Ekonomi
Share this on:

Menteri Rini Pastikan Sewa Lapak Rest Area Murah

  • Menteri Rini Pastikan Sewa Lapak Rest Area Murah
  • Menteri Rini Pastikan Sewa Lapak Rest Area Murah

JAKARTA - Tingginya sewa lapak rest area sempat dikeluhkan pelaku UMKM. Sehingga mereka tidak mampu bertahan, lantaran bermodal pas-pasan. Menteri BUMN, Rini Soemarno memastikan saat ini sewa lapak sudah terjangkau.

Hal itu seiring mensukseskan program pemerintah yang mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tempat peristirahatan penumpang (rest area) jalan tol.

"Sinergi BUMN yang dilakukan seperti ini yang terus dorong supaya perekonomian masyarakat di sekitar tol bisa meningkat. Jalan tol sudah dibangun, selanjutnya saya mendorong BUMN membantu masyarakat," kata Rini dalam keterangan persnya kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Minggu (24/3) kemarin.

Di rest area ini dijual berbagai jajanan khas daerah lokal serta dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Adapun UMKM yang dipilih untuk mengisi di sana adalah UMKM yang berlokasi di sekitar rest area seperti Brebes, Tegal, Kendal, dan Semarang.

Untuk sewa tempat di rest area, Menteri Rini berjanji akan mengawasi dan memastikan harga sewa tempat tidak terlalu mahal. BUMN Melalui PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) selaku BUMN koordinator akan melakukan pembinaan terhadap kualitas produk, kemasan, dan pelayanan produk UMKM.

"Saya juga terus mengawasi dan memastikan harga sewa tempat jualan di sini terjangkau, tidak menyulitkan pelaku usaha dan pendapatan mereka bisa meningkat," ucap Rini.

Selain itu, di rest area tersebut, kata Rini, pengguna tol yang berasal dari kota-kota besar terdekat seperti Semarang, Cirebon, dan Purwokerto serta masyarakat sekitar yang ingin berwisata di rest area bisa menikmati kuliner khas daerah ini.

Kesempatan yang sama, Direktur Utama PPI mengatakan di rest area KM 260 B merupakan rest are tipe A yang berarti memiliki sejumlah fasilitas seperti SPBU, masjid, toilet, tempat makan minum, bengkel, klinik kesehatan, dan parkir kendaraan kecil dan besar. Selain itu masyarakat bisa menikmati keindahan arsitektur cagar budaya bangunan bekas pabrik gula (PG) Banjaratma yang sangat menarik bagi pengunjung.

Kami juga menghadirkan Caf Covare di sini, yang menyediakan aneka kopi nusantara, dengan kualitas unggulan favoritnya yakni kopi Wamena, yang saat ini lagi terkenal sebagai kopi lokal dengan rasa global," ujar Agus Andayani.

Sementara itu, Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mendukung kepedulian Menteri BUMN Rini Soemarno terhadap pedagang kecil guna mengangkat kesejahteraanya. Dia juga meminta menteri Rini juga mengawasi harga jangan sampai kelewat mahal.

"Harga-harga di konsumen juga harus diawai. Jangan sudah dikasih sewa lapak terjangkau tapi harga jual pada konsumen masih mahal," ujar Tulus kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Minggu (24/3).

Tulus juga menyindir Menteri Rini, seperti diketahui pungutan liar (pungli) di mana-mana termasuk di rest area masih saja merajalela. Apakah ikut diawasi Rini? "Ada pungli juga, diawasi nggak tuh?," tukas Tulus Abadi. (din/fin/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Pemerintah Pastikan Harga Cabai Tak Lagi Pedas

Pemerintah Pastikan Harga Cabai Tak Lagi Pedas

Musim kemarau sudah mulai berakhir. Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan harga cabai akan berangsur-angsur stabil.


Pemerintah Tekan CAD Lewat Insentif Fiskal

Pemerintah Tekan CAD Lewat Insentif Fiskal

Untuk menekan defisit transaksi berjalan (curent account deficit/CAD), pemerintah melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.


Tax Amnesty Jilid II Tuai Penolakan

Tax Amnesty Jilid II Tuai Penolakan

Pernyataan Menteri Keuangan (Kemenkeu) Sri Mulyani terkait akan kembali memberlakukan tax amnesty jilid II, menuai penolakan dari berbagai kalangan.


Hampir Lima Tahun, Kebijakan Menteri Susi Pukul Industri Perikanan

Hampir Lima Tahun, Kebijakan Menteri Susi Pukul Industri Perikanan

Hampir lima tahun Susi Pudjiastuti menjabat sebagai menteri Perikanan dan Kelautan (KKP).


Listrik Padam, Pelaku Usaha Desak Bos PLN Dicopot

Listrik Padam, Pelaku Usaha Desak Bos PLN Dicopot

Himpunan Pengusaha Muda Muda Indonesia (HIPMI) mendesak kedua menteri terkait yang mengurusi listrik dan PLN, serta direksi PT PLN dicopot.


Infrastruktur Disubsidi, Pemerintah Pastikan Rest Area Tol Semakin Baik

Infrastruktur Disubsidi, Pemerintah Pastikan Rest Area Tol Semakin Baik

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan pengelolaan jalan tol semakin membaik.


Kelola Sektor Migas Rawan Masuk Bui

Kelola Sektor Migas Rawan Masuk Bui

Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral Ignasius Jonan menyebutkan pengelolaan sektor migas memiliki risiko yang sangat tinggi.


Hebat, Proyek Masela Sedot 30 Ribu Pekerja

Hebat, Proyek Masela Sedot 30 Ribu Pekerja

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengemukakan, total biaya pengembangan lapangan Proyek LNG Lapangan Abadi di Blok Masela, Maluku, mencapai 18,5 miliar dollar AS


Pemerintah Siapkan 4 Jurus Tingkatkan Mutu Ekonomi

Pemerintah Siapkan 4 Jurus Tingkatkan Mutu Ekonomi

Untuk meningkatkan mutu ekonomi Indonesia, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menyiapkan empat jurus jitu yakni daya saing, produktivitas, inovasi dan riset.


Kompetisi Maskapai Tidak Sehat, Regulasi Keputusan Terbaik

Kompetisi Maskapai Tidak Sehat, Regulasi Keputusan Terbaik

Keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 106/2019 tentang Tarif Batas Atas (TBA)



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!