Ekonomi
Share this on:

Lion Air Tunda Turunkan Tarif

  • Lion Air Tunda Turunkan Tarif
  • Lion Air Tunda Turunkan Tarif

JAKARTA - Keinginan pemerintah meminta maskapai menurunkan tarif tiket tak sesuai harapan. Maskapai penerbangan Lion Air masih menunda penurunan tarif penerbangannya.

Sedianya, sesuai kesepakatan bersama antara pemerintah, maskapai, dan stakeholder penerbangan lainnya, penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier menurunkan tarif tiket mulai 11 Juli. Tarifnya 50 persen di bawah Tarif Batas Atas atau TBA.

Penelusuran Fajar di dua situs agen travel online

Traveloka.com dan Tiket.com, tak ada lagi tiket murah untuk rute Makassar-Jakarta pada jam dan hari sesuai kesepakatan.

Hanya maskapai Lion Air yang memberikan tiket promo senilai Rp1,4 juta untuk Selasa, 16 Juli, Kamis 18 Juli, dan Sabtu 20 Juli. Maskapai LCC lainnya, Citilink sudah memberikan tarif normal Rp1,7 jutaan.

Tiket murah Citilink hanya tersedia pada penerbangan Selasa, 23 Juli dengan harga Rp1,2 juta. Tetapi penumpang mesti transit Surabaya. Lion Air mulai menurunkan harga menjadi Rp1,07 juta per Selasa, 23 Juli. Semua rute dan semua hari.

Owner PT JIQASS Dulang Wisata Tour Travel Andi Sophawati Barung menilai, penurunan harga tiket masih setengah hati. Sebab, setelah resmi diumumkan oleh pemerintah, maskapai menerapkan penurunan secara terbatas.

Sophawati menjelaskan, Citilink memang sudah melakukan penurunan tarif sejak Kamis, 11 Juli. Hanya, itu berlaku untuk penerbangan bulan Agustus.

"Kemarin (Kamis, red) sudah ada yang sempat pesan. Harga tiketnya sebesar Rp900 ribuan untuk rute Makassar-Jakarta. Tetapi berangkatnya bulan Agustus," jelasnya.

Sophawati menyebut tiket diskon sangat terbatas. Hanya berlaku satu seat di satu penerbangan saja.

"Kasihan juga kalau terus begini. Tidak terasa dampak penurunan sebab tiketnya terbatas," keluhnya.

Sementara untuk Lion Air, Sopha menyebut pernah menurunkan harga tiket. Sebut saja seperti rute Makassar-Jakarta yang biasanya rata-rata 1,5 juta, ada yang harga tiketnya kisaran Rp1 jutaan.

"Kalau sekarang harga kembali normal di kisaran harga Rp1,5 juta. Saya juga tidak tahu kenapa seperti itu," jelasnya.

Ketua Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) Sulsel Didi L. Manaba, menyampaikan, penurunan tiket untuk kategori penerbangan murah atau LCC sangat mengecewakan para agen travel.

"Untuk Lion belum ada penurunan seperti instruksi pemerintah. Citilink sudah mulai tapi penerbangan terbatas. Itu mengecewakan," ungkap owner Iramasuka Tour Travel ini.

Didi menyatakan, sesuai namanya, penerbangan LCC seharusnya bisa lebih murah. Apalagi menurutnya dari sisi layanan, setelah harga naik tidak ada perbedaan mendasar.

"Setelah harga naik apa bedanya? Tidak ada. Masa harga naik tapi layanan sama. Itu berarti bukan lagi LCC," keluhnya.

Habis Diborong

Staf Citilink Gita kepada Fajar menuturkan, tiket dengan harga khusus memang disediakan terbatas. Hanya 30 persen dari jumlah setiap penerbangan, sehingga cepat diborong habis.

"Rute-rute Citilink bila sudah tarif normal berarti sudah habis tiket murahnya," tuturnya kepada Fajar, Jumat, 12 Juli.

Vice President Corporate Secretary CSR Citilink Indonesia Resty Kusandarina mengatakan, setelah diumumkan melalui rilis dari Kemenko, dalam dua jam harga tiket yang sedianya mendapat diskon tarif hingga 50 persen langsung habis.

"Misalnya untuk pukul 10.00 kemarin, itu sudah habis sejak pukul 02.00 dini hari sehingga ketika masyarakat mengecek di pukul 03.00 harga sudah kembali naik," ujarnya.

Sebagai informasi, penetapan diskon tarif pesawat 50 persen pada maskapai Citilink maupun Lion Air, dibatasi hanya 30 persen dari total kapasitas tempat duduk.

"Jangankan untuk 20 Juli, di tanggal 30 Juli juga sudah ada beberapa yang terpesan habis," ungkapnya.

Dia menambahkan, pengaturan waktu pemberian tarif diskon telah diatur berdasarkan sistem di maskapai Citilink.

"Jadi memang ini tidak kami umumkan ke publik karena kesepakatannya begitu. Jadi, semua diatur via sistem soal waktu-waktu pemberian tarif diskon ini," pungkasnya.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menambahkan, pihaknya pasti akan mengikuti imbauan pemerintah untuk memangkas tiket 50 persen. Namun sementara masih menyesuaikan.

"Sistemnya masih berproses. Pekan depan diupayakan. Setiap penerbangan mendapat 30 persen seat tiket murah," bebernya.

Namun Danang tidak memberikan penjelasan detail jumlah seat tiket murah. Namun berdasarkan penelusuran Fajar, maksimal hanya ada tiga penerbangan Lion Air untuk rute Makassar-Jakarta per hari.

Bila kapasitas maksimal 150 penumpang sekali berangkat, maksimal hanya ada 45 tiket murah sekali berangkat.

Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, semenjak diberlakukan per 11 Juli, baru maskapai Citilink yang menjual tiket murah karena sistem reservasi tiketnya sudah siap, sedangkan Lion Air belum.

Dia tak bisa menjelaskan masalah teknis Lion Air yang membuat maskapai tersebut belum bisa menjual harga tiket murah. Pada dasarnya mereka meminta waktu. Pemerintah pun memberi kelonggaran atas hal tersebut.

Kata dia, Lion Air bakal mengupayakan bisa secepatnya memasarkan tiket murah yang berlaku pada Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00-14.00, dengan alokasi kursi sebanyak 30 persen.

"Mereka minta waktu dan akan berjanji ke kami nanti hari Kamis depan mereka baru akan sistemnya mengakomodasi kebijakan yang terbaru ini," ungkapnya.

Susiwijono mengakui bahwa kebijakan untuk menyediakan harga tiket terjangkau ini belum berjalan secara ideal atau seperti yang diharapkan.

"Nah saya ingin terbuka, beberapa hal terkait dengan pelaksanaan kebijakan ini yang baru dimulai kemarin terus terang belum berjalan ideal dalam pelaksanaannya," tambahnya. (fin/ima)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kontribusi Go-Jek Terhadap Perekonomian Indonesia Hingga Rp55 Triliun

Kontribusi Go-Jek Terhadap Perekonomian Indonesia Hingga Rp55 Triliun

Kehadiran transportasi online meningkatkan perekonomian masyarakat, sekaligus mengurangi pengangguran di Tanah Air.


Kenaikan TDL Diputuskan Usai Pidato 17 Agustus Jokowi

Kenaikan TDL Diputuskan Usai Pidato 17 Agustus Jokowi

Pemerintah tahun ini memastikan tidak akan ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL).


Perang Dagang Amerika Serikat dengan Cina Kembali Memanas

Perang Dagang Amerika Serikat dengan Cina Kembali Memanas

Presiden AS Donald Trump mengancam, akan menjatuhkan tarif tambahan 10 persen senilai 300 miliar dolar AS terhadap impor Cina terhitung mulai 1 September 2019.


Sharp Indonesia Tambah Lini Produksi Mesin Cuci Satu Tabung

Sharp Indonesia Tambah Lini Produksi Mesin Cuci Satu Tabung

Sukses menyita perhatian konsumen tanah air dengan jajaran produk elektronik yang diproduksi dalam negeri dengan menguasai lebih dari 25 persen.


Berapa Normal Kadar Air dalam Tubuh?

Berapa Normal Kadar Air dalam Tubuh?

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa dalam tubuh manusia terkandung cairan.


Hadapi Kekeringan, 16 Waduk Disiapkan

Hadapi Kekeringan, 16 Waduk Disiapkan

PUPR tengah menyiapkan, 16 waduk untuk memastikan lahan pertanian seperti sawah bisa mendapat pasokan air pada saat musim kemarau.


Bandel, Maskapai Lion Air Belum Turunkan Tarif

Bandel, Maskapai Lion Air Belum Turunkan Tarif

Keputusan pemerintah menurunkan tiket pesawat sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA), ternyata masih saja ada maskapai yang bandel


Kompetisi Maskapai Tidak Sehat, Regulasi Keputusan Terbaik

Kompetisi Maskapai Tidak Sehat, Regulasi Keputusan Terbaik

Keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 106/2019 tentang Tarif Batas Atas (TBA)


Kemenhub Capek Hadapi Gugatan Hukum Tarif Taksi Online

Kemenhub Capek Hadapi Gugatan Hukum Tarif Taksi Online

Telah dua minggu lebih regulasi tarif baru taksi online diberlakukan.


Tarif Ojol Tak Boleh Jor-joran Beri Promo

Tarif Ojol Tak Boleh Jor-joran Beri Promo

Pemerintah mengimbau perusahaan aplikasi penyedia layanan transportasi untuk tidak jor-joran memberi harga promo atau diskon kepada konsumen.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!