Ekonomi
Share this on:

KPPU Curigai Ada Persaingan Tak Sehat di Impor Bawang Putih

  • KPPU Curigai Ada Persaingan Tak Sehat di Impor Bawang Putih
  • KPPU Curigai Ada Persaingan Tak Sehat di Impor Bawang Putih

JAKARTA - Rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) bawang putih yang dikeluarkan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk Perum Bulog terindikasi adanya persaingan dagang tidak sehat.

Anggota Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Guntur Saragih mendesak pemerintah untuk mengevaluasi kebijakan tersebut. Dia menilai tidak perlu RIPH, tetapi langsung dikeluarkan surat persetujuan impor (SPI) oleh Kementerian Perdagangan.

"Impor bawang putih nggak ada RIPH, langsung aja terbitkan SPI," ujar Guntur.

Guntur juga menyoroti soal importir diwajibkan menanam bawang putih sebesar 5% dari kuota impornya. Sesal dia, kenapa kewajiban itu tidak berlaku pada Bulog. Diketahui, kewajiban importir itu tertuang Peraturan Menteri Pertanian No. 38 Tahun 2017.

"Kami tidak berpihak kepada Bulog atau swasta. Intinya, jangan ada diskriminasi. Jadi harus konsisten dari Kementan," ucap Guntur.

Ditegaskan, dalam kasus ini tidak ada pelanggaran yang dilakukan pemerintah. Hanya saja kebijakan yang dikeluarkan Kementan untuk Bulog bisa merugikan konsumen dan pelaku usaha dalam negeri.

"Jangan sampai dibuat aturan yang bikin konsumen rugi, sementara tidak ada pelaku usaha dalam negeri yang dilindungi," ujarnya.

Saat ini sedikitanya 60.000 ton bawang putih asal China telah masuk Indonesia. Jumlah tersebut tahap awal dari persetujuan impor yang telah dikeluarkan Kemendag bagi delapan perusahaan swasta yang mencapai 115.675 ton.

Impor bawang putih dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat saat Ramadan dan Lebaran nanti. Sekaligus untuk menstabilkan harga yang melonjak tinggi. "Bawang putih tersebut diprioritaskan untuk mengamankan pasokan di bulan puasa dan Lebaran," kata Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Ditjen Hortikultura Kementan Moh Ismail Wahab.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Kementan, Yasid Taufik memastikan tata niaga bawang putih akan berjalan dengan baik sehingga di pasaran harga bawang putih stabil. "Total sampai saat ini 240.000 ton lebih yang sudah dikeluarkan rekomendasi impornya. Enam bulan ke depan stok bawang putih secara nasinal dijamin aman," ujar Yasid.

Pantauan di beberapa pasar di Jakarta, harga bawang putih dijual di kisaran Rp55.000-65.000/kilogram. Di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, terpantau Rp45.000/kg untuk jenis bawang banci. Sementara ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Nailul Huda menilai memang ada keistimewaan yang diperoleh Bulog dibandingkan importir lainnya dalam memperoleh izin impor bawang putih.

"Namun situasi ini harusnya tidak masalah ketika tujuannya memang untuk menjaga harga bawang putih agar tetap stabil ataupun menurunkan harga," ujar Huda.

Huda menjelaskan, dalam undang-undang KPPU pun ada pengecualian bagi beberapa BUMN. "Bulog sendiri merupakan wakil pemerintah untuk menstabilkan harga untuk hajat hidup orang banyak. Harusnya dikecualikan dari undang-undang anti monopoli," ucap Huda.

Jika memang harga labil dan merugikan masyarakat, kata Huda, pemerintah bisa melakukan intervensi terhadap Bulog. Jadi, Bulog bisa mengimpor apabila memang dibutuhkan untuk menurunkan atau menstabilkan harga. "Selain itu juga ketika ada indikasi kartel pihak swasta dalam perihal impor, Bulog bisa datang dengan membawa persaingan yang sehat," pungkasnya. (din/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Perizinan di Daerah Masih Tak Sinkron

Perizinan di Daerah Masih Tak Sinkron

Ribetnya perizinan di daerah sampai saat ini masih menjadi penghambat investor masuk di daerah.


Lion Air Tunda Turunkan Tarif

Lion Air Tunda Turunkan Tarif

Keinginan pemerintah meminta maskapai menurunkan tarif tiket tak sesuai harapan. Maskapai penerbangan Lion Air masih menunda penurunan tarif penerbangannya.


Bandel, Maskapai Lion Air Belum Turunkan Tarif

Bandel, Maskapai Lion Air Belum Turunkan Tarif

Keputusan pemerintah menurunkan tiket pesawat sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA), ternyata masih saja ada maskapai yang bandel


Kompetisi Maskapai Tidak Sehat, Regulasi Keputusan Terbaik

Kompetisi Maskapai Tidak Sehat, Regulasi Keputusan Terbaik

Keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 106/2019 tentang Tarif Batas Atas (TBA)


Lagi, Data Kementerian Tak Sinkron, Impor Garam Berlebih

Lagi, Data Kementerian Tak Sinkron, Impor Garam Berlebih

Setelah persoalan harga ayam telah selesai, kini muncul masalah baru yakni harga garam yang anjlok di tingkat petani.


Tarif Ojol Tak Boleh Jor-joran Beri Promo

Tarif Ojol Tak Boleh Jor-joran Beri Promo

Pemerintah mengimbau perusahaan aplikasi penyedia layanan transportasi untuk tidak jor-joran memberi harga promo atau diskon kepada konsumen.


Menhub Ancam Laporkan Aplikator Ojol ke KPPU

Menhub Ancam Laporkan Aplikator Ojol ke KPPU

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Surat Edaran terkait pembatasan diskon tarif ojek online (ojol).


Pemerintah Dinilai Tak Paham Persoalan Maskapai

Pemerintah Dinilai Tak Paham Persoalan Maskapai

Keputusan pemerintah menurunkan harga tarif pesawat untuk kategori maskapai berbiaya rendah atau Low Cost Carrier (LCC) domestik, menuai kritikan.


Rontoknya Giant, Dampak Perubahan Pola Belanja

Rontoknya Giant, Dampak Perubahan Pola Belanja

Persaingan ritel yang semakin ketat menjadi alasan Giant menutup enam gerai di wilayah Jakarta, Depok, dan Bekasi.


Perpindahan Bandara dari Bandung ke Kertajati Dinilai Tak Efisien

Perpindahan Bandara dari Bandung ke Kertajati Dinilai Tak Efisien

Perpindahan penerbangan domestik jika biasanya melalui Bandara Internasional Husein Sastaranegara (BDO) menjadi ke Bandara Internasional Kertajati



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!