Ekonomi
Share this on:

Pacu Ekspor, Perkuat Daya Saing

  • Pacu Ekspor, Perkuat Daya Saing
  • Pacu Ekspor, Perkuat Daya Saing

JAKARTA - Sektor perikanan dan kelautan disebut-sebut sebagai salah satu pilar ekonomi. Menambah devisa dan mensejahterakan masyarakat.

Menurut Menteri PPN/ Bappenas Bambang Brodjonegoro sektor tersebut merupakan salah satu sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia. Di sektor kelautan selain ada migas tentunya ada ikan yang melimpah.

”Kita ingin yang sudah jadi kekayaan bangsa, jadi pilar ekonomi. Caranya bagaimana yakni dengan membuat nilai tambah produk itu,” tutur Bambang, di Jakarta, Rabu (14/11) kemarin.

Mantan Menteri Keuangan itu menambahkan era industri 4.0, Indonesia harus bersaing dengan bangsa lain. Namun, menurutnya, tidak semua bangsa mempunyai keunggulan seperti Indonesia.

”Kita harus memilih bidang mana yang harus kita pilih supaya dapat bersaing. Hingga bisa meningkatkan perekonomian. Salah satunya industri perikanan dan kelautan. Kita sudah punya keunggulan itu dibanding negara lain,” beber Bambang.

Ia menambahkan, dalam bersaing tentu tidak semua bidang. Contoh saat Asian Games, kita fokus di cabor yang berpotensi mendapatkan medali. ”Konteks yang sama bisa dilakukan

di ekonomi. Misalnya, kita negara kepulauan terbesar, Sumber daya alamnya ikan, rumput laut ada. Minyak lepas pantai juga. Nah, apa yang kita miliki harus bisa berdaya saing meningkatkan perekonomian dan ekspor,” imbuhnya.

Itu akan membantu membuat surplus transaksi berjalan. Lebih lanjut ia mengatakan, Thailand, current accountnya surplus. Padahal bukan penghasil minyak. ”Impor minyak ditutup dengan ekspor yang banyak. Ekspor yang banyak industri makanan dan minuman.

Di sini, defisit neraca perdagangan karena ada defisit di sektor minyak. Indonesia ke depan, jangan selalu tergantung kepada sumber daya alam. Harus punya produk ekspor yang bernilai tambah,” jelasnya.

Menurutnya, bagaimana industri perikanan dan kelautan bisa masuk ke digitalisasi. Karena itu menurutnya, RPJMN tentang sektor perikanan dan kelautan, harus bisa mengangkat industri perikanan dan kelautan.

”Meningkatkan perekonomian, menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan. Kita dulu dikenal sebagai eksportir udang terbesar. Mendominasi dunia. Namun sekarang tidak lagi. Ini bisa tidak kita seperti itu lagi,” ujarnya. (dai/jpg)

Berita Sebelumnya

Produk UKM Sulit Bersaing
Produk UKM Sulit Bersaing

Berita Berikutnya

Revisi DNI Pacu Transaksi Finansial
Revisi DNI Pacu Transaksi Finansial

Berita Sejenis

Pelindo-Pertamina Perkuat Distribusi Energi

Pelindo-Pertamina Perkuat Distribusi Energi

Untuk menunjang konektivitas antar pelabuhan, PT Pertamina dan PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV bersinergi dalam distribusi energi.


Percepat Deregulasi Prosedur Ekspor

Percepat Deregulasi Prosedur Ekspor

Pemerintah berupaya menyelesaikan persoalan neraca perdagangan Indonesia yang masih defisit. Tahun ini upaya menderegulasi prosedur ekspor kembali dilanjutkan.


Batu Bara Topang Ekspor Kaltim

Batu Bara Topang Ekspor Kaltim

Nilai ekspor Kaltim periode Januari-Desember 2018 mencapai USD 18,36 miliar atau naik 5,01 persen dibanding periode yang sama pada 2017.


Maspion Perluas Pemasaran Produk

Maspion Perluas Pemasaran Produk

Maspion Group terus memperluas pemasaran produk ke berbagai negara seiring dengan masih terbukanya pasar ekspor.


Pacu Penjualan Condenser

Pacu Penjualan Condenser

Penjualan power plant equipment atau komponen pembangkit listrik bakal menjadi penopang PT Boma Bisma Indra (Persero) untuk mencapai target sales.


Pengusaha Bisa Dapat Insentif Lagi

Pengusaha Bisa Dapat Insentif Lagi

Pemerintah tengah menyiapkan insentif fiskal baru untuk mendorong kembalinya devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri.


Pengekspor Dapat Diskon Pajak Deposito

Pengekspor Dapat Diskon Pajak Deposito

Pemerintah akan memberikan insentif fiskal untuk mendukung ekspor.


Target Ekspor Lebih Rendah daripada 2018

Target Ekspor Lebih Rendah daripada 2018

Pertumbuhan ekspor nonmigas tahun ini dipatok lebih rendah daripada 2018.


Pemerintah Kaji Pemberian Keringanan Pajak

Pemerintah Kaji Pemberian Keringanan Pajak

Pemerintah berupaya memacu kinerja ekspor barang, termasuk hasil pertanian dan perkebunan.


Pacu Ekspor lewat Kawasan Berikat

Pacu Ekspor lewat Kawasan Berikat

Berbagai kemudahan diberikan kepada para pelaku usaha untuk memacu ekspor. Yang terbaru, pemerintah menerbitkan aturan anyar tentang Kawasan Berikat.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!