Ekonomi
Share this on:

Kembangkan Slot Jalur Selatan

  • Kembangkan Slot Jalur Selatan
  • Kembangkan Slot Jalur Selatan

JAKARTA - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat (Jabar) belum maksimal. Karena itu, perlu dikembangkan slot penerbangan jalur Selatan Jawa. Apalagi, hingga saat ini, Bandara Kertajati masih sepi penumpang.

”Kami tengah mengkaji pengembangan slot jalur Selatan Jawa untuk penerbangan. Slot di Utara sudah sibuk, slotnya padat. Sebaliknya jalur selatan masih sepi,” tutur Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbang Kemenhub) Sugihardjo di Jakarta, akhir pekan lalu.

Saat ini bilang Sugihardjo sejumlah bandara ada yang masuk jalur Selatan Jawa. Kalau pengembangan itu dilakukan, Bandara Kertajati diharap dapat lebih berkembang. Selain itu, maskapai penerbangan perlu kerja sama dengan asosiasi pariwisata. Buka rute baru biasanya rugi.

”Karena itu perlu insentif kepada airline yang merintis. Namun, bukan monopoli,” imbuhnya.

Ia menambahkan, secara umum penerbangan jalur utara padat. Sedang Jawa bagian Selatan longgar karena sebelumnya untuk zona militer. Kemenhub menurutnya telah melakukan pembicaraan dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto terkait izin lalu lintas penerbangan di Jawa bagian Selatan.

Nah, untuk mewujudkan itu, sejumlah bandar udara (bandara) dibangun di kota-kota sepanjang Jawa bagian Selatan. Maklum, saat ini jalur Selatan masih relatif lengang. Beberapa kota sudah dan tengah dikembangkan bandara. Misalnya, Tasikmalaya, Jogjakarta, Solo, Madiun, Malang, Jember, dan Banyuwangi.

Ia menambahkan pembangunan selatan Jawa tidak hanya transportasi. Pembangunan ekonomi dan pariwisata juga dikembangkan. Jadi, bandara Kertajati juga butuh solusi secara menyeluruh supaya tidak sepi. Sebab tujuan Bandara Soekarno Hatta (Soetta) tidak hanya ke Jakarta. Ada juga wilayah lain di Jabar.

”Bahkan travel dari Soetta ke Bandung banyak,” tegasnya.

Sementara itu, sejumlah strategi telah diterapkan manajemen Bandara Kertajati untuk mengatasi problem tersebut. Ada empat strategi dilakukan untuk meramaikan bandara dengan total investasi Rp4,8 triliun tersebut.

”Kebijakan pertama, maskapai tidak diberikan landing fee, parking fee, dan promosi bersama-sama lewat media social, dan media massa,” tukas Direktur Operasi dan Pengembangan Strategi Bisnis BIJB Agus Sugeng Widodo.

Untuk sisi darat non aeronautika, BJIB juga meningkatkan jumlah penyewa gerai. Pihaknya memberikan diskon untuk menyewa tempat usaha. Selain itu, mengurangi jumlah revenue sharing dengan para calon penyewa gerai.

Tidak hanya itu, Agus menyampaikan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan yang bekerja di sektor perjalanan pariwisata seperti ASITA dan PHRI untuk meningkatkan kesadaran keberadaan Bandara Kertajati.

”Kami juga bekerja sama dengan pemerintah kota setempat, bertemu dengan kepala daerah dan dinas pariwisata untuk menyampaikan bandara ini sangat mendukung pertumbuhan ekonomi di Ciayu Majakuning (Cirebon Indramayu Majalengka Kuningan),” ungkapnya.

Strategi lainnya untuk meningkatkan penggunaan BIJB Kertajati yaitu menggelar berbagai macam acara seperti Kertajati Funbike dan lain sebagainya. ”Ini agar orang tertarik ke sini, lihat-lihat pameran-pameran dan foto-foto di sini,” harapnya. (dai/jpg)

Berita Sebelumnya

Indonesia Kejar Peringkat ke-40
Indonesia Kejar Peringkat ke-40

Berita Berikutnya

PLN Kekurangan LNG
PLN Kekurangan LNG

Berita Sejenis

Kembangkan Kemasan Produk UKM

Kembangkan Kemasan Produk UKM

Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) selama ini masih terkendala pada bentuk packaging (kemasan) yang memadai.


Film Indonesia Tembus Pasar Internasional

Film Indonesia Tembus Pasar Internasional

PT MD Pictures siap go international. Rencananya, production house itu berekspansi ke pasar film Tiongkok, Korea Selatan, dan Hollywood di AS.


Kembangkan Potensi UMKM Cirebon

Kembangkan Potensi UMKM Cirebon

Usai melaksanakan lebaran di Jakarta dan sekitarnya, pasangan yang selalu romantis, Dimas Seto dan Dhini Aminarti mudik ke Kota Cirebon.


Tertibkan Tata Usaha Niaga Gas

Tertibkan Tata Usaha Niaga Gas

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) berusaha menata jalur distribusi gas.


India Bebaskan Bea Masuk Benang

India Bebaskan Bea Masuk Benang

Kabar gembira berembus dari kawasan Asia Selatan.


Pertamina Kembangkan Blok Migas di Aljazair

Pertamina Kembangkan Blok Migas di Aljazair

PT Pertamina (Persero) menjajaki potensi pengembangan migas baru di Aljazair.


Kembangkan UMKM, Kemenkop dan UKm Perkuat Daerah Perbatasan

Kembangkan UMKM, Kemenkop dan UKm Perkuat Daerah Perbatasan

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) mendorong peran UMKM membangun daerah perbatasan.


Pebisnis Muda Didorong Manfaatkan Jalur Digital

Pebisnis Muda Didorong Manfaatkan Jalur Digital

Jalur pemasaran secara digital menjadi alternatif strategi para pengusaha muda masa kini.


Perusahaan Bandel Siap-siap Ditempel Stiker Merah

Perusahaan Bandel Siap-siap Ditempel Stiker Merah

Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi membidani lahirnya tim gabungan Tim Pelaksana Pengawasan dan Pengendalian Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.


Peruri Kembangkan Bisnis Digital Sekuriti

Peruri Kembangkan Bisnis Digital Sekuriti

Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia mengembangkan bisnis internasional di bidang integrated secutity printing and system.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!