Ekonomi
Share this on:

Kilang Cilacap Akan Digarap Aramco

  • Kilang Cilacap Akan Digarap Aramco
  • Kilang Cilacap Akan Digarap Aramco

JAKARTA - Lawatan Presiden Joko Widodo ke Arab Saudi ternyata bukan sekedar umrah biasa. Selain menguatkan hubungan bilateral, isu pengelolaan energi menjadi poin khusus dalam kunjungan kemarin. Lewat pertemuan bersama Menteri Energi, Industri, dan Sumber Daya Mineral Kerajaan Arab Saudi Khalid Al-Falih, di Royal Guest House, Riyadh.

"Salah satu isu lain yang dibahas adalah kemungkinan kerja sama antara Aramco (BUMN Migas Arab Saudi) dan Pertamina untuk Kilang Cilacap," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut, sebagaimana dilansir situs resmi Setkab RI.

Retno mengatakan, salah satu isu yang masih tertunda yaitu terkait dengan masalah valuasi aset. Presiden mengharapkan agar isu tersebut segera diselesaikan. "Sekembalinya Presiden ke Indonesia, Presiden akan melakukan pertemuan dengan beberapa menteri untuk menyelesaikan masalah ini," lanjut Retno.

Selain melakukan kerja sama di bidang kilang minyak, pihak Saudi juga tertarik untuk bekerja sama dalam bidang industri petrokimia. "Menurut rencana akan ada kunjungan dari Saudi untuk ke Indonesia guna membahas rencana peningkatan kerja sama baik di bidang energi yang terkait di bidang minyak dan juga industri Petrokimia," ucap Retno.

Diketahui, Kilang Cilacap merupakan salah satu proyek pengembangan kilang minyak (Refinery Development Master Plan/RDMP) Indonesia. Selain Kilang Cilacap, akan dibangun juga 3 kilang RDMP lainnya yaitu Balikpapan, Dumai dan Balongan. Tak hanya itu, Pemerintah juga akan membangun 2 kilang minyak baru (Grass Root Refinery/GRR) di Tuban, Jawa Timur dan Bontang, Kalimantan Timur.

Pemerintah merevisi Peraturan Presiden Nomor 146 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Pengembangan dan Pembangunan Kilang Minyak di Dalam Negeri. Revisi ini dikebut mempercepat pembangunan kilang minyak baru dan pengembangan kilang minyak.

Direktur Pembinaan Program Migas Soerjaningsih di Jakarta, beberapa waktu lalu menyatakan, Pemerintah memfasilitasi Pertamina yang mendapat penugasan untuk membangun kilang minyak baru dan RDMP. Dengan adanya revisi ini, diharapkan pembangunan kilang dapat berjalan lancar.

"Mudah-mudahan dengan perubahan Perpres itu, (hal-hal) yang dibutuhkan Pertamina (dalam membangun kilang) seperti pendanaan, pembebasan lahan, insentif dan pajak-pajak, tidak menjadi masalah lagi," katanya.

Menurut Soerja, dalam Perpres sebelumnya, hal-hal tersebut juga telah diatur. Namun dalam pelaksanaannya ternyata masih belum cukup untuk mempercepat pembangunan kilang minyak. Indonesia perlu membangun kilang minyak untuk meningkatkan ketahanan energi nasional serta mengurangi impor BBM.

Manfaat lain atas keberadaan kilang adalah menghemat devisa negara, menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, memacu pertumbuhan industri domestik dan pasar tenaga kerja. (rls/fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pemerintah Stop Impor Minyak Mentah

Pemerintah Stop Impor Minyak Mentah

Untuk mendongkrak neraca perdagangan migas, pemerintah berencana akan menghentikan impor minyak mentah.


Pemerintah targetkan Swasembada Bawang Putih 2021

Pemerintah targetkan Swasembada Bawang Putih 2021

Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan swasembada bawang putih akan terjadi pada tahun 2021.


Jelang 22 Mei, Pengusaha Mulai Waswas

Jelang 22 Mei, Pengusaha Mulai Waswas

22 Mei lusa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) rencananya akan mengumumkan hasil pemilihan presiden, sesuai jadwal semula.


Dituding Kartel, Luas Lahan Bawang Putih Akan Diaudit

Dituding Kartel, Luas Lahan Bawang Putih Akan Diaudit

Melambungnya harga bawang putih sejak awal 2019 hingga Rp100 ribu per kilogram memunculkan dugaan kartel. .


Kebutuhan Konsumtif Kerek Pinjaman Online Saat Ramadan

Kebutuhan Konsumtif Kerek Pinjaman Online Saat Ramadan

Selama Ramadan dan menjelang Lebaran 2019, diperkirakan permintaan pinjaman melalui fintech Peer-to-Perr (P2P) lending akan terus meningkat.


Indonesia Waspadai Kelanjutan Perang Dagang AS dan China

Indonesia Waspadai Kelanjutan Perang Dagang AS dan China

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memperkirakan perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China akan berkelanjutan.


Pemerintah Bakal Tambah Impor 125 Ribu Ton Bawang Putih

Pemerintah Bakal Tambah Impor 125 Ribu Ton Bawang Putih

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan segera mengeluarkan SPI bawang putih lagi kepada 11 importir swasta.


Mulai Ahad Lusa, Tarif Tol Bandara Naik

Mulai Ahad Lusa, Tarif Tol Bandara Naik

Kementerian Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menaikkan tarif Tol Sedyatmo atau Tol Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) 12 Mei mendatang.


Aplikator Terapkan Tarif Baru, Driver Gojek Batal Mogok

Aplikator Terapkan Tarif Baru, Driver Gojek Batal Mogok

Aplikator Gojek berjanji akan melakukan uji coba tarif untuk Go-Ride di lima kota sesuai dengan pedoman tarif Kemenhub No. 348/2019.


Aplikator Permainkan Tarif, Driver Ojol Mogok Narik

Aplikator Permainkan Tarif, Driver Ojol Mogok Narik

Pengemudi atau driver ojek online (ojol) akan mogok, Senin (6/5) hari ini, karena aplikator dianggap telah mempermainkan tarif.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!