Ekonomi
Share this on:

Menteri Rini Pastikan Sewa Lapak Rest Area Murah

  • Menteri Rini Pastikan Sewa Lapak Rest Area Murah
  • Menteri Rini Pastikan Sewa Lapak Rest Area Murah

JAKARTA - Tingginya sewa lapak rest area sempat dikeluhkan pelaku UMKM. Sehingga mereka tidak mampu bertahan, lantaran bermodal pas-pasan. Menteri BUMN, Rini Soemarno memastikan saat ini sewa lapak sudah terjangkau.

Hal itu seiring mensukseskan program pemerintah yang mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tempat peristirahatan penumpang (rest area) jalan tol.

"Sinergi BUMN yang dilakukan seperti ini yang terus dorong supaya perekonomian masyarakat di sekitar tol bisa meningkat. Jalan tol sudah dibangun, selanjutnya saya mendorong BUMN membantu masyarakat," kata Rini dalam keterangan persnya kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Minggu (24/3) kemarin.

Di rest area ini dijual berbagai jajanan khas daerah lokal serta dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Adapun UMKM yang dipilih untuk mengisi di sana adalah UMKM yang berlokasi di sekitar rest area seperti Brebes, Tegal, Kendal, dan Semarang.

Untuk sewa tempat di rest area, Menteri Rini berjanji akan mengawasi dan memastikan harga sewa tempat tidak terlalu mahal. BUMN Melalui PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) selaku BUMN koordinator akan melakukan pembinaan terhadap kualitas produk, kemasan, dan pelayanan produk UMKM.

"Saya juga terus mengawasi dan memastikan harga sewa tempat jualan di sini terjangkau, tidak menyulitkan pelaku usaha dan pendapatan mereka bisa meningkat," ucap Rini.

Selain itu, di rest area tersebut, kata Rini, pengguna tol yang berasal dari kota-kota besar terdekat seperti Semarang, Cirebon, dan Purwokerto serta masyarakat sekitar yang ingin berwisata di rest area bisa menikmati kuliner khas daerah ini.

Kesempatan yang sama, Direktur Utama PPI mengatakan di rest area KM 260 B merupakan rest are tipe A yang berarti memiliki sejumlah fasilitas seperti SPBU, masjid, toilet, tempat makan minum, bengkel, klinik kesehatan, dan parkir kendaraan kecil dan besar. Selain itu masyarakat bisa menikmati keindahan arsitektur cagar budaya bangunan bekas pabrik gula (PG) Banjaratma yang sangat menarik bagi pengunjung.

Kami juga menghadirkan Caf Covare di sini, yang menyediakan aneka kopi nusantara, dengan kualitas unggulan favoritnya yakni kopi Wamena, yang saat ini lagi terkenal sebagai kopi lokal dengan rasa global," ujar Agus Andayani.

Sementara itu, Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mendukung kepedulian Menteri BUMN Rini Soemarno terhadap pedagang kecil guna mengangkat kesejahteraanya. Dia juga meminta menteri Rini juga mengawasi harga jangan sampai kelewat mahal.

"Harga-harga di konsumen juga harus diawai. Jangan sudah dikasih sewa lapak terjangkau tapi harga jual pada konsumen masih mahal," ujar Tulus kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Minggu (24/3).

Tulus juga menyindir Menteri Rini, seperti diketahui pungutan liar (pungli) di mana-mana termasuk di rest area masih saja merajalela. Apakah ikut diawasi Rini? "Ada pungli juga, diawasi nggak tuh?," tukas Tulus Abadi. (din/fin/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Mudik Lewat Tol, Saldo E-Toll Maksimal Rp2 Juta

Mudik Lewat Tol, Saldo E-Toll Maksimal Rp2 Juta

Bank Indonesia bekerjasama dengan Perbankan dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyediakan lebih dari 100 layanan gerak Uang Elektronik (UE) di sejumlah rest area


Pariwisata Lebih Laku Ketimbang Minyak Sawit

Pariwisata Lebih Laku Ketimbang Minyak Sawit

Menteri Pariwisata Arief Yahya memproyeksikan devisa pariwisata Indonesia mencapai USD 18 miliar atau jauh melampaui minyak sawit (CPO).


Indonesia Waspadai Kelanjutan Perang Dagang AS dan China

Indonesia Waspadai Kelanjutan Perang Dagang AS dan China

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memperkirakan perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China akan berkelanjutan.


PMK Diteken, THR PNS Cair Paling Cepat H-10

PMK Diteken, THR PNS Cair Paling Cepat H-10

Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 58/PMK/05/2019 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS, TNI, Polri, pensiunan ak


THR Dibayar Dua Minggu sebelum Lebaran

THR Dibayar Dua Minggu sebelum Lebaran

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri meminta perusahaan bisa membayar THR maksimal dua minggu sebelum lebaran.


Harga Bawang Putih Digaransi Tak Lebih dari Rp30 Ribu/Kg

Harga Bawang Putih Digaransi Tak Lebih dari Rp30 Ribu/Kg

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur, Minggu (5/5), menetapkan harga bawang putih di seluruh Indonesia paling tinggi Rp3


Penampilan Nella Kharisma di BYMS Klaten

Penampilan Nella Kharisma di BYMS Klaten

Yamaha Indonesia tahun ini kembali menggelar Blue Core Yamaha Motor Show ( BYMS ), di area Jawa Tengah kota Klaten jadi kota pertama digelarnya BYMS 2019.


Mobil Murah Jadi Buruan Konsumen

Mobil Murah Jadi Buruan Konsumen

Tren mobil segmen Low Cost Green Car (LCGC) alias mobil murah ramah lingkungan masih mendominasi pasaran mobil tahun ini.


Menhub Janji Turunkan Tarif Pesawat Sebelum Lebaran

Menhub Janji Turunkan Tarif Pesawat Sebelum Lebaran

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan harga tiket maskapai akan turun sebelum musim mudik Lebaran 2019.


Diprotes, Menhub Budi Siap Evaluasi Tarif Ojek Online

Diprotes, Menhub Budi Siap Evaluasi Tarif Ojek Online

Diprotes pengguna ojek online, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berjanji akan melakukan evaluasi tarif ojek daring.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!