Ekonomi
Share this on:

Maksimalkan UMKM di Rest Area Jalan Tol

  • Maksimalkan UMKM di Rest Area Jalan Tol
  • Maksimalkan UMKM di Rest Area Jalan Tol

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan memaksimalkan rest area jalan tol untuk UMKM. Dengan begitu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar jalan tol.

Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan pembangunan dan keberadaan jalan tol tidak hanya sebatas menghubungkan jalan dari satu daerah ke daerah lain.

"Namun juga membuat ekonomi masyarakat sekitar menjadi semakin meningkat dan memberikan kesejahteraan bagi mereka. Sehingga multiplier effect dari pembangunan infrastruktur itu jelas dan nyata," ujar Rini saat meninjau UMKM di rest area 207 A Tol Palikanci, Rabu (11/7).

Adapun PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memaksimalkan rest area sebagai tempat bagi masyarakat setempat mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) rintisannya.

Lebih lanjut Rini mengatakan, keberadaan UMKM di rest area jalan tol ini merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo. Yakni supaya ada tempat berjualan bagi UMKM. Pihaknya akan membuat konsep mengenai zona UMKM di rest area.

"Kita akan sandingkan dengan Himbara dan program kami yang sudah berjalan yakni Rumah Kreatif BUMN," pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan jumlah UMKM binaan Jasa Marga yang telah beroperasi di beberapa rest area sebanyak 424 UMKM. Jumlah tersebut tersebar di tujuh ruas tol, yakni Jakarta-Cikampek, Jakarta-Tangerang, Jagorawi, Purbaleunyi, Palikanci, Semarang, dan Solo-Ngawi.

Adapun di rest area 207 A Tol Palikanci yang ditinjau Menteri Rini,sudah beroperasi sebanyak 27 UMKM dengan beragam jenis usaha. Mulai dari Rumah Makan Pujasera dan oleh-oleh khas Cirebon, Tahu Sumedang, Minuman Jus Buah, Gerai kerajinan Batik Cirebon, hingga jasa tambal ban. Rest area ini dikelola langsung oleh anak usaha Jasa Marga yakni PT Jasamarga Properti.

"UMKM yang sudah berjalan ini, kamilakukan pembinaan hingga usahanya semakin meningkat. Menjadi usaha menengah, tidak lagi usaha mikro," pungkasnya. (dai/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

BTN Syariah Tegal Pindah Lokasi

BTN Syariah Tegal Pindah Lokasi

BTN Kantor Cabang Syariah (KCS) Tegal resmi pindah kantor atau relokasi dari Jalan Gajah Mada Nomor 107 ke Jalan Jenderal Soedirman Nomor 2 Kota Tegal.


Maksimalkan Produk Unggulan untuk Pemerataan Ekonomi

Maksimalkan Produk Unggulan untuk Pemerataan Ekonomi

Pemerintah berharap perhutanan sosial dimanfaatkan secara maksimal. Pemanfaatan lahan kawasan hutan negara itu bisa lebih produktif.


Grand Opening Griya Indah Residence Meriah

Grand Opening Griya Indah Residence Meriah

Grand Opening Griya Indah Residence berlangsung meriah di Jalan Raya Pangkah, Bogares Lor, Slawi, Kabupaten Tegal, Minggu (16/9).


Proyek EBT Tak Kena Penundaan

Proyek EBT Tak Kena Penundaan

Proyek energi baru terbarukan (EBT) dipastikan jalan terus kendati pemerintah menunda sejumlah proyek strategis nasional (PSN).


Serap Tenaga Kerja, Dorong Daya Beli

Serap Tenaga Kerja, Dorong Daya Beli

Tidak hanya menyerap tenaga kerja, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga mendongkrak daya beli masyarakat.


Maksimalkan Dana Desa untuk Peningkatan SDM

Maksimalkan Dana Desa untuk Peningkatan SDM

Alokasi dana desa bakal lebih diarahkan pada peningkatan sumber daya manusia (SDM). Pemerintah pun siap menggelontorkan anggaran yang lebih besar.


Komix Herbal Peduli Sesama

Komix Herbal Peduli Sesama

PT Bintang Toedjoe Area Tegal bekerja sama dengan Grup Jawa Pos Radar Tegal menyalurkan hewan kurban, untuk dibagikan kepada masyarakat yang berhak.


Omzet UMKM Bisa Naik Lipat Lima

Omzet UMKM Bisa Naik Lipat Lima

Penyelenggaraan Asian Games yang dimulai pada 18 Agustus di Jakarta dan Palembang diproyeksikan dapat meningkatkan aktivitas perekonomian.


Perbankan Dorong UMKM Naik Kelas

Perbankan Dorong UMKM Naik Kelas

Tak hanya mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) baru, perbankan juga memfasilitasi pelaku usaha yang sudah berjalan untuk naik kelas.


Kembangkan Potensi UMKM Cirebon

Kembangkan Potensi UMKM Cirebon

Usai melaksanakan lebaran di Jakarta dan sekitarnya, pasangan yang selalu romantis, Dimas Seto dan Dhini Aminarti mudik ke Kota Cirebon.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!