Ekonomi
Share this on:

Michelin Indonesia Sebar Virus Keselamatan Berkendara

  • Michelin Indonesia Sebar Virus Keselamatan Berkendara
  • Michelin Indonesia Sebar Virus Keselamatan Berkendara

**** - PT Michelin Indonesia (Michelin) terus berkomitmen menghadirkan mobilitas lebih aman dan lebih baik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, Michelin mengadakan pelatihan defensive driving untuk komunitas pengendara penyandang disabilitas dan pengendara GRAB.

Pelatihan itu dilaksanakan di Areal Parkir Lottemart Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Itu merupakan bagian rangkaian program Michelin Safety Academy (MSA) 2018 sepanjang 3-20 Oktober 2018. Pelatihan itu hasil kerja sama Michelin dengan Polrestabes Bandung, Jawa Barat, dan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Sedikitnya, melibatkan 100 peserta dari anggota Motor Disable Federation (Modif) Indonesia dan komunitas Grab.

Public Affairs and Corporate Communications Michelin Indonesia Nora Guitet mengatakan para penyandang disabilitas memiliki kebutuhan mobilitas sama dengan masyarakat normal. Untuk itu, Michelin mengedukasi keselamatan berkendara, keterampilan defensive driving kepada penyandang disabilitas, dan pengemudi online.

”Kami mengundang komunitas Modif dan komunitas Grab supaya lebih memahami cara berkendara secara aman di jalan,” tutur Nora melalui keterangan tertulis di Bandung, Jawa Barat (18/10).

Defensive driving berarti keterampilan mengemudi lebih komprehensif. Tidak sekadar mengedepankan kemampuan mengemudi, tetapi juga perilaku berkendara di jalan secara baik. Pendeknnya, Michelin mengedukasi peserta untuk mematuhi peraturan lalu lintas saat menjadi pengendara secara bertanggung jawab.

”Program ini wujud nyata kampanye kami dalam mewujudkan mobilitas lebih aman berdasar tiga pilar keselamatan melalui pemberian edukasi berkelanjutan, inovasi produk, dan pelayanan purna jual,” imbuhnya.

Ketua Modif Indonesia Janwar Nugraha menjelaskan pelatihan itu sangat penting. Itu karena keselamatan berkendara di jalan sangat erat dengan penambahan penyandang disabilitas saat ini. Berdasar data Modif Indonesia, 10 persen penambahan disabilitas dari korban kecelakaan lalu lintas. Karena itu, penting terus memperhatikan keselamatan berkendara di jalan.

”Sudah 30 tahun menggunakan alat bantu untuk berjalan dan menggunakan kendaraan roda tiga untuk berkendara setelah kakinya tidak bisa berfungsi sejak kecelakaan,” ucapnya.

Janwar melihat edukasi keselamatan berkendara lebih banyak memberikan fokus kepada pengendara dengan kondisi normal. Sementara penyandang disabilitas nyaris tidak tersentuh. Padahal, kebutuhan berkendara dengan baik dan aman sangat tinggi.

”Kami perlu melakukan mobilisasi kendaraan untuk menunjang berbagai aktivitas. Karena itu, pelatihan tersebut bermanfaat sebagai bekal penyandang disabilitas,” imbuhnya.

Janwar mengapresiasi Michelin sebagai perusahaan ban mengutamakan keselamatan berkendara telah memberikan perhatian khusus dan secara langsung memberikan pelatihan keselamatan berkendara kepada para penyandang disabilitas.

”Penyandang disabilitas sangat antusias mengikuti pelatihan karena juga mendapat sertifikat sebagai pengemudi andalan. Di Grab, pengemudi andalan selalu mendapat rate 5 dari penumpang,” tambah Partner Engagement & Event Orchestrator Grab Mochamad Ilham.

Ilham menjelaskan, kerja sama dengan Michelin untuk melatih kemampuan para pengemudi baik pria dan wanita sangat penting. Melalui pelatihan itu banyak mendapat informasi seputar berkendara yang baik dan aman.

”Terlebih pengemudi wanita, pelatihan menjadi hal baru. Selanjutnya, kalau ada kesempatan lebih lanjut menjalin kerja sama dengan Michelin, kami ingin mengajak lebih banyak pengemudi wanita merasakan manfaat program defensive driving,” harapnya. (dai/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Produksi Konsentrat Freeport Turun

Produksi Konsentrat Freeport Turun

Produksi konsentrat PT Freeport Indonesia tahun ini akan merosot menjadi 1,2 juta ton dari 2 juta ton pada 2018.


2018, BEI Himpun Dana Rp16,01 Triliun

2018, BEI Himpun Dana Rp16,01 Triliun

Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi mengatakan, total dana yang dihimpun selama 2018 dari pasar modal sebesar Rp 16,01 triliun.


Potensi Ekonomi Digital Indonesia Paling Bersinar di Asia Tenggara

Potensi Ekonomi Digital Indonesia Paling Bersinar di Asia Tenggara

Potensi industri digital tanah air digadang-gadang menjadi salah satu yang paling bersinar di Asia Tenggara.


Phapros Emiten Terakhir 2018

Phapros Emiten Terakhir 2018

PT Phapros Tbk menjadi perusahaan terakhir yang initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun ini.


Finansial Stabil hingga Akhir Tahun

Finansial Stabil hingga Akhir Tahun

Kondisi sektor jasa keuangan Indonesia stabil hingga akhir 2018.


Divestasi Saham Freeport Segera Tuntas

Divestasi Saham Freeport Segera Tuntas

Masalah lingkungan yang membelit PT Freeport Indonesia (PT FI) dianggap tuntas.


Peluang Genjot Sektor Perdagangan

Peluang Genjot Sektor Perdagangan

Kesepakatan Indonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA) memberikan peluang bagi pelaku usaha Indonesia.


SoftBank-Alibaba Suntik USD 1,1 Miliar

SoftBank-Alibaba Suntik USD 1,1 Miliar

Investor global berduyun-duyun menyuntik modal e-commerce Indonesia. Kali ini Tokopedia kembali mendapat injeksi dana USD 1,1 miliar atau sekitar Rp15,9 triliun


Ajukan Suntikan Modal Rp1 Triliun

Ajukan Suntikan Modal Rp1 Triliun

PT Pelabuhan Indonesia Investama (PII) mengajukan suntikan modal Rp 1 triliun kepada induk usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II).


Harga Minyak Terus Melorot, Pertamina Mulai Bor Sumur di Blora

Harga Minyak Terus Melorot, Pertamina Mulai Bor Sumur di Blora

Pertumbuhan ekonomi global yang melemah memengaruhi penurunan harga minyak mentah Indonesia atau Indonesian crude price (ICP) pada November 2018.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!