Ekonomi
Share this on:

Pasar Alat Kesehatan Indonesia 2018 Tembus Rp13,5 Triliun

  • Pasar Alat Kesehatan Indonesia 2018 Tembus Rp13,5 Triliun
  • Pasar Alat Kesehatan Indonesia 2018 Tembus Rp13,5 Triliun

JAKARTA - Pasar alat kesehatan (Alkes) tahun ini diperkirakan melampaui USD 1 miliar, setara Rp13,5 triliun. Hanya, peralatan itu masih didominasi produk luar negeri hingga 92 persen. Produk lokal berkutat di kisaran 8 persen.

Karena itu, para inovator lokal didorong masuk teknologi kesehatan kelas menengah. Dengan begitu, daya saing produk lokal dari sisi nilai dan volume bisa bersaing. Berdasar data konservatif pasar alkes tembus USD 1 miliar. Itu masih didominasi produk luar misalnya alat CT-Scan impor senilai Rp8 miliar.

"Produsen alkes lokal masih berkutat dengan teknologi jadul," tutur Manajer Eksekutif Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia (ASPAKI), Ahyahudin Sodri, di Jakarta, kemarin.

Produsen alkes lokal sejatinya bisa masuk teknologi menengah secara harga dan value bisa diwujudkan. Misalnya, produsen lokal mulai memproduksi alat USG, X-Ray, hingga alat pendukung proses anastesi. Ditarget sekitar tahun 2035 nanti, produsen lokal bisa menguasai teknologi alkes kelas menengah.

''Jadi, kami dorong inovator lokal," imbuhnya.

Produk lokal sebetulnya bisa menguasai teknologi alkes kelas menengah sebesar 20-30 persen tahun 2035. Apalagi, saat ini sudah ada diversifikasi produk. Misalnya Indofarma tidak sekadar memproduksi obat tetapi, mulai produksi alkes.

"Dari ajang Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) Award 2017, inovasi alkes UGM berupa selang menghubungkan ke otak pada kasus hidrosefalus sudah dikembangkan Kalbe Farma,'' tukas Ketua Umum IndoHCF Supriyantoro.

Supriyantoro juga mengungkap sejumlah inovasi alkes berpartisipasi dalam IndoHCF Award 2017 juga dilirik sejumlah investor, baik lokal dan asing. Antara lain alat pemeriksa ginjal dan jantung. Namun, perkembangan selanjutnya belum diupdate.

"Investor asing juga dituntut mendukung produksi alkes lokal dengan peran sebagai investor,'' tegasnya.

Nah, guna menumbuhkan semangat generasi muda Indonesia dalam menciptakan inovasi terbaru di bidang kesehatan, Indonesia Health Forum meluncurkan program IndoHCF Innovation Award 2018. ''Ini untuk mengapresiasi dan mempublikasikan inovasi-inovasi masyarakat di bidang kesehatan,'' tambah VP Director idsMed Indonesia Ramli Laukaban.

Pihaknya bilang Ramli menggandeng IndoHCF karena visi sama dalam menggerakan inovasi dan layanan kesehatan di Tanah air. Tahun ini, IndoHCF Award menetapkan lima kategori yakni Inovasi Kreasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Inovasi SPGDT yaitu Inovasi dalam pengembangan atau penguatan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu mulai dari lokasi kejadian sampai dengan dibawa ke rumah sakit.

Ketiga, ada Inovasi Kesehatan Ibu & Anak. Keempat, Inovasi Alat Kesehatan. Dan terakhir kategori Inovasi IT di bidang Smart Health, untuk mendorong pengembangan ICT di bidang kesehatan baik dalam upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. (dew/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Kadin Tuntut Stabilitas Rupiah
Kadin Tuntut Stabilitas Rupiah

Berita Sejenis

Bank Layani Penukaran Uang di Jalan Tol

Bank Layani Penukaran Uang di Jalan Tol

Bank Indonesia menyediakan layanan penukaran uang di rest area tol. Layanan tersebut mencakup tiga ruas.


Lebaran, Stok Uang Perbankan Aman

Lebaran, Stok Uang Perbankan Aman

Masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan uang di perbankan selama libur Lebaran. Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang beredar Rp188,2 triliun.


Cadangan Devisa Terus Menyusut

Cadangan Devisa Terus Menyusut

Cadangan devisa kembali berkurang. Akhir Mei lalu cadangan devisa Indonesia tercatat sebesar USD 122,9 miliar.


Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan

Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan

Peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir saat libur lebaran 2018, mulai H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni mendatang.


Makin Ekonomis dengan Cobot

Makin Ekonomis dengan Cobot

Produsen robot asal Denmark, Universal Robot (UR) sukses menghadirkan robot kolaboratif (cobot) pada sejumlah negara, termasuk Indonesia.


Indonesia Serba Tekor, Ekonomi pun Sempoyongan

Indonesia Serba Tekor, Ekonomi pun Sempoyongan

Pejabat-pejabat dan ekonom pemerintahan saat ini diminta untuk menghentikan analisis-analisis yang tak benar tentang kondisi terkini perekonomian indonesia.


Inovasi Dorong Pertumbuhan Properti

Inovasi Dorong Pertumbuhan Properti

Sepanjang kuartal pertama 2018, Ciputra Group menunjukkan kinerja positif. Pertumbuhannya lebih tinggi hampir 40 persen daripada kuartal pertama 2017.


Telkom-Cisco Berkolaborasi Dukung Transformasi Digital BUMN

Telkom-Cisco Berkolaborasi Dukung Transformasi Digital BUMN

PT Telkom Indonesia (TLKM) dan Cisco International Limited (Cisco) sepakat mendukung transformasi digital BUMN.


Rupiah Melemah, Tak Ada Pilihan selain Bunga Naik

Rupiah Melemah, Tak Ada Pilihan selain Bunga Naik

Untuk meredam gejolak di pasar keuangan, Bank Indonesia (BI) tidak memiliki pilihan selain menaikkan suku bunga acuan.


BRI Syariah Masuk ke Bursa

BRI Syariah Masuk ke Bursa

PT Bank BRI Syariah Tbk resmi melakukan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) kemarin (9/5).



Populer

fikri lebaran

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!