Ekonomi
Share this on:

Optimistis Bersaing di Pasar LMPV

  • Optimistis Bersaing di Pasar LMPV
  • Optimistis Bersaing di Pasar LMPV

JAKARTA - Persaingan pasar kendaraan low multi purpose vehicle (LMPV) kian ketat pasca peluncuran dua produk andalan Toyota dan Daihatsu, yakni Avanza dan Xenia. Mitsubishi yang datang sebagai ’’challenger” dengan produk Xpander menyatakan tetap optimistis bisa mempertahankan pasarnya di segmen tersebut.

Becermin pada data penjualan pada 2018, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengklaim Mitsubishi Xpander mendominasi penjualan di kelas 1.500 cc. Secara detail, Xpander terjual 75.772 unit.

’’Jadi, penjualan kami, kalau di LMPV, market share 28 persen,’’ ujar Head of Sales & Marketing Region 1 Dept PT MMKSI Budi Dermawan Daulay.

Namun, dia menggarisbawahi bahwa penjualan Xpander murni pada kendaraan bermesin 1.500 cc. Menurut Budi, penjualan LMPV, seperti Avanza dan Xenia, memiliki klasifikasi mesin yang lebih variatif, tidak hanya 1.500 cc. Bahkan, mesin 1.300 cc menjadi penyumbang terbesar.

’’Namun, jika dilihat dari varian 1.500 cc, Xpander market leader dengan market share sebesar 40 persen,’’ tambah Budi.

Sementara itu, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI Irwan Kuncoro mengungkapkan, permintaan Mitsubishi Xpander saat ini masih tinggi. ”Jangka waktu pemesanan (inden) Mitsubishi Xpander saat ini sekitar 2 bulan,’’ ujarnya.

Mitsubishi Motors, lanjut Irwan, akan meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor. Saat ini kapasitas produksi Mitsubishi Xpander mencapai 115 ribu unit per tahun. Kapasitas tersebut akan meningkat menjadi 160 ribu unit per tahun pada 2020.

Mitsubishi berharap, peningkatan kapasitas produksi akan memperpendek masa pemesanan Xpander. ’’Kami saat ini berusaha agar waktu pemesanan kendaraan Mitsubishi Xpander bisa dipercepat lagi,” tegasnya.

Peningkatan kapasitas produksi Mitsubishi Xpander berjalan sejak Oktober tahun lalu. Produksi tersebut dibagi untuk kebutuhan domestik sebesar 70 persen dan ekspor sebanyak 30 persen. Tambahan jumlah produksi juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan fleet market yang semakin berkembang.

Berdasar data penjualan (wholesales) Januari–Desember 2018, Mitsubishi Xpander terjual 75.075 unit. Angka tersebut mendekati Toyota Avanza yang mencatatkan penjualan 82.167 unit. Selain Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander bersaing dengan Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Wuling Confero. (agf/c4/fal/jpg)

Berita Sebelumnya

Suku Bunga Acuan Masih Bertahan
Suku Bunga Acuan Masih Bertahan

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Dongkrak Ekspor Temukan Kendala

Dongkrak Ekspor Temukan Kendala

Sebagaimana perintah Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) untuk menggeliatkan pasar ekspor di mancanegara, namun tidak semudah yang diharapkan.


Pemerintah Dorong Pelaku Usaha Buka Pasar di Cina

Pemerintah Dorong Pelaku Usaha Buka Pasar di Cina

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong pelaku usaha untuk membuka pasar di Cina.


Indonesia Dijadikan Basis Produksi Otomotif

Indonesia Dijadikan Basis Produksi Otomotif

Produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor Company (HMC) akan segera menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mereka untuk memenuhi kebutuhan pasar


Ekonomi Melambat, Minat Investor Asing Masih Tinggi

Ekonomi Melambat, Minat Investor Asing Masih Tinggi

Di tengah perlambatan ekonomi global, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat minat investor asing berinvestasi di pasar saham domestik masih cukup tinggi.


Penutupan Giant karena Kalah Bersaing

Penutupan Giant karena Kalah Bersaing

Setelah bungkam, akhirnya Direktur PT Hero Supermarket Hadrianus Wahyu Trikusumo buka suara terkait penutupan enam toko Giant di sejumlah tempat di Jabodetabek.


Kalah Bersaing, Supermarket Giant Tutup

Kalah Bersaing, Supermarket Giant Tutup

Munculnya ritel-ritel modern dengan harga yang menarik, dan kehadiran toko offline membuat supermarket Giant tutup di beberapa titik.


Tiga Maskapai Asing Siap Bersaing di Indonesia

Tiga Maskapai Asing Siap Bersaing di Indonesia

Tidak lama pemerintah mengeluarkan wacana mengundang maskapai asing untuk masuk ke Indonesia, ternyata sudah ada tiga maskapai asing yang siap bersaing.


Pemerintah Genjot Revitalisasi Pasar Tradisional

Pemerintah Genjot Revitalisasi Pasar Tradisional

Pasar tradisional bakal mendapatkan atensi dari pemerintah. Revitalisasi pasar jadi prioritas pada APBN 2019.


Pasar Roda Dua Kian Besar

Pasar Roda Dua Kian Besar

Ketika penjualan roda empat melambat, segmen roda dua masih menikmati hasil positif pada kuartal I 2019.


Pasar Tanah Abang Buka Setengah Hari

Pasar Tanah Abang Buka Setengah Hari

Pasca kerusuhan 21-22 Mei, Pasar Tanah Abang Blok A-G, Jakarta Pusat mulai kembali dibuka untuk umum, Jumat (24/5) kemarin.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!