bagi negeri terus berlanjut.


Mantan Dirut PGN Nakhodai Semen Indonesia

Mantan Dirut PGN Nakhodai Semen Indonesia

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) kemarin (15/9) memiliki nakhoda baru


Gas Bumi PGN Bantu UKM Berhemat

Gas Bumi PGN Bantu UKM Berhemat

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Persero) terus berkomitmen memperluas jaringan dan pemanfaatan gas bumi ke berbagai daerah.


Soal Holding, Tunggu Instruksi Pemerintah

Soal Holding, Tunggu Instruksi Pemerintah

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) menyerahkan wacana holding BUMN energi kepada pemerintah.


PGN Target Tambah 34 Ribu Pelanggan

PGN Target Tambah 34 Ribu Pelanggan

Perusahaan Gas Negara (PGN) menargetkan untuk menambah lebih dari 34 ribu pelanggan baru di Jawa Timur tahun ini.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!