Ekonomi
Share this on:

Jepang Garap Superblok Rp10 Triliun

  • Jepang Garap Superblok Rp10 Triliun
  • Jepang Garap Superblok Rp10 Triliun

JAKARTA - Daiwa House Industry (DHI) meramaikan industri properti nasional. Itu setelah perusahaan asal Jepang itu menanam investasi Rp10 triliun. Dana sebesar itu untuk mengembangkan superblok Sakura Garden City (SGC) di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Jaktim).

Langkah Daiwa itu menyusul investor dan pengembang Jepang lebih dulu meramaikan pasar properti Indonesia. Misalnya, Mitsubishi Fudosan, Tokyu Land, Marubeni, dan lain-lain.

Dalam merealisasikan proyek seluas 10 hektare (ha) itu, DHI menggandeng Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport and Urban Development (JOIN), dan Trivo Group. Lalu ketiga perusahaan itu membentuk usaha bersama PT Sayana Integra Properti (SIP) dengan kepemilikan 60 persen untuk duo investor negeri Matahari Terbit.

”Indonesia sebagai wilayah ekspansi bisnis, secara pertumbuhan stabil. Dan, Jakarta merupakan pasar potensial sektor properti, dengan kelas menengah sangat membutuhkan hunian,” tutur Senior Executive Officer of DHI Nobuya Ichiki, di Jakarta, Senin (30/4) lalu.

Direktur Utama PT Trivo Orion Properti Robert Yapari menambahkan, proyek SGC merupakan hunian apartemen mencakup 12 menara dengan total 5 ribu unit. ”Kami menyasar segmen generasi milenial produktif yang bekerja di daerah Jakarta dan Bekasi,” imbuh Robert.

SGC akan dibangun dalam 4 tahap. Tahap pertama sebanyak 2.200 unit dalam empat menara dan 90 ruko, dimulai tahun ini dengan gross development value (GDV) Rp1,5 triliun.

Tahap dua akan dibangun empat menara untuk kelas menengah atas. Tahap tiga sebanyak empat menara untuk kelas atas, dan tahap terakhir satu gedung perkantoran dilengkapi hotel bintang empat.

”Penyelesaian seluruh empat tahap itu dijadwalkan pada 2024,” tukas Robert.

SGC dirancang sebagai hunian terintegrasi transit oriented development (TOD) melalui stasiun LRT Ciracas. SGC mengusung konsep eco-friendly. Di mana, lebih dari 60 persen dari total area pengembangan akan digunakan sebagai lahan hijau terbuka (seluas 60 ha) dilengkapi jalur jogging dan sepeda terpanjang di dalam superblock. yaitu 2,5 kilometer (KM).

Konsep hijau yang unik itu, selain hemat energi, juga akan mengelola air bersih ramah lingkungan. Direktur PT Daiwa JOIN Indonesia Tubagus Nouval Haedar mengklaim SGC merupakan hunian terintegrasi TOD terbesar dibangun pengembang Jepang di Jakarta.

”Kami menempati lahan dengan lokasi tepat di seberang stasiun LRT Ciracas. Itu untuk memberi kemudahan mobilitas bagi penghuni menuju Jakarta, Bogor, dan sekitarnya,” tukasnya. (dew/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Lebaran, Stok Uang Perbankan Aman

Lebaran, Stok Uang Perbankan Aman

Masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan uang di perbankan selama libur Lebaran. Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang beredar Rp188,2 triliun.


Sempoa SIP Tegal Sudah Berkurikulum Internasional

Sempoa SIP Tegal Sudah Berkurikulum Internasional

Sempoa SIP yang merupakan salah satu tempat untuk belajar berhitung menggunakan sempoa bertaraf internasional dan berpusat di Jepang, kini hadir di Tegal.


BKPM Optimistis Investasi Rp765 Triliun

BKPM Optimistis Investasi Rp765 Triliun

Realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) kuartal pertama 2018 sebesar Rp185,3 triliun


12 BUMN Merugi Rp5,2 Triliun

12 BUMN Merugi Rp5,2 Triliun

Kinerja keuangan perusahaan pelat merah perlahan membaik.


Pelindo II Bangun Terminal Kijing Rp5,6 triliun

Pelindo II Bangun Terminal Kijing Rp5,6 triliun

Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II bakal membangun Terminal Kijing Pontianak senilai Rp5,6 triliun.


IKT Bidik Dana IPO Rp1 triliun

IKT Bidik Dana IPO Rp1 triliun

PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) berencana melepas 30 persen saham melalui skema initial public opering (IPO).


Maybank Jajakan Obligasi Rp 500 Miliar

Maybank Jajakan Obligasi Rp 500 Miliar

PT Maybank Indonesia Finance (Maybank Finance) berencana menjakan surat utang (obligasi) senilai Rp5 triliun.


Utang Negara Tembus Rp4.034,8 Triliun

Utang Negara Tembus Rp4.034,8 Triliun

Jumlah utang pemerintah per akhir Febuari 2018 mencapai Rp4.034,8 triliun, atau 29,24 persen dari PDB.


Tuntaskan Kredit Macet Mandiri Rp2,9 Triliun

Tuntaskan Kredit Macet Mandiri Rp2,9 Triliun

Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu mendukung Kejaksaan Agung (Kejagung) menuntaskan kasus kredit bermasalah Bank Mandiri (BMRI).


Indonesia Week Dongkrak Ekonomi

Indonesia Week Dongkrak Ekonomi

Ajang Indonesia Week menyapa warga Kota Nagoya, Jepang.



Berita Hari Ini

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!